Sukses

Beauty

Ini 5 Buah yang Bisa Dijadikan Bahan Masker Wajah untuk Usir Flek Hitam

Fimela.com, Jakarta Punya kulit wajah yang terlihat cerah dan sehat merupakan sebuah impian yang diidamkan oleh semua perempuan. Hal ini dikarenakan, kulit wajah yang cerah tanpa adanya flek-flek hitam mencerminkan seseorang mampu merawat kulitnya dengan baik. 

Mungkin masih banyak orang yang menganggap, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menggunakan produk yang mahal dan bermerek. Bahkan, banyak perempuan yang tak ragu untuk menghabiskan banyak uang untuk membeli produk-produk skincare-nya demi mendapatkan kulit cerah dan sehat. 

Padahal, keinginan untuk mempercantik diri bisa dilakukan sendiri dengan membuat masker wajah secara DIY menggunakan bahan-bahan alami, seperti buah-buahan. 

Buah-buahan dikemas dengan vitamin, mineral, dan semua nutrisi yang dibutuhkan, yang bisa menyehatkan tubuh serta menghasilkan tampilan kulit menjadi lebih bersih dan bercahaya. Dengan menggunakan masker wajah dari bahan buah-buahan, maka akan membantumu menyingkirkan flek-flek hitam yang ada di wajahmu. 

Maka dari itu, menggunakan masker wajah DIY dari bahan buah-buahan akan membantumu menikmati perawatan wajah yang hemat biaya dan menghasilkan hasil yang maksimal demi mengurangi flek hitam yang membandel di area wajahmu. 

Berikut 6 buah-buahan yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai bahan masker wajah alami untuk menyingkirkan flek-flek hitam di wajah.

Nanas

Dilansir dari Pure Fiji, nanas memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit, serta menutrisi secara maksimal untuk menghilangkan sel-sel mati dari wajahmu. 

Kandungan asam askorbat dan enzim yang terdapat dalam nanas akan membantu memudarkan bekas luka dan dark spots, serta dapat memecah sel-sel kulit mati yang ada pada area wajah. 

Caranya cukup mengoleskan jus nanas pada bagian dark spots selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat, dan lakukan secara rutin, yakni 2 hingga 3 kali seminggu.

 

Lemon

Lemon merupakan buah yang dikenal sebagai pemutih kulit alami karena kandungan asam sitrat di dalamnya mampu mencerahkan dan menjernihkan kulit. Maka dari itu, lemon menjadi buah yang sangat efektif bila digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam. 

Seperti dikutip dari Boldsky, mudah sekali cara untuk membuat masker dari buah lemon, kamu cukup menyiapkan perasan air lemon dengan madu, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, aplikasikan di seluruh wajahmu, lalu biarkan selama 10 menit, kemudian bilas wajahmu hingga bersih. 

Kamu juga bisa mengaplikasikan masker tersebut pada ketiak atau lipatan kulit yang gelap, karena lemon mampu mencerahkan kulit yang gelap secara efektif dan maksimal.

Pisang

Sebagai buah yang paling mudah didapatkan dan selalu ada di manapun dan kapanpun, isang sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan masker wajah alami karena memiliki kandungan vitamin A, B, dan E yang cocok untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan flek hitam. 

Dilansir dari stylecraze.com, cara membuat maskernya sangat mudah, dengan menghaluskan pisang, ditambah dengan setengah sendok teh madu dan satu sendok teh perasan air lemon, lalu dicampurkan, maka masker tersebut sudah bisa digunakan ke permukaan wajah. 

Gunakan masker tersebut selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Masker ini dapat membuat kulit wajah menjadi cerah dan halus jika dilakukan secara rutin.

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit wajah. Dilansir dari Boldsky, tomat mengandung lycopene, yakni zat antioksidan kuat yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Dalam hal ini, tomat akan membantu meningkatkan produksi kolagen, meremajakan kulit, mengurangi bekas jerawat, dan membuat kulit lebih cerah serta bercahaya. 

Untuk menjadikannya masker, kamu bisa dengan mudah membuatnya karena cukup dengan menghaluskan 2-3 buah tomat yang segar dan matang, lalu balurkan ke seluruh bagian wajah, lalu diamkan selama 5-10 menit. Bila sudah selesai, bilaslah sampai bersih menggunakan air hangat.

Pepaya

Pepaya adalah pencerah kulit alami karena merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C dan E yang sangat berguna bagi perawatan kulit. 

Buah berwarna jingga ini juga mengandung senyawa pemutih kulit seperti papain dan alpha-hydroxy acids (AHA) yang mencerahkan warna kulit dengan mengurangi pigmentasi, meningkatkan tekstur kulit, dan menjaga keseimbangan pH. 

Untuk membuat maskernya, kamu membutuhkan 1 buah pepaya, oatmeal, putih telur, dan madu. Lalu, campurkan semua bahan menjadi satu, dan aduk secara merata sampai halus. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke seluruh area wajah, dan diamkan selama beberapa menit hingga kering. 

Jika sudah kering, bilaslah wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

Stroberi

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah stroberi dapat digunakan sebagai cara untuk menjaga kulit wajah agar tetap terlihat sehat dan cerah. Selain itu, stroberi merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi, flavonoid, dan asam elagic yang berperan untuk mencerahkan kulit, mencegah kulit keriput, serta melindungi kulit dari sinar UV. 

Cara pembuatan masker dengan buah stroberi sangatlah mudah, yakni cukup siapkan beberapa buah stroberi, kemudian blender hingga halus. Lalu, setelah halus, oleskan ke seluruh bagian muka secara perlahan, lalu diamkan selama 15 menit hingga mengering. Setelah selesai, bilaslah wajahmu dengan menggunakan air hangat. 

 

*Penulis: Chrisstella EfivanIa.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading