Sukses

Beauty

6 Tips Sebelum Membeli Serum Vitamin C

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang cerah dan bersih merupakan idaman setiap wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah cerah dan bersih, salah satunya dengan menggunakan produk perawatan wajah atau skincare. Saat ini telah banyak beredar dipasaran produk perawatan wajah seperti serum yang mengandung vitamin C.

Dilansir dari livewellzone.com serum dengan kandungan vitamin adalah satu investasi terpenting dalam menerapkan rutinitas perawatan wajah. Namun, sebelum membeli serum vitamin terutama vitamin C penting untuk mengetahui cara memilih serum yang cocok untuk kulit wajah Sahabat Fimela.

Berikut tips memilih serum vitamin C yang harus diketahui, seperti:

1. Perhatikan Jenis Vitamin C

Vitamin C terdiri dari dua jenis yang sering digunakan untuk serum, yaitu L-Ascorbic Acid dan turunan vitamin C.

L-Ascorbic Acid memiliki ciri:

  • Bentuk vitamin murni yang seringkali digunakan dalam serum.
  • Memiliki sifat yang keras dan mungkin tidak cocok untuk Sahabat Fimela yang memiliki kulit sensitif.
  • Cocok untuk kulit kering.

Turunan vitamin C memiliki ciri:

  • Turunan yang sering digunakan adalah magnesium ascorbyl palmitate, sodium ascorbyl phosphate, retinyl ascorbate dan tetrahexyldecyl ascorbate. 
  • Saat menyerap ke dalam kulit, turunannya diubah menjadi asam askorbat.
  • Hasil akhir membuat kulit lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif.

2. Perhatikan Konsentrasi

Vitamin C dengan konsentrasi 10 persen dapat memperbaiki dan meratakan kulit, sementara konsentrasi 20 persen menyerap lebih baik di kulit. Namun seiring dengan naiknya konsentrasi serum dapat menjadi lebih keras di kulit, apabila Sahabat Fimela memiliki jenis kulit sensitif perlu untuk memerhatikan konsentrasi pada serum vitamin C.

3. Campuran Serum dengan Kandungan Lain

Sebelum membeli serum vitamin C pastikan bahwa serum tersebut memiliki kandungan sebagai penstabil seperti:

  • Asam ferulic
  • Vitamin E (terkadang terdaftar sebagai tokoferol)

Meski begitu, sebagian besar merek menggunakan ferulic dan vitamin E untuk hasil yang terbaik. Serta pastikan juga tangga kedaluwarsa pada serum yang akan dibeli, jika serum memiliki bau asam dan berubah warna jangan membeli atau gunakan serum tersebut karena sudah tidak baik untuk digunakan.

4. Perhatikan Kandungan Serum

Sebelum membeli serum vitamin C pastikan bahwa serum tersebut memiliki kandungan yang dapat menghidrasi atau melembapkan kulit. Hal ini untuk mengurangi kekeringan akibat penggunaan vitamin C. Adapun bahan pelembap yang terkandung dalam vitamin C, seperti:

  • Asam hialuronat
  • Gel lidah buayaMinyak (jojoba, grapeseed, zaitun)

5. Perhatikan Kemasan

Vitamin C merupakan kandungan yang mudah teroksidasi saat terkena cahaya atau udara. Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan kemasan untuk menutupi serum memiliki karakteristik seperti:

  • Botol berwarna gelap atau buram. Selain itu, beberapa brand skincare menggunakan botol dengan pelindung UV bawaan.
  • Pump dispenser atau pipet serum lebih baik dibandingkan dengan jenis botol lainnya karena membuat serum lebih higenis.

6. Pehatikan pH Keseimbangan

Agar serum vitamin C dapat menyerap dengan baik ke kulit, serum harus memiliki pH asam yang rendah. Beberapa sumber mengungkapkan bahwa serum dengan pH 2 hingga 3 memiliki penyerapan yang baik dan optimal ke kulit.

Cara menggunakan serum vitamin C

Melansir dari healthline.com berikut cara menggunakan serum vitamin C, seperti:

  1. Cuci muka: sebelum menggunakan serum cucilah muka menggunakan sabun khusus wajah agar kulit bersih, serta serum vitamin C dapat menyerap secara optimal.
  2. Gunakan toner: setelah cuci muka gunaka toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Pastikan untuk menghindari toner dengan kandungan asam atau pengelupas lainnya.
  3. Mulai oleskan vitamin C: selanjutnya oleskan vitamin C pada wajah dan leher. Sahabat Fimela juga dapat menggunakan serum vitamin C yang mengandung vitamin E dan asam ferulat, yang dapat meningkatkan stabilitas dan efektivitas L-Askorbat.
  4. Gunakan pelembap: setelah itu gunakan pelembap untuk menghidrasi kulit, Sahabat Fimela dapat menghindari pelembap dengan kandungan retinol.
  5. Tutup dengan sunscreen: setelah menerapkan rutinitas perawatan kulit, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari cahaya matahari.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading