Sukses

Beauty

Punya Kulit Berminyak, Apakah Masih Butuh Pelembap?

Fimela.com, Jakarta Salah satu satu kesalahpahaman yang sering ditemukan dalam hal perawatan kulit adalah pemilik tipe kulit berminyak menganggap bahwa mereka tidak memerlukan pelembab. Kulit berminyak dianggap sudah berfungsi untuk melembabkan kulit mereka sehingga mereka tidak lagi membutuhkan hidrasi tambahan dari pelembap.

Padahal faktanya, kulit berminyak dan kulit terhidrasi merupakan dua hal yang berbeda. Minyak kulit berhubungan dengan zat lilin yang disebut sebagai sebum. Kemudian, sebum ini disekresikan oleh kelenjar sebaceous untuk menjaga fungsi penghalang kulit.

Berbeda dengan minyak kulit, hidrasi kulit berhubungan dengan proses penyerapan air ke dalam lapisan kulit untuk mempertahankan kekenyalan, elastisitas, dan ketahanan. 

Dengan fakta seperti ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebum yang menumpuk atau kulit berminyak tidak sama dengan kulit yang terhidrasi dengan baik. Bahkan, pada banyak kesempatan, orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak, cenderung sangat berusaha untuk menghilangkan minyak di wajah mereka; salah satunya dengan mencuci muka secara sering.

 

Pentingnya pelembap

Usaha untuk menghilangkan minyak di kulitnya seperti ini dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Maka dari itu, tipe kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembap untuk menghidrasi kulitnya.

“Pasien dengan tipe kulit berminyak, jangan memilih pelembab dengan konsentrasi minyak yang tinggi atau moisturizer yang sangat tinggi (terlalu melembabkan). Hal ini perlu diperhatikan karena apabila pasien dengan tipe kulit berminyak memilih pelembab seperti ini, maka produksi minyaknya lebih tinggi lagi. Pasien dengan tipe kulit berminyak memiliki kelenjar minyak di dalam yang ketika terangsang, kelenjar tersebut akan menghasilkan lebih banyak minyak semingga bisa memicu munculnya jerawat,” Tutur dr. Ratna Defi, M. Biomed (AAM).

Salah satu cara untuk menjaga hidrasi kulit tanpa membuat kulit semakin terlihat berminyak adalah dengan mengonsumsi suplemen kulit yang mengandung pelembap alami. Sebagai suplemen kulit yang diformulasikan untuk merawat tipe kulit berminyak dan berjerawat, NourishSkin merupakan suplemen kulit yang dilengkapi dengan kelompok herbal pelembab yang terdiri dari Spirulina Algae, Sarsaparila, Green tea, dan Cayenne Pepper. 

 

Pelembap herbal

Selain dilengkapi oleh kelompok herbal pelembap, NourishSkin juga dilengkapi oleh dua kelompok kandungan lain yaitu kelompok kandungan nutrisi yang terdiri dari Marine Protein dan Collagen, serta kelompok antioksidan yang terdiri dari vitamin dan mineral.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat adalah kulit berminyak belum tentu mengandung cukup air untuk membuat kulit terjaga hidrasinya. Banyak faktor serta usaha untuk menghilangkan minyak di kulit yang malah membuat kulit terdehidrasi. Kulit yang terdehidrasi pun dapat meningkatkan jerawat karena tubuh jadi memproduksi lebih banyak minyak untuk meningkatkan fungsi penghalang kulit sehingga pori-pori jadi tersumbat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading