Sukses

Beauty

Kulit Kering dan Mengelupas di Bawah Mata, 4 Langkah Perawatan Ini Bisa Membantu Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Mata menjadi salah satu bagian yang paling banyak mempengaruhi penampilan. Kondisi yang terlihat segar dan sehat bisa bikin wajah jadi auto glowing. Sebaliknya, mata yang tampak menghitam dan kusam tentu bisa bikin penampilan lebih pucat.

Namun, permasalahan area di mata ternyata nggak hanya itu saja. Memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif, kulit di bagian bawah mata juga bisa mengalami kondisi kering dan mengelupas, lho. Ternyata ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Mulai dari alergi, iritasi saat menggunakan produk skincare tertentu, cuaca kering dan dingin, dehidrasi, stres, paparan sinar matahari, hingga kurang tidur. Jika kamu sedang mengalami masalah yang satu ini, beberapa perawatan berikut ini bisa membantu meminimalisirnya.

Kompres dengan Es Batu

Kulit yang kering dan mengelupas bisa menyebabkan rasa gatal yang nggak nyaman. Jika merasakan kondisi yang sama, jangan sampai digaruk karena bisa memperparah hal tersebut.

Redakan rasa gatalnya menggunakan kompres es batu. Sensasi dingin pada es tersebut bisa membantu menekan rasa gatal yang muncul karena kulit kering. Ambil sebongkah es batu, bungkus dengan handuk atau kain lembut, lalu tekan perlahan di area bawah mata yang mengalami kondisi kering dan mengelupas. Lakukan cara ini selama 10-15 menit.

Jaga Hidrasi Kulit dengan Maksimal

Kulit kering dan mengelupas menjadi tanda kurangnya hidrasi kulit. Jadi, ketika mengalami hal tersebut di area bawah mata, bisa jadi 'alarm' pengingat agar kamu makin memperhatikan kondisinya.

Jaga hidrasi kulit secara menyeluruh dengan mengaplikasikan moisturizer atau pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Khusus pemilik kulit kering, kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan di dalam kulit, mengatasi kulit kusam, dan anti-aging.

Jangan Lewatkan Penggunaan Eye Cream

Sudah pakai pelembap, masih perlu nggak sih menggunakan eye cream? Jelas perlu dong! Produk yang satu ini didesain untuk mengatasi masalah yang ditargetkan secara spesifik pada area kulit sekitar mata.

Eye cream bekerja untuk menghidrasi kulit secara optimal, menyamarkan kerutan halus sehingga membuat penampilan terlihat youthful, serta membantu meregenerasi sel kulit. Ada beberapa kandungan populer yang banyak dicari dalam produk eye cream, karena formulanya yang dapat membantu merawat kulit area mata secara optimal.

Misalnya saja peptide yang merupakan rangkaian kecil asam amino yang dapat masuk dengan mudah ke dalam lapisan kulit. Formula inilah yang bekerja mengurangi garus halus dan memperbaiki teksturnya.

Selain itu, ada juga eye cream dengan kandungan retinol yang dikenal sebagai 'Holy Grail' karena efektif meminimalisir berbagai masalah kulit. Misalnya saja mempercepat proses pergantian kulit, mengatasi mata panda, meningkatkan produksi kolagen, hingga menyamarkan warna kulit yang gelap.   

Selalu Gunakan Sunscreen

Hal lain yang perlu diperhatikan saat mengalami kulit kering dan mengelupas di area bawah mata adalah jangan pernah skip penggunaan sunscreen. Terlebih jika sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari bisa membuat kondisi kulit kering dan mengelupas semakin parah.

Namun, pastikan pilih kandungan sunscreen yang aman untuk kulit sensitif. Baca baik-baik labelnya dan kenali berbagai kandungan di dalamnya agar tidak menyebabkan efek samping iritasi kulit ya!

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas di area bawah mata. Yuk, lakukan perawatan yang tepat agar kondisinya nggak semakin parah!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading