Sukses

Beauty

Bisa Atasi Ketombe Hingga Cegah Kerontokan, Ini Segudang Manfaat Minyak Lavender untuk Rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut gatal akibat ketombean memang menyebalkan. Apalagi jika posisinya sedang di tempat kerja atau menghadiri acara-acara penting, rasa gatal akibat ketombe pada rambut ini bisa merusak suasana. Jika tak kunjung diatasi, hal ini bisa saja mengundang rasa kurang percaya diri.

Apalagi ketombe dalam waktu lama juga bisa mengundang beragam masalah rambut lainnya, seperti kerontokan. Oleh karena itu, jangan dibiarkan saja, atasi dengan produk perawatan rambut yang tepat, baik itu sampo maupun kondisioner.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak lavender. Minyak esensial ini tak hanya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan maupun perawatan kulit. Minyak lavender ternyata bisa diandalkan untuk mencegah kerontokan hingga mengatasi ketombe. Biar tak penasaran, berikut manfaat minyak lavender untuk rambut selengkapnya!

Dapat Membuat Ketombe Berkurang

Minyak lavender punya khasiat anti-bakteri yang dapat diandalkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur penyebab infeksi. Manfaat tersebut dapat membantu mengatasi ketombe. Caranya dengan menyeimbangkan produksi sebum atau minyak pada kulit kepala.

Hal ini karena kulit kepala berminyak biasanya memudahkan kotoran menempel dan mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat. Dari situlah ketombe kemudian muncul. Selain itu, kandungan anti-radang dari minyak lavender juga dapat mempercepat proses penyembuhan iritasi atau luka akibat terlalu keras menggaruk kulit kepala yang gatal karena ketombe.

Cegah Terjadinya Kerontokan Rambut

Secara alami sebanyak 50-100 helai rambut akan rontok setiap hari. Namun, jika lebih dari itu, maka perlu diwaspadai karena bisa membuat rambut semakin tipis hingga mengalami kebotakan.

Keberadaan minyak lavender ini ditengarai dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut. Kandungan lavender juga dapat memperbaiki masalah folikel rambut dan mampu memperkuat setiap helai rambut.

Bukan itu saja, aroma manis dan lembut yang dihasilkan dari minyak lavender ini dapat menenangkan pikiran, hingga mengendalikan ketegangan pada otot. Hasilnya, stres hingga rasa gelisah yang menjadi penyebab rambut rontok pun dapat berkurang.

Dukung Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Minyak lavender diketahui punya manfaat besar untuk merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini juga bisa meningkatkan jumlah folikel rambut, sehingga membuat volume rambut lebat lebih cepat.

Berkat manfaat tersebut, minyak lavender ini sering digunakan sebagai bahan tambahan pada produk perawatan kulit dan rambut. Minyak lavender ini juga kerap dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya alopecia atau penyakit kulit di bagian kepala yang dapat menyebabkan kerontokan berlebihan.

Adapun untuk memanfaatkan minyak lavender ini pertama-tama dengan mengencerkannya terlebih dulu. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Setelah itu, gunakan campuran minyak tersebut untuk memijat kulit kepala secara lembut.

Biarkan minyak meresap ke dalam kulit kepala selama 5-10 menit. Baru kemudian bilas sampai bersih. Minyak lavender ini juga bisa dikombinasikan penggunaannya dengan sampo maupun kondisioner. Di samping dapat mengurangi ketombe atau mengatasi kutu rambut, aromanya yang wangi bisa memberikan efek menenangkan pada kulit kepala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading