Sukses

Beauty

Cara Mencegah Timbulnya Komedo, Hindari 3 Kesalahan Ini

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah hal normal yang terjadi di kulit manusia sebab kulit akan terus menghasilkan sebum dan ada kalanya pada kondisi tertentu produksinya berlebih dan menjadi penyebab utama komedo dan jerawat. Meski begitu bagi pemilik wajah dengan banyak komedo, kemunculannya sangat mengganggu penampilan.

Namun, jika kamu tidak mengatasi masalah komedo dari akar masalah maka usaha kamu akan tampak sia-sia karena komedo akan terus muncul. Berikut ini 4 kesalahan yang harus dihindari untuk mencegah munculnya komedo.

1. Menggunakan banyak produk atau slugging

Seperti kebanyakan masalah perawatan kulit, mencegah komedo jauh lebih mudah daripada membuangnya setelah muncul. Tapi inilah tantangannya: saran perawatan kulit paling trendi saat ini, yang sering dibagikan oleh selebritis di tutorial perawatan kulit harian YouTube yang menarik, adalah menggunakan sebanyak mungkin produk, termasuk berbagai serum, masker, dan pelembab. 

Slugging atau mengoleskan salep yang lebih berat seperti minyak bumi ke wajah Anda saat Anda selesai dengan perawatan kulit Anda - juga merupakan tren panas. Dan meskipun kadang-kadang ada tempatnya dan pada area tertentu yang sangat kering di wajah Anda untuk mengunci kelembapan, hal itu dapat menyebabkan komedo.Menggunakan Exfoliator Fisik yang Keras 

“Saya memiliki seorang pasien yang datang ke kantor saya dengan ratusan pori-pori tersumbat. Kami meninjau perawatan kulitnya, yang merupakan rangkaian produk yang terbuat dari minyak jojoba. Dia memiliki lotion, krim, dan tabir surya yang semuanya mengandung minyak jojoba, yang memiliki peringkat komedogenik 2. Setelah mengatakan ini padanya, dia menghentikan rangkaian produk ini dan semua pori-porinya yang tersumbat hilang tanpa satu pun resep jerawat dari saya,”  kata Dermatologis Bersertifikat Dewan Elaine F. Kung, yang merupakan pendiri Future Bright Dermatology.

2. Menggunakan Exfoliator Fisik yang Keras

Bukan berarti exfoliator fisik seperti scrub atau manik-manik tidak memiliki tempatnya, tetapi pengelupasan berlebihan atau penggunaan scrub yang keras dapat meningkatkan produksi minyak dan memperburuk komedo. 

“Cara terbaik untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan eksfoliator dan pembersih yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda,” kata Dr. Alberto de la Fuente Garcia , dan saya adalah dokter kulit bersertifikat di  VIDA Wellness and Beauty  dengan lebih dari 15 tahun pengalaman. “Pengelupasan dengan scrub lembut sekali atau dua kali seminggu membantu menghilangkan sel kulit mati, kotoran, sebum, dan kotoran lain dari permukaan kulit Anda yang dapat menyebabkan pembentukan komedo. Selain itu, menggunakan pembersih yang lembut dan memastikan untuk menghapus semua sisa riasan sebelum tidur merupakan langkah penting dalam mencegah pembentukan komedo.”

3. Tidak membersihkan wajah di pagi hari

Sebagian orang mempraktikkan saran perawatan kulit seperti tidak mencuci muka di pagi hari dengan pembersih, atau hanya memercikkannya dengan air. “Setelah melapisi beberapa produk di malam hari, beberapa orang memulai harinya dengan tidak mencuci muka dengan pembersih,” kata Kung. “Meskipun kita tidak tidur di luar, kita masih mengeluarkan sebum dan bahkan mungkin sedikit berkeringat dalam semalam. Kita harus mencuci produk semalaman yang ada di wajah kita sebelum menumpuk produk siang hari," ujarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading