Sukses

Beauty

How To: Cara Memakai Body Scrub agar Hasilnya Maksimal

Fimela.com, Jakarta Mempunyai kulit yang sehat, cerah, dan ternutrisi menjadi keinginan banyak orang terutama perempuan. Namun, kulit sehat dan ternutrisi tidak terjadi secara alami, perlu perawatan yang dilakukan. Perawatan yang dilakukan juga didapat dengan berbagai cara, baik perawatan dari dalam maupun perawatan dari luar yang dapat menjadi rutinitas seperti body scrub, body lotion, serum badan, dan lainnya.

Dilansir dari healthline.com, body scrub atau lulur merupakan pengelupasan mekanis yang berarti secara fisik, body scrub dapat mengangkat sel kulit mati dari lapisan luar kulitmu karena mengandung bahan abrasif yang dapat merangsang pergantian sel kulit dan menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah.

Secara umum kamu tidak boleh menggunakan body scrub pada tubuh setiap hari atau setiap dua hari sekali karena dapat membuat kulit menjadi kering atau memungkinkan terjadinya iritasi. Normalnya, kita dapat menggunakan body scrub dua kali seminggu, sedangkan untuk kulit sensitif dapat menggunakannya seminggu sekali. Body scrub sebaiknya dipakai ketika mandi sehingga kulit menjadi bersih dan siap untuk pengelupasan kulit.

 

Cara Penggunaan dan Pembuatan Body Scrub

Mungkin sebagian dari sahabat Fimela belum mengetahui cara menggunakan Body Scrub yang efektif. Yuk, kita simak cara menggunakan Body Scrub yang mudah dan aman yang dilansir dari healthline.com:

  • Membilas kulit dengan air hangat.
  • Lalu, letakkan sedikit lulur pada tangan.
  • Setelah itu, gosokkan Body Scrub dengan lembut dengan gerakan melingkar kecil menggunakan tangan.
  • Kemudian, gosok kulitmu dengan lembut dengan durasi tidak lebih dari 30 detik. 
  • Setelah menggosok, cuci kulitmu dengan menggunakan pembersih biasa.
  • Setelah dicuci, keringkan kulitmu.
  • Terakhir, oleskan pelembap.

Dalam menggunakan body scrub sebaiknya kamu mencari produk dengan sumber kelembapan bebas minyak seperti ceramide, vitamin E, atau asam hialuronat. Atau kamu juga dapat membuat body scrub di rumah dengan mudah. Berikut beberapa resep Body Scrub yang dapat kamu buat: 

Coffee scrub

Sahabat Fimela perlu menyiapkan bahan-bahan berikut untuk membuat coffee scrub:

  • ½ cangkir bubuk kopi
  • 2 sendok makan air panas
  • 1 sendok minyak hangat

Setelah itu, campurkan kopi dengan air dan ditambahkan minyak kelapa hangat. Kamu dapat menambahkan bubuk kopi atau minyak jika diperlukan untuk membuat kekentalan yang diinginkan. 

 

Salt Scrub

Sahabat Fimela perlu menyiapkan bahan-bahan berikut untuk membuat salt scrub:

  • ½ cangkir garam laut
  • ½ cangkir minyak zaitun dan kelapa

Setelah itu, campurkan garam laut dengan minyak dan tambahkan minyak esensial jika diinginkan. Kamu dapat menambahkan garam atau minyak untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

 

 

Manfaat Menggunakan Body Scrub

Dilansir dari dukesavenue.com, penggunaan body scrub dapat memberikan banyak manfaat di antaranya:

  1. Mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Body scrub dapat berfungsi untuk membersihkan kulit mati yang menumpuk. Membantu meremajakan kulit dengan pengelupasan dan menghilangkan sel kulit mati serta mendorong meremajakan kulit supaya terlihat sehat, segar, dan lembut.
  2. Membersihkan pori-pori. Membersihkan tubuh menggunakan Body Scrub membuat sel-sel mati terangkat sehingga membuka kembali pori-pori yang tersumbat dan mencegah munculnya jerawat serta dapat membersihkan kulit secara mendalam.
  3. Membantu kulit dalam penyerapan produk perawatan kulit. Setelah sel kulit mati terangkat dan menjadi bersih membuat kulit dapat menyerap lotion atau krim tubuh dengan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kelembapan pada kulit. 
  4. Menghaluskan dan meratakan warna kulit. 
  5. Meningkatkan sirkulasi darah agar kulit tetap terlihat sehat dan dapat mempertahankan elastisitasnya.
  6. Meningkatkan kepercayaan diri karena kulit yang terlihat sehat.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading