Sukses

Beauty

How To: Langkah Tepat Mengaplikasikan Shampoo dan Hair Mask untuk Rambut Sehat

Fimela.com, Jakarta Memakai shampoo dan hair mask adalah bagian penting dari perawatan rambut yang rutin. Dilansir dari Healthline, shampoo dan hair mask dapat membantu membersihkan rambut dari kotoran, minyak, dan sisa styling rambut.

Selain itu, manfaat lain dari shampoo dan hair mask yaitu membantu mengembalikan kelembapan dan nutrisi pada rambut yang kering dan rusak, menjaga kekuatan rambut, meningkatkan tampilan rambut dengan memberikan kilau dan tekstur yang sehat, serta membantu mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti sinar matahari, polusi, dan styling produk yang berlebihan. 

Namun, tidak semua orang tahu cara yang tepat untuk memakai shampoo dan hair mask. Berikut ini adalah cara yang benar menggunakan shampoo dan hair mask.

1. Basahi rambut dengan air secara menyeluruh. Pastikan rambutmu benar-benar basah sebelum memakai shampoo.

2. Tuangkan shampoo pada telapak tangan secukupnya. Kemudian gosok-gosokkan di antara kedua telapak tangan untuk menghasilkan busa. 

Cara keramasan dengan shampoo yang benar

3. Usapkan shampoo pada kulit kepala secara lembut menggunakan jari tangan. Hindari menggosok kulit kepala dengan terlalu keras karena bisa merusak folikel pada rambut.

4. Bersihkan rambutmu dengan air hingga semua sisa shampoo hilang dari rambut. Sisa shampoo pada saat keramas harus dibersihkan dengan benar, sebab keramas yang tidak bersih akan menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit kepala.

5. Setelah selesai, keringkan rambutmu dengan handuk sampai rambutmu tidak terlalu basah. Hal ini bertujuan agar pemakaian hair mask dapat dilakukan dengan mudah.

Setelah keramas, rambutmu mungkin akan terasa lebih bersih dan segar. Namun, shampoo-an saja tidak cukup. Dilansir dari Byrdie, rambut masih memerlukan nutrisi dan kelembapan tambahan untuk tetap sehat dan bersinar. Inilah mengapa pentingnya menggunakan hair mask setelah keramasan. Hair mask mengandung bahan-bahan yang membantu memperbaiki kerusakan rambut, memperkuat rambut, dan mengembalikan kelembapan pada rambut yang kering dan rusak.

1. Pastikan rambut masih dalam keadaan basah dan benar-benar bersih setelah keramas.

2. Tuangkan sejumlah hair mask secukupnya pada telapak tangan.

3. Usapkan hair mask pada rambutmu, mulai dari akar rambut hingga ujung rambut. Pastikan kamu mengoleskan hair mask dengan merata pada setiap helai rambut.

Cara menggunakan hari mask yang benar

4. Pijat kulit kepala secara lembut dengan ujung jari tanganmu. Pijatan ini akan membantu hair mask menyebar secara merata dan menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala.

5. Diamkan hair mask selama 15-20 menit. Perlu diperhatikan untuk tidak membiarkan hair mask mengering pada rambut.

6. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas rambutmu dengan air hangat hingga semua sisa hair mask hilang.

7. Keringkan rambutmu dengan handuk atau pengering rambut. Hindari menggosok rambut terlalu keras karena bisa merusak rambut.

Demikian cara menggunakan shampoo dan hair mask yang tepat. Akan tetapi, perlu diketahui juga untuk memilih shampoo dan hair mask yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Jika kamu memiliki rambut yang kering, cobalah menggunakan hair mask yang mengandung bahan-bahan yang menutrisi dan melembabkan rambut. Atau jika kamu memiliki rambut yang berminyak, pilihlah shampoo yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading