Sukses

Beauty

Cara Menggunakan Roll Rambut Beserta Tips agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Banyak cara untuk membuat tampilan rambut menjadi berbeda dan meningkatkan seluruh tampilan. Salah satunya dengan menggunakan roll rambut, alat rambut ikonik yang kembali populer. Sudah tidak asing lagi di kalangan perempuan, roll rambut sangat mudah digunakan dan menghasilkan volume rambut tampak bergelombang ikal secara alami.

Roll rambut memiliki tipe bervariasi dan masing-masing tipe menghasilkan jenis ikal yang berbeda. Namun, butuh keterampilan dan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil rambut yang sempurna. Perlu mempelajari bagaimana cara menggunakan roll rambut untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan tahan lama. Jangan khawatir, perhatikan tips ini untuk mendapatkan hasil rambut cantik bervolume. 

Cara menggunakan roll rambut

Gunakan roll rambut sesuai dengan seberapa besar gelombang ikal yang diingkan. Jika menginginkan ikal yang lebih tebal, gunakan roll besar, dan jika ingin ikal yang lebih kecil, gunakan roll yang lebih tipis.

Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Langkah pertama cara menggunakan roll rambut adalah dengan membagi rambut menjadi empat bagian besar. Di tiap-tiap samping telinga, bagian rambut belakang, dan bagian rambut atas. Lalu pisahkan poni depan sehingga tergulung menjadi satu dan tidak terpisah menjadi ikal yang berbeda.

Ambil rambut secukupnya

Sisir rambut terlebih dahulu agar tidak meninggalkan kesan kusut. Lalu ambil rambut secukupnya dan tarik lurus ke atas. Tempatkan roll di ujung rambut lalu gulung rambut dari atas hingga akar rambut. Gunakan jepit rambut untuk mengamankan roll agar tidak kendor, letakkan di bagian dalam roll.

Diamkan selama beberapa menit

Lanjutkan menggulung seluruh bagian atas dan bawah. Biarkan selama 30 menit, 2-4 jam jika ingin menghasilkan ikal yang sempurna. Jika sudah didiamkan, buka gulungannya satu per satu, mulai dari belakang kepala dan bergerak maju. Setelah semuanya dihilangkan, gerakkan jari-jari ke rambut  dari akar hingga ujung untuk melonggarkan gelombang agar memberikan kesan natural. Sentuhan terakhir semprotkan hair mist di ujung rambut untuk memberikan kilauan.

Tips agar tahan lama

Mungkin ada beberapa tips agar rambut hasil roll dapat bertahan lama. Pertama, hindari memegang rambut terlalu sering, karena minyak dan kotoran pada telapak tangan bisa membuat rambut menjadi berminyak dan menghilangkan bentuk ikal. Kedua, gunakan hairspray, namun perlu diperhatikan pilihlah jenis hairspray yang tidak membuat rambut kaku.

Ketiga, jika ingin bertahan untuk keesokan harinya, cobalah untuk tidur dengan sarung bantal berbahan sutra atau satin. Sehingga rambut dengan leluasa bisa berjalan ke sana ke mari tanpa adanya gesekan dengan permukaan bantal. Pilihan lain adalah menguncir rambut pony tail dengan tinggi, jangan terlalu kencang cukup lembut di bagian akar. Dengan cara ini ikal akan bertahan lama dan tidak akan kusut di pagi hari.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading