Sukses

Beauty

Buah dan Sayur yang Dapat Membuat Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Memiliki tampilan awet muda menjadi impian kaum wanita karena memiliki tampilan awet muda dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun, menjadi awet muda memang bisa jadi bawaan dari lahir atau mungkin kamu dapat melakukan beberapa cara seperti melakukan perawatan, memakan makanan yang dapat membuat awet muda, atau melakukan olahraga.

Buah dan sayuran memang memiliki banyak manfaat dan nutrisi bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya dapat membuat kamu terlihat awet muda. Dilansir dari www.nhs.uk, buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, ternasuk folat, vitamin C, dan potasium. Selain itu, mereka merupakan sumber serat makanan yang sangat baik sehingga dapat membantu menjaga kesehatan. 

Buah dan sayur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung stroke dan beberapa jenis kanker serta berkontribusi pada pola makan yang sehat dan seimbang. Selain itu, buah dan sayuran yang tidak digoreng atau dipanggang dengan banyak minyak mengandung lemak dan kalori yang rendah sehingga dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan menjaga kesehatan jantung. 

 

Jenis sayuran yang bisa bikin awet muda

Dilansir dari healthline.com, sebagian besar sayuran memiliki nutrisi yang padat dan kalori yang rendah karena mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, katarak, dan kanker tertentu. Vitamin C pada sayuran berperan penting dalam produksi kolagen yang di mana sebagai bahan penyusun utama kulit, tetapi produksinya akan mulai menurun setelah usia 25 tahun. 

Dilansir dari lovefood.com, salah satu sayuran yang dapat membuat kamu terlihat awet muda adalah wortel. Wortel kaya akan karotenoid sejenis pigmen alamai sehingga dalam sebuah studi di jurnal Behavioral Ecology menemukan bahwa wortel dapat meningkatkan persepsi orang tentang daya tarik wajah. 

Selain itu, mentimun juga dapat membuat terlihat awet muda karena dapat menjaga kulit tetap segar akibat kandungan airnya yang tinggi dan efek anti inflamasinya pada kulit serta sifat menenangkan untuk pencernaan, dilansir dari eatthis.com

 

 

Buah-buahan yang Dapat Membuat Awet Muda

Tak hanya sayuran, buah-buahan juga dapat memberikan efek awet muda ketika kamu mengkonsumsinya. Berikut buah-buah yang memiliki kandungan berkhasiat sehingga membuat kamu dapat awet muda:

  1. Berries. Dilansir dari delish.com, bluberry, stroberi, raspberry, dan blackberry merupakan sekumpulan kecil antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan melawan sinar UV yang merusak dan berbahaya bagi sel-sel kulit. 
  2. Alpukat. Dilansir dari delish.com, alpukat memiliki kandungan vitamin E dan A yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang keras dan mengatasi kekeringan sehingga membuat kulit tetap terhidrasi. 
  3. Delima. Dilansir dari delish.com, buah delima dikemas dengan flavonoid dan polifenol supaya kulit bebas dari kerutan dan juga dapat mencerahkan kulit serta mengurangi risiko kanker kulit. 
  4. Jambu. Dilansir dari delish.com, jambu memiliki sekitar empat kali vitamin C yang dapat meningkatkan kolagen yang memberikan penampilan yang halus dan cerah. Selain itu, khasiat anti-penuaan jambu dapat mengurangi garis-garis halus.
  5. Tomat. Dilansir dari delish.com, tomat dapat berperan sebagai sunscreen yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari karena kandungan antioksidannya. 
  6. Jeruk bali. Dilansir dari eatthis.com, jeruk bali kaya akan spermidinde yang dapat menurunkan tekanan darah. Memiliki tekanan darah rendah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 
  7. Jeruk. Dilansir dari eatthis.com, jeruk kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit tampak cerah dan segar serta kandungan karotenoid yang berperan penting dalam produksi kolagen. 
  8. Lemon. Dilansir dari eatthis.com, lemon merupakan sumber Vitamin C yang dapat memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi peradangan dan pigmentasi serta meningkatkan produksi kolagen. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading