Sukses

Beauty

Jangan Sampai Keliru, Ini 4 Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi produksi minyak (sebum) yang berlebihan, tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri, peradangan (inflamasi). Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Namun ada suatu kondisi yang mirip dengan jerawat, yaitu bruntusan. Bruntusan yaitu benjolan-benjolan kecil yang muncul di wajah dan membuat tekstur wajah jadi kasar. Bruntusan berbeda dengan jerawat. Jerawat berwarna kemerahan dan terkadang mengandung nanah, sedangkan bruntusan warnanya sama seperti kulit.

Namun ada istilah lain yang dianggap sebagai jerawat, yaitu fungal acne. Walaupun namanya acne, namun fungal acne sebenarnya bukan jerawat. Bahkan penampilannya sebenarnya lebih mirip dengan bruntusan.

Lalu apa itu fungal acne dan apa bedanya dengan bruntusan? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab

Fungal Acne

Fungal acne adalah malassezia yang merupakan anggota mikrobiota kulit sehat. Malassezia Folliculitis disebabkan oleh pertumbuhan ragi/jamur yang berlebih pada kulit kita. Jamur ini umumnya ditemukan di kulit manusia normal, namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih seperti panas, kondisi lembab dan kulit berminyak. Hal ini menyebabkan infeksi pada folikel hujan es yang menyebabkan sistem kekebalan kulit kita menjadi pertahanan yang mengarah ke peradangan.

Bruntusan

Bruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, dan lainnya. Namun, bruntusan tetap berbeda dengan masalah kulit lainnya. Biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih, dan lainnya.

Ciri-ciri

Fungal Acne

Fungal acne bisa sangat sulit untuk didiagnosis, tetapi biasanya dikaitkan dengan rasa gatal. Benjolan ini sering terlihat dalam sebuah kluster dan biasanya berukuran seragam. 

Bruntusan

Ciri-ciri bruntusan yang umum adalah saat kulit diraba, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit.

Tempat Munculnya

Fungal Acne

Fungal acne dapat muncul di beberapa bagian tubuh, dan yang paling umum fungal acne dapat muncul di lengan, atau bagian dada. Namun terkadang, jenis jerawat ini dapat juga muncul pada punggung.

Bruntusan

Bruntusan ini tidak hanya bisa muncul di wajah tetapi bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Kondisi ini bisa muncul di satu atau dua titik saja tidak langsung banyak bergerombol. Beberapa area yang rentan terkena bruntusan diantaranya bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu.

 

Cara Mengatasi

Fungal Acne

Untuk mengatasi fungal acne pada wajah, kamu bisa coba mengurangi penggunaan krim pelembab dan produk yang memiliki kandungan berat. 

Bruntusan

Sedangkan untuk mengatasi masalah bruntusan, kamu bisa mengatasi masalah bruntusan di wajah dengan rutin membersihkan wajah dengan facial wash yang lembut dan jangan lupa lakukan double cleansing.

Itulah 4 perbedaan fungal acne dan bruntusan yang wajib kamu ketahui. Kalau kamu sudah tahu perbedaan di antara keduanya, maka jangan salah mengenali lagi ya. Karena keduanya adalah hal yang berbeda, cara mengatasinya pun juga berbeda. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memahami perbedaannya agar tidak salah ketika mengatasinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading