Sukses

Beauty

6 Cara Mengatasi Kantung Mata Membengkak Selama Bulan Puasa

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu memerhatikan kantung mata saat bulan puasa? Apakah terlihat lebih besar dan menghitam? Jika iya, maka kamu harus perhatikan kembali pola makan dan tidurmu. Memang, selama bulan puasa bisa menjadi faktor mengapa kantung matamu terlihat lebih besar. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti tidur terlalu malam dan harus bangun saat  dini hari untuk melaksanakan sahur. Selain itu, kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan kantung mata membesar. 

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga dapat menyebabkan dehidrasi dan juga memicu penumpukan cairan di bawah mata, sehingga kantung mata terlihat lebih besar. Selain karena beberapa faktor tersebut, kantung mata yang membesar adalah hal yang normal, bagi mereka yang sudah mulai berumur itu adalah tanda dari penuaan alami. Jaringan otot sekitar mata menjadi lebih kendur dan melemah, maka dari itu memungkinkan cairan di sekitar mata akan terlihat membesar seperti kantung.

Meskipun tidak berdampak pada penglihatan atau kesehatan, biasanya hal ini mengganggu tampilan wajah. Nah simak dibawah ini karena Fimela sudah merangkum beberapa cara untuk atasi kantung mata besar saat menjalankan ibadah puasa! Walaupun tidak instan, namun bisa efektif membantu mengurangi pembengkakan di bawah mata.

Mendinginkan area mata

Dikutip dari Healthline, dengan mengompres area mata dengan sesuatu yang dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan karena penyempitan aliran darah. Caranya cukup sederhana, gunakan bahan yang sudah dimiliki, seperti sendok teh yang didiamkan di kulkas semalaman atau gunakan es batu yang dibaluti oleh kain. Letakkan diatas mata tertutup selama beberapa menit.

Teh hijau mengandung kafein

Salah satu kafein yang mampu mengurangi kantung mata adalah teh hijau. Kandungan antioksidan pada kafein dalam teh hijau mampu untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta berpotensi memperlambat proses penuaan. Selain itu, teh hijau bisa melindungi kulit dari sinar UV, terbukti banyak skincare yang menjual eye cream dengan kandungan kafein didalamnya yang membantu mengurangi pembengkakan di bawah mata. Cukup letakkan kantong teh hijau yang sudah didinginkan di kulkas di atas mata tertutup selama 15 hingga 30 menit. 

Penuhi asupan air putih

Tahukah kamu bahwa air membentuk sekitar 60% dari berat badan kita? Hal ini yang memengaruhi kantung mata saat kita dehidrasi. Normalnya dalam sehari perlu meminum air setidaknya 2 liter atau  8  gelas. Pastikan untuk minum air yang cukup selama waktu sahur dan berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi. Utamakan air putih saja tanpa ada perasa tambahan agar tidak memicu penyakit lain. 

Konsumsi makanan sehat

Cobalah untuk memerhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Utamakan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan protein untuk membantu tubuh tetap sehat dan terhidrasi. Boleh memakan makanan yang manis dan goreng-gorengan, namun perlu diperhatikan porsinya tidak melewati batas. Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan asin akan membuat tubuh kamu membengkak, termasuk dibawah mata. Berhati-hatilah pada makanan tersebut dan sebaiknya diganti dengan makanan bernutrisi.

Waktu tidur yang cukup 

Dikutip dari Mayo Clinic, kurang tidur bisa membuat kantung mata membesar dan menghitam, kulit kamu akan terlihat lebih pucat dan memungkinkan darah dibawah kulit semakin terlihat. Selain itu, kurang tidur bisa mengurangi aliran darah, sehingga darah lebih banyak menggenang di area tersebut. Maka dari itu, kondisi ini akan mempergelap lingkaran hitam. Umumnya orang dewasa disarankan untuk tidur tujuh hingga delapan jam tiap harinya. Pastikan untuk tidak tidur terlalu malam sebelum nantinya akan bangun kembali saat jam sahur. 

Rutin gunakan eye cream

Selain dari beberapa cara alami diatas, untuk membantu mempercepat mengurangi pembengkakan di bawah mata adalah menggunakan eye cream dengan kandungan bahan tertentu. Beberapa kandungan seperti retinol mampu untuk memperbaiki kurangnya kolagen pada wajah, yang dimana kolagen memainkan peran penting pada tanda penuaan. Memasukkan produk eye cream ke rangkaian perawatan wajah bagus untuk mengurangi kantung mata yang besar tanda dari penuaan maupun kulit dehidrasi.

*Penulis: Balqis Dhia. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading