Sukses

Beauty

6 Panduan Pakai Skincare yang Benar untuk Mendapatkan Kulit Sehat dan Bersinar

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah kebutuhan yang penting sebagai investasi. Melansir dari Healthline, salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah dengan menggunakan skincare secara rutin dan teratur.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan skincare yang tepat tidak hanya sebatas menggunakan produk-produk yang berkualitas, tetapi juga meliputi teknik penggunaan skincare, frekuensi penggunaan skincare, urutan penggunaan skincare yang tepat,  serta pemilihan produk sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Berikut ini adalah tahapan penggunaan skincare yang benar untuk mendapatkan kulit yang terlihat lebih sehat dan bercahaya;

1. Mencuci wajah dengan facial wash

Tahap pertama dalam menggunakan skincare adalah mencuci wajah terlebih dahulu dengan facial wash. Dengan mencuci wajah, dapat membantu membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan minyak yang menumpuk di permukaan kulit selama seharian. Kamu bisa memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, dan gunakan air hangat untuk membuka pori-pori sebelum mencuci wajah.

2. Gunakan toner

Setelah mencuci wajah, gunakan toner untuk membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang masih menempel pada kulit. Dilansir dari Mayo Clinic, toner efektif membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dari produk skincare yang selanjutnya akan digunakan. Kamu bisa menggunakan toner setelah mencuci wajah dengan facial wash, kemudian tuangkan toner pada kapas dan usapkan lembut ke seluruh wajah dan leher.

Tahapan penggunaan skincare yang benar

3. Gunakan essence

Essence adalah produk perawatan kulit yang ringan dan berfungsi untuk menyediakan nutrisi yang lebih dalam ke kulit. Produk ini dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti penuaan dini, kekeringan, dan ketidakseimbangan pH. Kamu bisa menggunakan essence hanya dengan menuangkan produk ke telapak tangan secukupnya dan tepuk-tepuk lembut ke seluruh wajah.

4. Gunakan serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang sangat konsentrat dan mengandung bahan-bahan aktif yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Selain itu, serum juga efektif membantu mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, dan mengatasi bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan serum hanya dengan mengoleskan serum ke wajah dan leher dengan lembut dan merata.

5. Gunakan eye cream

Area sekitar mata adalah area kulit yang sangat tipis dan rentan terhadap penuaan dini, kerutan, dan lingkaran hitam. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan produk khusus seperti eye cream. Kamu bisa memakai eye cream dengan cara mengoleskan eye cream ke area bawah mata secukupnya dan tepuk-tepuk lembut hingga meresap.

Pentingnya memiliki pelembab khusus siang hari dan malam hari

6. Gunakan pelembap

Melansir dari American Academy of Dermatology Association, setelah menggunakan serum dan eye cream, kamu bisa menggunakan pelembap untuk membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah dehidrasi. Sebaiknya pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu dan gunakan pelembab khusus untuk siang hari dan malam hari.

Pemilihan pelembab khusus untuk siang dan malam hari sangat penting untuk mendapatkan manfaat optimal dari produk perawatan kulit yang digunakan. Kamu bisa memilih pelembab yang mengandung sunscreen untuk siang hari agar mendapatkan perlindungan kulit dari sinar UV dan memilih pelembab untuk malam hari yang mengandung bahan aktif untuk menutrisi dan menghidrasi kulit, sehingga kulit terasa lebih lembut, kenyal, dan sehat.

Demikian tahapan penggunaan skincare yang tepat. Perlu diingat bahwa dalam menggunakan skincare, jangan menggunakan terlalu banyak produk skincare sekaligus. Sebab, hal tersebut dapat membuat kulitmu terlalu terbebani dan dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading