Sukses

Beauty

5 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi, produksi minyak (sebum) yang berlebihan, tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri dan peradangan (inflamasi). Namun ternyata jerawat juga bisa disebabkan karena makanan.

Mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan mengalami langsung bahwa makanan memang jadi sumber penyebab munculnya jerawat. Bahkan ada anggapan kalau salah satu makanan penyebab jerawat adalah telur, benarkah demikian?

Ada beberapa makanan yang jadi penyebab munculnya jerawat yang bisa kamu hindari agar tidak terkena jerawat. Berikut penjelasannya.

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi ternyata bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Karbohidrat bisa memicu peningkatan insulin dan glukosa yang kemudian memicu timbulnya jerawat.

2. Makanan Manis

Tidak hanya karbohidrat, makanan manis yang mengandung gula juga bisa memicu peningkatan kadar gula atau glukosa dalam darah. Kadar glukosa yang tinggi ini bisa menimbulkan jerawat bermunculan di wajah.

3. Olahan Susu

Berbagai macam produk olahan susu seperti yoghurt dan keju juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Meskipun susu sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun kamu perlu mengontrol agar tidak makan terlalu banyak.

Makan atau minum produk olahan susu terlalu banyak bisa membuat kandungan asam amino di dalamnya membuat kelenjar minyak jadi aktif. Ketika kelenjar minyak aktif memproduksi minyak, lama kelamaan minyak yang diproduksi jadi terlalu banyak dan bisa menyumbat pori-pori wajahmu kemudian timbulah jerawat.

4. Gorengan

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Sepertinya camilan yang satu ini sangat digemari di Indonesia. Namun sayangnya camilan favorit kebanyakan orang di Indonesia ini jadi pemicu timbulnya jerawat.

Gorengan mengandung kadar minyak dan garam yang tinggi. Dua kandungan itulah yang kemudian memicu munculnya jerawat di wajah.

5. Telur

Ternyata telur juga bisa jadi salah satu penyebab jerawat. Namun hal tersebut bergantung pada sensitivitas kulit masing-masing orang. Ada orang yang tidak masalah mengonsumsi banyak telur, namun ada pula yang makan sedikit telur bisa memicu timbulnya jerawat di wajahnya.

Ada pula penyebab lain munculnya jerawat selain dari makanan. Berikut penjelasannya:

Penyebab Lain Munculnya Jerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab tumbuhnya jerawat yang pertama, yaitu karena seorang perempuan mengalami perubahan hormon pada saat haid, masa kehamilan dan menjelang menopause. Saat hormon tidak seimbang, maka kulit menjadi lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat.

2. Tidak Cocok dengan Skincare

Skincare adalah produk perawatan kulit yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Tetapi ada beberapa produk skincare yang tidak cocok digunakan untuk kulit jerawat. Untuk mengatasi tumbunya jerawat, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, retinol, niacinamide, tea tree oil, centella asiatica dan benzoil peroksida.

3. Terlalu Banyak Hormon Androgen

Tumbuhnya jerawat juga bisa dipengaruhi karena terlalu banyak hormon androgen di dalam tubuh perempuan. Hormon androgen biasanya lebih banyak terdapat di dalam tubuh lelaki. Jika hormon androgen terlalu banyak di tubuh perempuan, maka kulit akan mudah berjerawat, berbulu, suasana hati mudah berubah, terlambat haid, dan bisa menyebabkan penyakit PCOS.

4. Tidak Double Cleansing

Hal yang sering dilewatkan oleh kebanyakan orang adalah hanya cuci muka satu kali saja saat malam hari. Padahal kulit wajah pasti sangat kotor setelah seharian beraktivitas dan terkena berbagai macam kotoran dan debu. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan wajah dua kali. Gunakan micellar water terlebih dahulu, baru setelah itu cuci muka menggunakan sabun muka.

5. Kondisi rambut kotor

Jika kamu jarang keramas atau memiliki rambut berminyak, minyak dapat mengendap di dahi dan menyumbat pori-pori di bagian dahi. Dengan begitu, kamu perlu menjaga kebersihan rambut untuk mencegah munculnya jerawat terutama di sekitar dahi.

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat. Namun ingat ya, kalau semua hal tersebut bergantung pada sensitivitas kulit masing-masing orang. Ada beberapa orang yang mungkin saja tidak masalah dengan berbagai macam makanan. Namun ada pula yang cukup sensitif pada makanan tertentu dan akhirnya timbul jerawat di wajahnya.

Selain itu, perhatikan pula kebiasaanmu sehari-hari. Bisa juga jerawat yang muncul di wajahmu itu karena kebiasaanmu yang kurang bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading