Sukses

Beauty

10 Tips Sederhana untuk Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Terlihat awet muda tentu menjadi keinginan sebagian besar orang. Awet muda juga dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun, untuk menghasilkan wajah dan kulit yang selalu terlihat awet muda, kamu perlu melakukan perawatan sejak dini, seperti menggunakan skincare, menggunakan lotion untuk tubuh, dan melakukan perawatan lainnya.

Selain melakukan perawatan, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti memiliki waktu tidur yang cukup, melakukan olahraga, dan aktivitas lainnya yang diseimbangi dengan pola makan sehat seperti mengonsumsi buah-buahan atau sayuran dan mengurangi untuk mengonsumsi junk food atau makanan olahan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. 

Dilansir dari stylecraze.com, terdapat beberapa tips sederhana yang dapat membuat kulit tampak awet muda:

Melakukan Cleaning, Toning, dan Moisturizing (CTM)

Jangan pernah lupa untuk melakukan tiga langkah penting dalam perawatan kulit dengan tepat yaitu  Cleansing, Toning, dan Moisturizing setiap akan memulai aktivitas dan mau tidur. Bersihkan kulit secara menyeluruh di awal hari dan gunakan toner serta pelembap berkualitas sebelum menggunakan makeup. Ketika malam hari, bersihkan makeup dan kotoran di muka sebelum menggunakan pelembab supaya mengurangi jerawat dan kusam. Kamu juga dapat menggunakan krim mata untuk menjaga kelembapan area bawah mata dan mencegah garis halus serta kerutan karena mata bengkak dan lingkaran hitam bawah mata dapat membuat kamu tampak lebih tua.

 

 

Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar UV secara terus menerus terutama jika memiliki aktivitas di luar ruangan dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan bintik hitam, hiperpigmentasi, dan kerutan sehingga penting bagi kamu untuk menggunakan sunscreen yang dapat melindungi kulit dan setidaknya mengandung SPF 30 dan PA+ karena SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA+ dapat melindungi kulit dari sinar UVA. 

Menggunakan produk yang memiliki kandungan anti-aging

Produk perawatan kulit yang berbahan dasar retinoid dan kolagen merupakan rahasia dalam menjaga kulit tetap awet muda karena retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang memiliki sifat anti penuaan sehingga dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta meningkatkan produksi kolagen. 

Memperhatikan keseluruhan bagian tubuh terutama tangan dan kaki.

Oleskan sunscreen pada punggung tangan dan bagian kulit yang lebih tipis sebelum beraktivitas keluar rumah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan body lotion secara teratur pada tangan dan kaki supaya kulit tidak kering dan tetap ternutrisi. Kamu dapat menggunakan body scrub seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. 

Menggunakan lip balm untuk menjaga kesehatan bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah membuat kamu terlihat kusam. Kulit bibir yang jauh lebih tipis juga akan lebih cepat menua jika tidak melakukan perawatan sehingga penting bagi kamu menggunakan lip balm berkualitas sebelum tidur dan ketika siang hari gunakan lip balm dengan SPF.

 

 

Melakukan Eksfoliasi Pada Kulit

Agar dapat lebih mudah bernapas dan terlihat segar, kulit perlu melepaskan sel-sel kulit mati dengan cara melakukan scrub sekali atau dua kali seminggu atau melakukan eksfoliasi. 

Bersantai dan Beristirahat

Stres dapat mengurangi kualitas hidup dan menyebabkan peradangan di tubuh yang menimbulkan masalah kesehatan seperti depresi, penurunan fungsi otak, diabetes, dan masalah metabolisme sehingga kamu dapat mengambil waktu istirahat dengan jalan-jalan dengan teman, menghabiskan waktu bersama keluarga, menonton film, meditasi, dan lainnya untuk membantu kamu lebih rileks. 

Minum air yang banyak

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat kulit menjadi kusam, kering dan tidak merata bahkan terlihat lebih tua sehingga penting untuk kamu minum air supaya terhidrasi untuk menjaga fungsi metabolisme dan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar dari dalam.

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan penuaan dini. Tak hanya itu, merokok juga dapat membuat rambut menjadi rontok dan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. 

Memiliki waktu tidur yang cukup 

Tidur yang cukup dapat membuat kulit menjadi tampak segar karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan penuaan pada kulit dan mempengaruhi fungsi penghalang kulit yang dapat membuat kulit menjadi kusam, kering, dan rentan terhadap peradangan. Jadi, setidaknya kamu tidur 7-9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga tampilan supaya awet muda. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading