Sukses

Beauty

4 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Menjaga kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara alami maupun menggunakan produk tertentu. Salah satu cara alami ialah menggunakan virgin coconut oil atau VCO. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, minyak kelapa murni menjaga keutamaan santannya dan tidak membiarkannya rusak oleh proses pemanasan yang dialami minyak kelapa biasa. 

Hal tersebut dilakukan melalui teknologi proses dingin yang dapat menghilangkan kebutuhan elemen pemanas dalam proses ekstraksi santan sehingga dapat memastikan kebaikan alaminya tetap utuh. Extra VCO diperoleh dari daging segar biji kelapa matang melalui proses mekanis atau alami. Minyak ini diekstraksi yang tidak memerlukan pemanasan, tetapi juga tidak melibatkan pemrosesan kimia apa pun. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses pengepresan dingin, yaitu daging kelapa segar ditekan oleh sebuah mesin untuk menghasilkan susu dan minyak. Kemudian, susu nantinya akan dipisahkan dari minyaknya dengan berbagai teknik biofisik.

Sehingga minyak yang tersisa memiliki titik asap yang tinggi sekitar 350 derajat fahrenheit. Virgin coconut oil ini dapat digunakan untuk menumis atau memanggang, tetapi tidak memungkinkan untuk digunakan menggoreng atau memasak dengan api besar, dilansir dari stylecraze.com.

Manfaat VCO untuk Kesehatan

Dilansir dari stylecraze.com, virgin coconut oil atau minyak kelapa murni memiliki sifat pelembap dan kandungan antioksidan yang sangat baik. Sehingga dapat mengatasi masalah kulit, infeksi mikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut manfaat yang diberikan dari virgin coconut oil:

Memperbaiki kulit

Virgin coconut oil dapat digunakan untuk memperbaiki kulit karena memiliki kandungan agen antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan penyembuhan luka. Sehingga menjadikan hampir semua minyak kelapa menjadi solusi untuk perawatan kulit yang sempurna. 

Virgin coconut oil dapat digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti eksim dan dermatitis atopik. Hal tersebut didukung dengan asam lemak yang terkandung dalam virgin coconut oil yaitu asam laurat (49%), asam miristat (18%), asam palmitat (8%), asam kaprilat (8%), asam kaprat (7%), asam oleat (6%), asam linoleat ( 2%), dan asam stearat (2%) yang secara efektif dapat menembus beberapa lapisan kulit. 

Selain itu, virgin coconut oil juga dapat meningkatkan penghalang kulit dan memberikan perlindungan UV. Serta membantu menyembuhkan luka atau bekas luka karena virgin coconut oil menghambat produksi senyawa proinflamasi.

Melindungi Dari Penyakit Karies Pada Gigi

Virgin coconut oil memiliki aktivitas antimikroba spektrum luas, sehingga dengan berkumur dengan menggunakan virgin coconut oil di mulut dapat menghilangkan bakteri dan jamur pada mulut. Kandungan asam laurat yang merupakan komponen aktif utama virgin coconut oil juga memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antimikroba sehingga dapat menjadikan virgin coconut oil menjadi alat bantu perawatan gigi yang murah dan aman.

Mengatasi infeksi jamur

Virgin coconut oil dapat mengatasi infeksi jamur karena kandungan asam laurat dan monolaurin yang dapat mengubah dinding sel mikroba. Selain itu, monolaurin yang terkandung juga dapat menembus sel dan mengganggu membran, ditambah aktivitas anti-inflamasi minyak yang dapat mengurangi keparahan infeksi jamur. 

Dapat mengurangi risiko kanker

Virgin coconut oil merupakan salah satu sumber makanan terbaik dari asam lemak dan memiliki aktivitas perlindungan yang lebih baik terhadap kanker payudara dan usus besar. Selain itu, menambahkan VCO pada makanan seseorang yang sedang menjalankan kemoterapi dapat meningkatkan status gizi, energi, dan metabolisme mereka karena asam laurat yang terkandung.

 

Manfaat Ekstra Virgin Coconut Oil untuk Kulit

Dilansir dari beintelligent.in, berikut manfaat yang diberikan virgin coconut oil bagi kulit:

  1. Ekstra Virgin coconut oil memiliki banyak asam lemak yang bermanfaat untuk memberikan sifat kelembapan untuk kulit kering.
  2. Ekstra Virgin coconut oil dapat membantu mengurangi bercak gelap pada kulit dan menjaga area warna kulit tidak merata seperti siku dan lutut. 
  3. Ekstra Virgin coconut oil menyembuhkan masalah kulit terkelupas atau pecah-pecah.
  4. Kandungan antioksidan yang kuat membantu ekstra Virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari kerusakan atau kusam. 

 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading