Sukses

Lifestyle

Manfaat VCO Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah salah satu minyak alami yang dikenal dengan banyak manfaatnya. Namun kamu perlu tahu kalau VCO itu berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya.

Sesuai namanya, ‘virgin’ berarti minyak ini berasal dari minyak kelapa murni yang pembuatannya tidak melalui proses pemanasan dalam suhu tinggi seperti minyak pada umumnya. Selain itu, VCO juga tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, ataupun proses pengurangan-penambahan kandungan tertentu.

Meskipun punya banyak manfaat, namun terkadang banyak orang masih bingung bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut. Ada yang beranggapan kalau manfaat dari VCO bisa didapatkan dengan diminum sebelum tidur. Namun apakah minum VCO sebelum tidur itu aman? Yuk cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil diperkaya asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak pada arteri.

Hal ini terbukti beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang mengonsumsi minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat VCO yang dikombinasikan dengan olahraga ringan dapat mendorong pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahan.

Studi menunjukan makan 15 sampai 30 gram virgin coconut oil per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya. Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat mencegah obesitas atau masalah berat badan berlebih.

3. Meredakan Kejang

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asam lemak memberikan efek peningkatan kadar keton dalam darah.

Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya mengurangi kejang pada anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan. Meskipun perlu dikaji lebih dalam lagi, namun beberapa peneliti mempercayai minyak VCO dapat mengatasi kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Mungkin kamu pernah menemukan kandungan VCO pada beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau make-up. Hal ini tidak mengherankan mengingat VCO memiliki kandungan antimikroba untuk membunuh kuman. Jika digunakan dengan benar minyak VCO juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, pada penelitian tabung reaksi juga menunjukan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur pada manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu khasiat menarik minyak kelapa murni lainnya adalah mampu mencegah rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan.

Sehingga secara tidak langsung juga berdampak terhadap penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan minyak VCO ini pada menu diet harian kamu.

6. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang jadi jarang buang air besar atau kurang dari tiga kali dalam seminggu. Tentunya kondisi ini dapat sangat mengganggu karena menyebabkan perut terasa begah.

Jika kamu punya masalah pencernaan, cobalah konsumsi minyak kelapa murni sekitar satu sampai dua sendok makan setiap hari.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya bagus untuk melindungi rambut dan kulit dari kerusakan, ternyata virgin coconut oil dapat dimanfaatkan untuk menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat.

Minyak ini dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Meskipun begitu kamu tetap harus sikat gigi dan berkumur secara rutin agar tidak ada plak atau sisa makanan yang menempel.

Manfaat VCO Untuk Kecantikan

1. Membantu Mengatasi Jamur dan Bakteri di Kulit

Penelitian Fatty Acids and Derivatives as Antimicrobial Agents menguji 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri. Penelitian tersebut membuktikan, asam laurat yang terdapat pada minyak VCO merupakan kandungan terefektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Itulah sebabnya, VCO sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kulit mulai dari folikulitis hingga kutu air.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Kandungan antibakteri dan anti-inflamasi dalam VCO membantu mengatasi jerawat dan radang pada orang yang mengalami penyakit eksim, psoriasis, hingga dermatitis kontak.

Meski demikian, ada beberapa orang yang merasa tidak cocok dengan manfaat VCO ini. Jadi sebaiknya, lakukan tes pada area kulit wajah yang tersembunyi terlebih dahulu. Contohnya di belakang telinga. Jika tidak ada reaksi yang timbul, seperti gatal, kemerahan, atau iritasi, maka Moms bisa melanjutkan penggunaan VCO untuk wajah.

3. Membantu Meringankan Luka Bakar

Minyak kelapa murni atau VCO terbukti efektif untuk membantu penyembuhan luka. Meski demikian, penyembuhan luka bakar tersebut efektif jika penggunaan minyak VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit.

4. Mencegah Kulit dari Dehidrasi

 

Dijelaskan oleh dr. Purvisha Patel, selaku Dermatologist, stratum corneum merupakan lapisan kulit teratas yang membantu mencegah kulit dari dehidrasi dan infeksi. Jika lapisan ini terkikis dan kondisinya menurun, bisa jadi akan menimbulkan reaksi infeksi, radang, dan kecenderungan mengalami radang kulit kronis menjadi lebih tinggi.

Hal ini pun diperjelas dan didukung oleh dr. Beth Goldst yang juga merupakan seorang Dermatologist. Ia mengatakan bahwa manfaat VCO dapat sangat dirasakan pada saat kulit sedang dalam keadaan kering dan dehidrasi.

5. Melembapkan Kulit Wajah yang Kering

Minyak ini kaya akan kandungan asam lemak yaitu asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat yang mampu menembus beberapa lapisan kulit.

Moms bisa mengandalkan minyak ini sebagai pembersih wajah, pelembap area mata, hingga pelembap kulit wajah saat malam hari.

Terkait dari kemampuan VCO untuk melembapkan kulit, healthline.com menjelaskan bahwa sebenarnya minyak VCO bersifat seperti 'amplop'. VCO akan melapisi kulit dan membantu mencegah kandungan air dalam kulit menguap.

6. Membantu Menyehatkan Rambut

Manfaat VCO selanjutnya adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut. Selain itu, VCO juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe.

Mengaplikasikan virgin coconut oil pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

VCO juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan rambut dari kerusakan, dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang.

 

Amankah VCO Diminum Sebelum Tidur?

Dilansir dari alodokter, untuk mendapatkan manfaat dari VCO kamu bisa meminumnya langsung, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pastikan kamu meminum VCO dari kemasan yang memang dipasarkan sebagai VCO yang bisa diminum. Kemudian minumlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan, jangan melebihi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan juga VCO yang kamu minum sudah lolos uji BPOM. Biasanya pada kemasannya sudah tercantum kalau produk tersebut sudah lolos uji BPOM. Selain itu, pastikan kalau VCO tersebut belum melewati tanggal kadaluwarsa dan tidak berbau tengik.

Kalau kamu punya kondisi medis tertentu yang mengharuskan kamu minum obat, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum rutin mengonsumsi VCO. Hal ini ditujukan untuk menghindari menurunnya efek obat karena adanya interaksi dengan VCO yang kamu minum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading