Sukses

Health

7 Manfaat Minyak Alami dari Minyak Kelapa hingga Tea Tree

Fimela.com, Jakarta Alam memang menyediakan banyak sumber daya yang dapat manusia manfaatkan untuk berbagai lini kehidupan, kecantikan dan kesehatan tubuh salah satunya. Bahan-bahan alami sudah terkenal sejak nenek moyang dulu berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah di tubuh. 

Beberapa minyak alami yang biasa kita temui adalah coconut oil, tea tree oil, dan argan oil yang sudah lumrah ditemukan di beberapa produk kecantikan dan kesehatan. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi dan terbukti nyata hasilnya membantu merawat kesehatan dan meningkatkan kecantikan.

Namun selain tiga contoh minyak alami di atas, berikut adalah 7 contoh minyak alami yang bagus untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh dilansir dari Radiance oleh WebMD.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit kering dan bekerja dengan melembapkannya. Biasanya kulit kering beresiko besar terkena infeksi dan bereaksi alergi. Ditambah lagi minyak kelapa dapat mengobati eksim. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menyegarkan kulit kepala dan tidak membuatnya berminyak atau kering.

Tea Tree Oil

Sering kita jumpai tea tree oil terdapat pada produk untuk wajah berjerawat. Sebab tea tree oil memang ampuh mengatasi jerawat. Jerawat merah dan meradang terjadi ketika ada bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit, lalu kandungan dari tea tree oil ini membunuh bakteri tersebut. Terbukti dari sebuah studi bahwa dia mampu mengobati jerawat dan meredakan peradangan.

Argan Oil

Minyak yang harganya sangat mahal ini kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, dimana zat ini berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Para ahli kuli juga mengatakan bahwa argan oil mengandung omega-3 atau lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen sehingga kulit wajah kenyal dan sehat. Argan oil juga cocok untuk segala jenis kulit wajah seperti berminyak, kering, kombinasi, maupun normal. Tidak hanya itu, argan oil juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan rambut yang sehat dan berkilau.

Chamomile Oil

Bunga chamomile biasanya dimanfaatkan untuk campuran teh yang dikenal mengandung banyak manfaat. Namun perlu diketahui juga bahwa minyak yang dihasilkan dari ekstrak bunga chamomile ini bermanfaat untuk kulit yang mana dapat menenangkannya. Ahli kulit menjelaskan bahwa minyak dari bunga chamomile juga bekerja sebagai antiradang dan antiseptik yang berarti mengurangi kemerahan, iritasi, dan resiko infeksi. 

Rosemary Oil

Minyak rosemary bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut, dimana dia bekerja untuk membuat rambut lebih tebal dan berkilau. Jadi sangat cocok digunakan bagi Sahabat Fimela yang memiliki kebotakan rambut di beberapa spot dan membuatnya penuh dan tebal hingga dapat menutupi kulit kepala. Sebuah studi juga menunjukkan minyak ini dapat mengatasi kerontokan dan mengurangi kepala gatal.

Olive Oil

Jika kamu mengeluhkan kuku tipis atau rapuh yang gampang patah, maka memanfaatkan minyak zaitun adalah solusi yang tepat. Caranya sangat sederhana, kamu cukup mengoleskan sedikit minyak zaitun ke kuku sebelum tidur. Minyak akan meresap ke kuku dalam semalam dan memberi nutrisi yang baik untuk kuku kamu. 

Sesame Oil

Mungkin akan terasa aneh saat mendengar rekomendasi berkumur dengan minyak. Namun begitu berkumur dengan minyak wijen nyatanya sangat bermanfaat untuk gigi dan gusi yang sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak wijen dapat mengurangi plak di gigi dan mengatasi radang gusi. Ditambah lagi minyak wijen dan menghilangkan mikroorganisme penyebab bau mulut.

Itu dia 7 minyak alami dan juga manfaatnya yang bisa mulai Sahabat Fimela gunakan. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading