Sukses

Beauty

Cara Efektif Tea Tree Oil Mengatasi Breakout pada Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Saat bicara tentang breakout, biasanya bahan obat yang paling banyak digunakan, akan menjadi yang paling mendapatkan perhatian. Asam salisilat dan benzoil peroksida bukan satu-satunya pilihan, ada juga tea tree oil yang terkenal dengan manfaat menghidrasi dan meminimalisir tampilan kerutan.

Tea tree oil adalah bahan alami yang telah terbukti secara ilmiah bisa membantu mengobati segala jenis jerawat, termasuk breakout. Ini adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman asli Australia yang dikenal sebagai Melaleuca Alternifolia.

Seperti banyak bahan alami dan nabati lainnya, tea tree oil memiliki sejarah panjang. Sudah menjadi obat tradisional yang digunakan oleh penduduk asli Aborigin selama berabad-abad, menghirup tea tree oil dikatakan bisa mengobati batuk dan mengoleskannya secara topikal bisa menyembuhkan masalah kulit, seperti dilansir dari byrdie.com.

Ada hampir 100 komponen dalam minyak ini, salah satu yang utama adalah senyawa yang dikenal sebagai Terpinen-4-ol. Senyawa ini memiliki semua hal-hal baik, seperti efek antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat.

Sifat-sifat inilah yang membuat tea tree oil menjadi pilihan baik untuk kulit yang rentan jerawat atau sedang mengalami breakout. Belum lagi, minyak ini juga non-komedogenik, yang tidak akan menyumbat pori-pori.

 

 

Manfaat tea tree oil untuk mengatasi jerawat

1. Membunuh bakteri

Jerawat disebabkan sebagian karena adanya bakteri p.acnes pada kulit. Tea tree pil memiliki spektrum aktivitas antimikroba yang luas, termasuk efektif melawan staphylococcus aureus dan juga p.acnes. Ini bahkan terbukti secara ilmiah, bahwa Terpinene-4-ol adalah bahan aktif dalam tea tree oil yang mengganggu kestabilan sel bakteri, pada dasarnya membunuhnya.

2. Anti-inflamasi

Tea tree oil juga mengurangi kaskade inflamasi yang merangsang peradangan dan kemerahan, manfaat utama untuk kulit yang sedang breakout. Konsentrasi 5% tea tree oil terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat ringan hingga sedang.

3. Mengatasi berbagai macam jerawat

Tea tree oil bisa bekerja pada jerawat komedonal dan jerawat inflamasi. Efek anti bakteri dan anti inflamasi juga bisa mengurangi jumlah lesi jerawat dan tingkat keparahan lesi ini.

Jika dibandingkan dengan benzoil peroksida, tea tree oil mungkin lebih lambat untuk bekerja, tapi memiliki efek samping yang lebih sedikit. Tea tree oil juga bersifat melembapkan, yang membedakannya dari benzoil peroksida topikal dan retinoid.

Manfaat lainnya

1. Anti virus dan anti jamur

Tea tree oil tidak hanya efektif melawan bakteri, tapi juga membantu mengurangi jamur dan virus di permukaan kulit.

2. Mengurangi ketombe

Mengingat potensi anti inflamasi dan anti jamurnya, tea tree oil juga disarankan untuk digunakan dalam menangani ketombe dan dermatitis seboroik.

3. Menyembuhkan luka kecil dan goresan

Tea tree oil juga mampu membunuh S. Aureus, sejenis bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada luka terbuka. Minyak ini juga meningkatkan aktivitas sel darah putih, membantu mengurangi waktu penyembuhan.

 

Cara mengaplikasikan tea tree oil

Tea tree oil bisa ditemukan dalam berbagai formulasi, termasuk toner, pelembap, facial wash, dan spot treatment. Tea tree oil bisa digunakan dengan obat jerawat topikal dan oral lainnya untuk meningkatkan kemanjuran.

Efek samping

Umumnya, tea tree oil bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang. Namun, karena ada risiko memicu reaksi alergi, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, kemerahan, bengkak, dan gatal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading