Sukses

Beauty

Inilah Jenis dan Cara Menghilangkan Jerawat di Tubuh yang Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Jerawat memiliki dua jenis, yaitu jerawat inflamasi dan jerawat non-inflamasi.

Dilansir dari verywellhealth.com pada Sabtu (8/1/2022), kebanyakan orang yang memiliki jerawat non-inflamasi biasanya memiliki jerawat dalam bentuk komedo putih dan komedo hitam atau blackheads. Jerawat jenis ini rentan terdapat di area seperti punggung, dada, bahu, bahkan bokong.

Di area-area tersebut rentan terjadi peradangan jerawat karena mengandung lebih banyak kelenjar sebaceous daripada bagian tubuh lainnya.

Tentu saja jerawat adalah masalah yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Terlebih lagi jika tumbuh di area yang tidak biasa.

Berangkat dari hal itu, berikut ini adalah jenis dan cara untuk menghilangkan jerawat di tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Jenis Jerawat Tubuh

Terdapat beberapa jenis jerawat di tubuh, di antaranya:

a. Komedo (Whiteheads), bisa juga disebut komedo tertutup. Komedo ini berkembang ketika folikel yang tersumbat tetap tertutup dan ada di bawah kulit, yang membentuk benjolan putih.

b. Komedo hitam (Blackheads), bisa disebut komedo terbuka. Komedo ini terletak di permukaan kulit terbuka, yang disebabkan oleh reaksi antara sebum dan udara.

c. Papula, lesi jerawat yang muncul sebagai benjolan kecil berwarna merah muda, terkadang lunak. Jerawat ini tidak mengandung nanah dan terbentuk ketika folikel rambut yang tersumbat meradang.

Jenis Jerawat Tubuh

d. Pustula, adalah papula berisi nanah putih atau kuning dengan dasar memerah yang disebabkan peradangan pada folikel rambut yang tersumbat. Penumpukan sel darah putih menyebabkan pustula terisi nanah.

e. Nodul, terbentuk karena ketika bakteri terperangkap dalam folikel rambut yang berkembang jauh di bawah permukaan kulit, mengeras dan membentuk nodul besar yang menyakitkan. Lokasi lesi yang lebih dalam menyebabkan kerusakan jaringan, menghasilkan respon inflamasi.

f. Kista, lesi jerawat berisi nanah yang juga terbentuk ketika bakteri terperangkap dalam folikel rambut. Dengan jerawat kistik, infeksi meluas lebih dalam ke kulit, menghasilkan benjolan menyakitkan yang dapat menyebabkan bekas luka permanen.

 

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Lakukan perawatan atau mandi untuk perawatan jerawat tubuh

Pilih sabun mandi yang mengandung asam hidroksi atau benzoil peroksida untuk menekan pertumbuhan bakteri, penumpukan kulit mati, dan produksi minyak berlebih.

Kamu bisa menemukan sabun mandi untuk jerawat yang mengandung bahan ini di sebagian besar toko obat.

 

2. Gunakan losion atau spray obat untuk jerawat tubuh

Optimalkan perawatan dengan menggunakan losion atau spray obat untuk perawatan jerawat tubuh secara rutin.

Spray bagus digunakan untuk di tempat-tempat yang sulit dijangkau di punggung. Pilihlah produk yang mengandung benzoil peroksida.

 

3. Pilih produk perawatan mengandung Asam Alfa Hidroksi (AHA)

Asam Alfa Hidroksi (AHA) dapat membantu meningkatkan efektivitas produk perawatan jerawat yang dijual bebas.

Carilah produk perawatan yang mengandung AHA, seperti asam glikolat atau asam laktat. Asam alfa hidroksi membantu mempercepat pergantian sel, mengelupas kulit dengan cepat, dan mengurangi jumlah penyumbatan pori-pori.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading