Sukses

Beauty

Hindari 8 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kantung Mata

Fimela.com, Jakarta Memiliki kantung mata atau lingkaran di bawah mata, membuat kamu akan terlihat kusam atau pucat. Dilansir dari mayoclinic.org, kantung mata merupakan pembengkakan ringan di bawah mata yang biasa terjadi karena berbagai faktor.

Seperti bertambahnya usia yang membuat jaringan di sekitar mata dan otot penopang kelopak mata melemah. Tak hanya itu, lemak yang berpindah ke kelopak bagian bawah dan cairan yang menumpuk dapat membuat mata bagian bawah menjadi bengkak.  

Dilansir dari vogue.com, kantung mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

Tidak menggunakan sunscreen

Kelopak mata atas dan bawah memiliki kulit yang sangat tipis. Sehingga sangat rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahari, akibat kehilangan elastisitas dan kulit pucat yang kusam. Oleh karena itu, sunscreen sangat penting untuk wajah dan mencegah munculnya kantung mata.

Mencuci wajah dengan air panas

Mencuci wajah dengan air panas dapat memperburuk bengkak pada bawah mata sehingga kamu dapat mengompresnya dengan menggunakan es batu dingin. Supaya mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar. 

Membersihkan Area Bawah Mata

Menggosok area kulit mata untuk menghilangkan eyeliner dan maskara dapat menyebabkan kerusakan kapiler dan menimbulkan peradangan serta memperburuk lingkaran hitam. 

Tidur dengan kepala menunduk 

Tidur dengan gaya tengkurap dengan kepala rendah dapat menyebabkan darah menggenang di bawah mata yang menimbulkan kantung mata terlihat bengkak dan buncit. 

Merokok

Asap dari rokok memiliki oksidan yang memecah kolagen pada elastin, sehingga berpotensi merusak jaringan halu di sekitar mata. Tak hanya itu, nikotin pada rokok juga meningkatkan kadar vasopresin yang menyebabkan vasokonstriksi sehingga menghambat sirkulasi darah. Kurangnya mikrosirkulasi juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kantung mata. 

Tidak minum air yang cukup

Pastikan tubuh tetap terhidrasi, karena jika tubuh mengalami dehidrasi dapat menyebabkan jaringan menjadi lebih tipis dan rapuh sehingga membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat.

Kekurangan vitamin

Kekurangan zat besi dan vitamin B12 dapat mengakibatkan oksigenasi yang tidak memadai sehingga menyebabkan lingkaran hitam berkembang. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi zat besi yang cukup karena dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin berfungsi yang berfungsi membawa oksigen ke sel. 

Mengaplikasian retinol yang berlebihan

Penggunaan retinol dalam jangka panjang akan membuat kulit di sekitar mata menjadi menipis dan menghasilkan lingkaran merah di sekitar mata yang berubah menjadi gelap ketika sembuh.

 

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Dilansir dari byrdie.com, terdapat beberapa cara mengatasi kantung mata:

  1. Menggunakan sendok dingin. Dengan menaruh dua buah sendok teh atau makan pada freezer dan gunakan setelah beberapa dengan menekankan pada mata beberapa menit. Hal tersebut, dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut.
  2. Gunakan gel mata depuffing dengan kafein karena gel mata dengan bahan aktif seperti kafein, licorice, dan antioksidan sangat membantu dalam mengurangi kantung mata.
  3. Tetap terhidrasi.
  4. Menggunakan rol lembut untuk meningkatkan drainase limfatik.
  5. Melakukan pijat wajah tanpa menggunakan pelembap mata sehingga kamu dapat menempuk lembut area mata.
  6. Istirahat dengan cukup. Sebaiknya setiap orang mendapatkan 8-10 jam per malam untuk membantu pengendalian bengkak pada mata karena kekurangan tidur juga dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata yang semakin parah. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading