Sukses

Beauty

7 Bahan Alami Untuk Membasmi Jerawat Membandel

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi:

  • Produksi minyak (sebum) yang berlebihan
  • Tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati
  • Bakteri
  • Peradangan (inflamasi)

Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Jerawat umumnya bisa diatasi dengan menggunakan serangkaian produk perawatan wajah. Namun ada kalanya jerawat terus berdatangan padahal sudah menggunakan skincare. Kamu bisa coba berbagai bahan alami berikut ini untuk membantu proses mengatasi jerawat.

1. Madu

Sahabat Fimela pasti sudah paham kalau madu memang punya banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Nah tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Sifatnya yang anti-bakteri mampu menghempaskan berbagai bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu tinggal gunakan sebagai masker, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Gunakanlah madu murni yang tidak mengandung campuran apapun ya, Sahabat Fimela.

2. Kayu Manis

Kandungan dalam kayu manis memiliki manfaat untuk meredakan berbagai iritasi, termasuk juga iritasi kulit akibat jerawat. Selain itu kayu manis juga dapat mengangkat sel kulit mati dan menutrisinya sehingga wajah terlihat lebih cerah dan bekas jerawat perlahan tersamarkan.

3. Kunyit

Kunyit mengandung antibakterial dan antiseptik yang merawat kulit berjerawat dengan baik. Selain itu kunyit juga mencerahkan area bekas jerawat pada wajah terlihat bersih dan segar.

4. Minyak Kelapa

Melansir dari laman alodokter.com, minyak kelapa dipercaya memiliki segudang manfaat buat kesehatan maupun kecantikan salah satunya yakni mengatasi masalah jerawat. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalam minyak kelapa, diduga kuat bisa mengatasi peradangan serta melawan bakteri.

5. Belimbing Wuluh

Kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh membantu kamu untuk menyembuhkan jerawat pada kulit. Caranya mudah cukup ambil 2-3 belimbing wuluh, lalu haluskan. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air biasa. Lakukan 2 kali dalam seminggu maka kulit wajah kamu pun akan bebas dari jerawat.

6. Garam Laut

Dilansir dari womenshealthmag.com, masker garam laut (sea salt) dan madu bisa jadi masker yang ampuh untuk melembutkan kulit wajah sekaligus mengatasi jerawat serta iritasi. Tak hanya itu saja, masker ini pun bisa bantu menyeimbangkan produksi minyak dan menjaga kelembapan kulit.

7. Lidah Buaya

Mungkin kamu sudah paham kalau lidah buaya memang ampuh mengatasi jerawat. Berbagai macam penelitian pun telah menyebutkan kalau lidah buaya memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mampu meredakan iritasi akibat jerawat, serta anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun bagaimana sih, penggunaan lidah buaya yang benar agar jerawat dapat teratasi secara maksimal?

1. Gunakan gelnya

Cara pertama menghilangkan jerawat dengan lidah buaya adalah dengan menggunakan gel yang ada pada lidah buaya. Sebelum menggunakan gel lidah buaya, pastikan wajahmu bersih terlebih dahulu. Lalu tinggal oleskan gel lidah buaya tersebut ke wajahmu. Biarkan semalaman, baru bilas keesokan harinya ketika bangun tidur.

2. Masker lidah buaya dan lemon

Kamu juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan berbagai bahan lainnya. Salah satunya adalah lemon. Caranya campurkan gel lidah buaya dan perasan lemon dengan perbandingan 8:1.

Setelah itu, oleskan masker lidah buaya dan lemon ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas. Hindari bagian dekat mata untuk mencegah iritasi pada bagian tersebut.

3. Masker lidah buaya, madu dan kayu manis

Selain dengan lemon, kamu juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan madu dan kayu manis. Madu dan kayu manis mampu meredakan iritasi akibat jerawat dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Caranya mudah kok. Campurkan dua sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya, dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Gunakan campuran masker ini di wajah atau kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit. Baru bilas dengan air hangat

4. Masker lidah buaya dan tea tree oil

Gel lidah buaya juga bisa kamu campurkan dengan tea tree oil. Namun pastikan kulitmu tidak sensitif dengan minyak yang satu ini ya.

Caranya campurkan air, gel lidah buaya, dan dua sampai tiga tetes minyak tea tree. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah selama beberapa menit. Lalu segera bilas dengan air bersih.

5. Campuran lidah buaya, gula dan minyak kelapa

Kalau campuran ketiga bahan ini bisa kamu jadikan scrub. Caranya tinggal campurkan ketiga bahan ini dengan perbandingan 1:1.

Jika sudah tercampur rata, usapkan perlahan ke wajah. Jangan terlalu keras ya, karena scrub yang terlalu keras justru bisa membuat kulitmu yang berjerawat jadi tambah terluka.

Itulah 7 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membasmi jerawat yang membandel. Namun sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, pastikan kulitmu cocok dengan berbagai bahan tersebut ya, Sahabat Fimela.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading