Sukses

Beauty

Kaya Akan Antioksidan, Manfaat Masker Teh untuk Perawatan Wajah dan Mata Serta Cara Membuatnya

Fimela.com, Jakarta Teh menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Green tea, chamomile tea, dan black tea  adalah macam-macam teh yang sering dikonsumsi oleh banyak. Tidak hanya karena rasanya yang enak dan membuat badan menjadi nyaman, tetapi juga banyak sekali khasiat lainnya yang diberikan oleh teh.

Selain menjadi salah satu minuman favorit, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Teh mengandung bahan EGCG, senyawa yang mampu melawan efek polusi akibat kerusakan akibat sinar matahari dan bahan kimia. Terlihat saat ini teh menjadi bahan populer untuk dipakai oleh beberapa produk perawatan kulit seperti masker wajah. 

Terbuat dari daun segar tanaman Camellia Sinensis, teh telah digunakan hampir diseluruh penjuru dunia untuk berbagai pengobatan herbal. Kandungan kafein dan polifenol pada teh yang memberikan deretan manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat teh tidak jauh-jauh dari meningkatkan fungsi otak hingga membantu menurunkan berat badan.

Menggunakan teh untuk perawatan wajah, khususnya area kelopak mata adalah cara yang murah dan mudah dilakukan di rumah. Telah terbukti dengan menggunakan kompres dingin menggunakan kantong teh bisa berikan perubahan untuk area kelopak mata. Nah, Fimela sudah merangkum manfaat dari penggunaan teh untuk perawatan wajah dan kelopak mata, simak dibawah ini!

1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Dikutip dari Health Line, antioksidan EGCG yang berlimpah pada teh hijau mampu untuk meremajakan sel-sel kulit mati. Antioksidan ini berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus di area mata, serta membuat kulit kusam menjadi tampil lebih sehat. Selain kandungan antioksidan yang bekerja untuk wajah, vitamin B-2 yang terdapat pada teh hijau bermanfaat guna membuat kulit tampak lebih awet muda karena vitamin tersebut memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen yang populer khasiatnya untuk meningkatkan kekencangan kulit.

2. Mengurangi risiko penyakit kanker kulit

Kanker kulit cenderung disebabkan karena radikal bebas yang diakibatkan dari polusi ekstrim dan paparan UV. Radikal bebas adalah senyawa yang bisa membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit, terutama merusak DNA yang bisa menyebabkan kanker kulit. Kandungan antioksidan pada teh disini berperan untuk melawan radikal bebas tersebut dengan kandungan polifenol dan katekin dengan senyawa EGCG atau epigallocatechin gallate serta ECG atau epicatechin gallate. Dua jenis senyawa tersebut berpotensi tinggi untuk melindungi dari radikal bebas akibat paparan UV berlebihan.

3. Sebagai pengobatan jerawat

Pada dasarnya, kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba pada teh, teh hijau khususnya, memiliki segudang khasiat baik untuk wajah. Selain untuk mencegah tanda-tanda penuaan, teh hijau juga menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat dan cocok untuk jenis kulit berminyak.

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau memiliki deretan manfaat untuk membantu mengurangi kadar sebum pada wajah, yang menjadi faktor utama datangnya jerawat. Tak hanya itu, polifenol juga menjadi alat yang berguna untuk mengendalikan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

4. Mengatasi kemerahan dan iritasi

Lagi-lagi sifat anti-inflamasi dalam teh yang bermanfaat untuk mengurangi iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Teh hijau efektif untuk menjadi pengobatan kondisi dermatologis, seperti psoriasis, rosacea, dermatitis, ketiganya meninggalkan rasa gatal dan mengiritasi kulit. Berkat sifat anti-inflamasi pada teh hijau, berperan untuk mengurangi rasa gatal dan meredakan iritasi tersebut. 

5. Mengurangi kantong mata dan lingkaran hitam

Kantong mata yang besar banyak disebabkan karena kurang tidur, stres, atau makanan tinggi garam. Dilansir dari Medical News Today, teh bisa menjadi pengobatan untuk mengurangi kantong mata yang membengkak. Dengan menggunakan kompres kantong teh yang dingin, mampu memperbaiki tampilan bengkak di bawah mata, selain itu juga bisa mengurangi lingkaran hitam di area kelopak mata. Lingkaran hitam di area mata biasa dikarenakan pembuluh darah yang melebar, meletakkan teh celup yang dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit.

Tahapan Membuat Masker Wajah Berbahan Teh

Bahan yang dibutuhkan cukup mudah karena cenderung tersedia semua di dapur rumah kamu. Siapkan satu kantong teh celup, soda kue, madu, dan air. Seduh secangkir teh celup dan biarkan kantong teh terendam selama sekitar satu jam. Jika sudah dingin, buka kantong teh celup dan pisahkan ampas daun teh hijau. Kemudian campurkan ampas teh dengan soda kue dan madu untuk membuat dasar masker wajah. Konsistensinya jangan terlalu kental dan tidak terlalu encer. 

Setelah bahan sudah siap, oleskan masker secara merata ke seluruh wajah yang bersih dan pijat dengan lembut untuk mengeluarkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Disarankan untuk melakukan ini satu sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading