Sukses

Beauty

Potret Nenek 106 Tahun dari Filipina Jadi Model Sampul Vogue Tertua

Fimela.com, Jakarta Nenek berusia 106 tahun asal Filipina, Apo Whang-Od atau Maria Oggay memecahkan rekor sebagai model sampul majalah Vogue tertua. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Judi Dench, aktris 85 tahun yang tampil sebagai model sampul Vogue Inggris pada 2020.

Pose Whang-Od ditampilkan untuk majalah Vogue Filipina edisi April 2023 yang mengangkat topik khusus seputar isu kecantikan. Namun, siapakah sosok Whang-Od?

Berasal dari Buscalan, sebuah desa pegunungan di provinsi Kalinga Filipina, Whang-Od sendiri dikenal sebagai mambabatok, seniman tato tradisional Kalinga tertua sekaligus terakhir di generasinya. 

Whang-Od populer karena menguasai teknik tato tradisional berusia 1.000 tahun bernama “batok”, Teknik tato ini menggunakan metode penyadapan tradisional dengan tongkat bambu dan duri dengan air serta batu bara. Dia mulai mempelajari metode ini dari ayahnya pada usia 16 tahun.

Meski ia seorang mambatok terakhir, tapi Whang-Od sudah melatih beberapa generasi penerus, sehingga ia tidak khawatir jika seni tato tradisional tersebut akan punah.

Berpose Sambil Ekspos Tato

Pada bocoran sampul yang diunggah Vogue Filipina yang diambil oleh fotografer Artu Nepomuceno, Whang-Od tampak tersenyum sambil mengangkat dagunya.

Dia mengenakan tank top hitam dan rok merah yang mengekspos tato geometris pada tubuhnya. Penampilan Whang-Od dilengkapi dengan beberapa aksesori bergaya etnik yang cantik, serta disempurnakan pulasan makeup dengan lipstik nuansa pink di bibir-nya.

“Digembar-gemborkan sebagai mambabatok terakhir di generasinya, dia telah menanamkan simbol-simbol suku Kalinga—yang menandakan kekuatan, keberanian, dan kecantikan—pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan,” tulis Vogue Filipina di unggahan Instagramnya.

Cover terbaru ini menuai pujian karena dianggap sebagai gebrakan positif untuk representasi budaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading