Sukses

Beauty

6 Tips Memilih Skincare untuk Ibu Hamil yang Aman dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Kehamilan adalah momen yang penting dan spesial bagi perempua. Selain memperhatikan pola makan dan kesehatan fisik, perawatan kulit juga menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Melansir dari American Pregnancy Association, pada masa kehamilan, kulit cenderung lebih sensitif dan rawan terhadap perubahan hormon, sehingga memilih produk skincare yang aman dan berkualitas untuk ibu hamil menjadi sangat penting. Namun, produk skincare seperti apa yang aman digunakan untuk ibu hamil?

Berikut ini adalah beberapa tips memilih skincare untuk ibu hamil yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Pilih skincare yang ringan dan lembut

Kulit ibu hamil cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, pilihlah produk skincare yang memiliki tekstur lembut dan tidak mengandung bahan-bahan keras seperti alkohol dan fragrance. Selain itu, memilih produk skincare dengan tekstur yang ringan juga dapat membantu menghindari penumpukan minyak pada kulit.

2. Hindari bahan-bahan berbahaya

Ada banyak bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam produk skincare yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena dapat berdampak buruk pada janin. Melansir dari Mayo Clinic, beberapa bahan yang perlu dihindari oleh ibu hamil antara lain retinoid, salisilat, paraben, sodium lauryl sulfate (SLS), dan sebagainya. Sebaiknya hindari pula produk skincare yang mengandung pewangi buatan dan pewarna sintetis karena dapat memengaruhi perkembangan janin.

Pentingnya menggunakan sunscreen selama masa kehamilan

3. Gunakan produk skincare yang mengandung SPF

Dilansir dari BabyCenter, selama kehamilan, kulit akan cenderung lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit dan dapat memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk skincare yang mengandung SPF serta aman digunakan oleh ibu hamil. Dengan memakai produk skincare yang mengandung SPF dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

4. Perhatikan label pada kemasan

Sebelum membeli produk skincare, pastikan untuk membaca label terlebih dahulu pada setiap kemasannya. Ada banyak produk skincare di pasaran yang memang ditujukan untuk ibu hamil dan aman digunakan selama kehamilan. Apabila kamu menemukan produk skincare yang memiliki label "hypoallergenic" atau "non-comedogenic", artinya produk tersebut telah diuji dan aman digunakan oleh orang dengan kulit sensitif termasuk ibu hamil.

5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Sebelum membeli produk skincare, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa terlebih dahulu. Produk skincare yang sudah kadaluarsa tidak hanya kehilangan efektivitasnya, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi dan bahaya bagi kesehatan kulit.

Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter kandungan

6. Konsultasikan dengan dokter kandungan

Sebelum menggunakan produk skincare selama masa kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa produk skincare yang akan digunakan aman untuk ibu hamil dan tidak membahayakan kesehatan janin. Selain itu, dokter kandungan juga akan memberikan saran terkait produk skincare yang cocok dan terbaik bagi ibu hamil.

Demikian tips memilih skincare untuk ibu hamil yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Akan tetapi, memilih produk skincare yang aman dan berkualitas juga sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Selain itu, pastikan untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang dan menjaga kesehatan fisik serta emosional selama masa kehamilan. 

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading