Sukses

Beauty

5 Tips Agar Kulit Tetap Terhidrasi Saat Puasa Ramadan agar Glowing Saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Berpuasa memang menjadi kewajiban untuk umat Muslim selama bulan Ramadan, tetapi jangan sampai membuat kamu lupa untuk merawat diri. Melakukan perawatan untuk kulit selama puasa merupakan hal yang penting dan menjadi keharusan. Karena selama berpuasa, kamu akan membatasi konsumsi makanan dan minuman membuat tubuh menjadi dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering. 

Oleh karena itu, kita perlu merawat kulit supaya tetap glowing dan ternutrisi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kekurangan asupan makanan dan minuman mungkin akan membuat kamu menjadi kekurangan energi, sehingga malas untuk bergerak. Namun, kamu harus melawan rasa malas itu dengan tetap merawat kulit wajah.

Melansir dari en.vogue.me, berikut beberapa tips utama yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap bersinar dan sehat selama berpuasa:

  • Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas perawatan kulit harian.
  • Mengubah produk perawatan kulit saat terjadinya perubahan pola makan atau tidur atau perubahan cuaca.
  • Menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.
  • Menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat sehingga dapat membuat kulit tetap terhidrasi.
  • Mengosumsi makanan dengan bijak saat sahur dan berbuka puasa, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sayuran, dan kacang-kacangan serta hindari makanan berminyak, cepat saji, dan gula rafinasi. 

Cara Menghidrasi Kulit Selama Puasa

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kulit tetap terhidrasi selama berpuasa:

Kelola asupan cairan tubuh 

Pastikan kamu meminum dua gelas air saat sahur dan berbuka serta empat gelas air di malam hari. Selain itu, hindari minuman berkarbonasi dan berkafein yang cenderung akan membuat kamu mengalami dehidrasi. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai pola makan sehat juga dapat membuat kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.

Membersihkan wajah secukupnya 

Membersihkan wajah secara berulang-ulang membuat kulit lebih mudah dehidrasi sehingga sebaiknya kamu membersihkan wajah dua kali dalam sehari yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, hindari menggunakan air panas karena cenderung membuat kulit dehidrasi. 

 

Melembapkan kulit dengan benar

Gunakan produk pelembab yang sesuai dengan kulit kamu dan pastikan berbahan dasar susu karena memiliki kandungan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menumbuhkan yang baru. Pastikan kamu mengujinya terlebih dahulu kepada kulit selama tiga hari dengan menaruhkannya pada beberapa area sensitif untuk mencegah terjadinya alergi.

Melakukan perawatan terhadap bibir

Bibir tentu akan cenderung kering dan pecah-pecah saat bulan puasa karena tidak mengonsumsi air, tetapi kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan madu alami. Caranya dengan mengoleskan madu alami pada bibir dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan air. Kamu dapat melakukan hal tersebut setiap malam sebelum tidur. Tak hanya melembapkan, madu juga dapat mencerahkan kulit bibir. 

Menggunakan Sun Screen

Pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet gelombang panjang (UVA) dan ultraviolet gelombang pendek (UVB)  yang dapat menyebabkan bintik-bintik coklat pada kulit. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading