Sukses

Beauty

Bukan Hanya Stress Saja, Ini Gaya Hidup Nggak Baik Lainnya yang Bisa Sebabkan Permasalahan Ketombe Pada Kulit Kepala

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kepala berketombe tentu sangat bikin nggak nyaman. Butiran-butiran putih kecil bisa saja jatuh bertaburan ke mana-mana dan membuat penampilan jadi nggak enak dipandang. Belum lagi karena ketombe bisa membuat kulit kepala gatal-gatal sampai bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski ketombe merupakan permasalahan yang lazim terjadi, namun nggak banyak orang yang tahu apa saja penyebabnya. Banyak yang mengatakan bahwa ketombe muncul akibat rasa stress yang tinggi dan nggak terkontrol. Padahal, masih ada beberapa gaya hidup nggak baik lainnya yang juga bisa menyebabkan ketombe, lho. 

Dilansir dari laman healthline, berikut gaya hidup yang berpotensi sebabkan ketombe pada kulit kepala. 

Suka Malas Keramas

Orang-orang yang jarang atau sering menunda keramas biasanya lebih berisiko terkena permasalahan ketombe daripada mereka yang rutin mencuci rambut. Pasalnya, kulit kepala dan rambut adalah area tubuh yang rentan menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika nggak dicuci dengan bersih secara rutin, maka bukannya nggak mungkin jika hal-hal tersebut akan menyebabkan berbagai permasalahan mengganggu, termasuk pula ketombean.

Oleh karena itu, jadwalkan cuci rambut dan kulit kepala, minimal 3 kali dalam seminggu, ya. Dengan begitu, minyak berlebih, tumpukan kulit mati, bakteri, serta kotoran-kotoran yang menempel di area kepala bisa dibersihkan dan kamu pun bisa terbebas dari masalah ketombe yang menyebalkan.

Sering Menyantap Makanan yang Kurang Bernutrisi

Saat ini memang sudah banyak varian makanan yang enak dan mengenyangkan serta dapat ditemukan di mana-mana. Namun, tahukah kamu jika sering menyantap makanan yang nutrisinya kurang bisa menyebabkan permasalahan kulit kepala, seperti ketombe? Yup, ini bisa saja terjadi karena tubuh kekurangan zat-zat penting yang mampu menjaga sistem imunitas. Alhasil, hal ini pun jadi akan meningkatkan kemungkinan munculnya ketombe secara signifikan.

Oleh karenanya, upayakanlah untuk selalu berhati-hati dan menjaga pola makan yang sehat. Jangan sering menyantap makanan yang kurang bergizi, seperti junk food atau instant food. Sebaliknya, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan aneka santapan bergizi tinggi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan sebagainya.

Terlalu Sering Terpapar Debu dan Sinar Matahari

Nggak banyak yang tahu kalau sering terpapar debu dan sinar matahari dapat memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala dan rambut. Sebab, panasnya sinar matahari sendiri mampu membuat permukaan kepala menjadi lembab, karena kamu pun sudah pasti berkeringat. Ditambah dengan debu yang berterbangan bebas dan menempel, membuat kondisi kulit kepala dan rambut menjadi semakin parah.

Apabila dibiarkan terus-menerus dan nggak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kulit kepala dan rambut yang sudah terdampak tersebut malah bisa berisiko rusak dan sebabkan permasalahan, salah satunya ketombe. Untuk itu, perhatikan selalu kebersihan dan kesehatan di sekitar area kepala agar dapat terbebas dari ketombe yang bikin penampilan jadi nggak maksimal.

Meskipun memiliki permasalahan ketombe, tapi kamu nggak perlu khawatir lagi. Pasalnya, dengan CLEAR Ice Cool Menthol, masalah ketombe basah dan gatal bisa disikat habis tanpa sisa. Ini semua tentunya berkat Piroctone Olamine yang terkandung di dalamnya. Selain itu, CLEAR Ice Cool punya kandungan Menthol Niacinamide yang berguna untuk melindungi rambut dari ketombe dan menguatkan lapisan kulit kepala. Terakhir, produk ini juga dilengkapi dengan Menthol yang ampuh berikan kesegaran sepanjang hari dan lawan ketombe penyebab gatal. 

Kabar menariknya, baru-baru ini, CLEAR Ice Cool Menthol mengeluarkan sebuah video musik dari hasil kolaborasinya bersama Mahalini dan Laleilmanino. Video musik ini begitu inspiratif karena menceritakan tentang rasa insecure seseorang saat melawan stress yang dimiliki. Pengin tahu seperti apa itu? Cek saja langsung musik videonya dengan klik di sini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading