Sukses

Beauty

4 Cara Terbaik Menggunakan Pelembap Wajah

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang terlihat cerah dan ternutrisi tentu bukan hal yang mudah. Kamu perlu untuk melakukan perawatan wajah. Perawatan wajah menjadi hal yang penting bagi setiap orang terutama perempuan. Selain itu, bagi kamu yang memiliki aktivitas seharian di luar ruangan, jangan sampai kamu lupa untuk meremajakan kembali kulit wajah yang sudah terpapar matahari dan debu atau kotoran di jalan.

Panas matahari juga dapat membuat kulit menjadi dehidrasi dan kering, terutama beberapa belakangan ini suhu yang cukup ekstrim menyerang beberapa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, wajah perlu menggunakan skincare dan sunscreen supaya kulit terlindungi dengan baik. Namun, tak hanya sunscreen, pelembap juga penting untuk wajah yang kering dan dehidrasi akibat suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Dilansir dari neostrata.com, pelembap wajah merupakan krim atau salep yang diformulasikan dengan emolien dan memberikan manfaat untuk kulit supaya tetap terhidrasi. Pelembab biasa juga menjadi salah satu rangkaian dari skincare. Dalam memilih pelembab juga pastikan sesuai dengan tipe kulitmu supaya dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Cara terbaik menggunakan pelembap

Dilansir dari healthline.com, dalam memilih pelembap pastikan mengandung asam hialuronat, gliserin, ceramide, SPF, dan noncomedogenic. Selain itu, bahan oklusif, humektan, dan vitamin dalam pelembap juga dapat menjadi pertimbangkan dalam memilih pelembab untuk wajah. 

Selain memilih pelembab yang sesuai, pastikan juga kamu melakukan langkah yang benar untuk mengaplikasikan pelembap. Dilansir dari realsimple.com, berikut beberapa cara terbaik untuk menggunakan pelembap:

Mencuci wajah

Sebelum menggunakan pelembap, pastikan kamu mencuci wajah terlebih dahulu. Pertama, kamu dapat menggunakan pembersih yang lembut dan bernutrisi untuk menghilangkan keringat, kotoran, minyak, makeup, dan produk perawatan kulit yang tertinggal. Setelah itu, kamu dapat mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan tipe kulit. Jika sudah, keringkan wajah dengan lembut. Pastikan selalu membersihkan kulit dengan benar sebelum menggunakan pelembap.

Menerapkan produk perawatan kulit lainnya dari paling ringan ke paling berat

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan rutinitas melakukan skincare secara lengkap seperti mulai dari toner, serum, essence, atau produk perawatan lainnya, pastikan kamu mengaplikasinya dengan urutan yang paling ringan hingga berat saat kulit masih dalam kondisi lembap. Namun, skincare tersebut tidak digabungkan dengan penggunaan sunscreen dan makeup. Jika kamu menggunakan masker wajah atau pengelupasan kulit, skincare dapat dilakukan setelah pembersihan perawatan.

Mengaplikasikan pelembap

Setelah menggunakan produk perawatan kulit lainnya, kamu dapat mengaplikasikan pelembap pada wajah. Pastikan pelembap menjangkau keseluruhan wajah termasuk telinga, garis rambut, leher, dan decolletage. Berikut beberapa cara terbaik mengaplikasikan pelembap: 

  1. Sebaiknya mengoleskan pelembap pada kulit yang lembap karena dapat mengunci kelembapan.
  2. Jangan menakan keras atau menggosok saat pengaplikasian.
  3. Mengoleskannya dengan gerakan ke atas untuk menciptakan efek pengangkatan yang halus.
  4. Pengaplikasian krim sebaiknya dilakukan dengan cara menepuknya dengan lembut ke kulit. Pelembab berbahan dasar air sebaiknya dioleskan dengan gerakan melingkar hingga benar-benar terserap.

Menggunakan sunscreen dan makeup

Setelah rangkain skincare dan pelembap telah diaplikasikan pada wajah. Kamu dapat menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV sebelum menggunakan makeup. Setelah semuanya telah digunakan, baru kamu dapat menggunakan makeup jika ingin berpergian atau kebutuhan lainnya. Namun, saat malam hari, kamu tidak perlu menerapkan sunscreen dan makeup. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading