Sukses

Beauty

4 Cara Mudah Merawat Rambut Setelah Diwarnai agar Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Agar penampilan tidak membosankan, mewarnai rambut bisa menjadi suatu pilihan. Kamu bisa mewarnai rambut mulai dari warna yang aman, sampai warna yang ekstrim. Selain ingin merubah penampilan, ada pula orang yang mewarnai rambut sebagai cara untuk melepas stres. 

Saat rambut diwarnai, artinya kamu menaruh bahan-bahan kimia pada rambutmu, kecuali jika kamu menggunakan cat yang berbahan vegan. Walaupun tidak berbahaya, namun rambut rentan rusak jika tidak dirawat dengan benar. 

Jika kamu ingin memiliki rambut yang menawan dan tetap sehat, kamu harus rutin memberi perawatan setelah pewarnaan. Dengan merawat rambut yang diwarnai, kamu menurunkan resiko perusakan rambut. Lantas, bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

1. Memilih Shampoo yang Tepat

Agar rambut tidak mudah rusak dan kering setelah diwarnai, penting untuk memilih shampoo yang tepat. Hindari penggunaan shampoo yang dapat mengeringkan rambut karena akan membuat rabut kering dan melunturkan cat rambut.

Pilihlah shampoo khusus rambut pewarna. Shampoo tersebut biasanya akan menyeimbangkan pH pada rambut. Selain itu, rambut akan ternutrisi dan terhidrasi dan dapat mempertahankan warna rambut.

2. Memakai Kondisioner

Saat keramas, jangan hanya menggunakan shampoo saja. Gunakan juga kondisioner agar menjaga kelembapan rambut. Kondisioner biasanya mengandung minyak dan kandungan penghidrasi lainnya yang dapat melindungi warna agar tidak pudar. Selain itu dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan lembut.

Kamu juga bisa memakai kondisiner yang tidak harus dibilas. Jenis kondisioner satu ini memiliki kandungan yang akan membentuk lapisan pelindung pada atas rambut. Dengan produk tersebut, rambutmu akan terlindungi dari paparan sinar matahari yang berlebih.

3. Memakai Serum Rambut

Setelah keramas, kamu bisa mengaplikasikan serum untuk rambutmu. Tetapi kamu haru menunggu rambut setengah kering agar kandungan nutrisi serum dapat terserap dengan baik ke folikel rambut. Serum rambut mengandung banyak nutrisi dan vitamin agar kondisi rambut tetap terjaga saat diwarnai.

4. Memakai Masker Rambut

Jika kamu ingin memiliki rambut tetap yang berkilau saat diwarnai, kamu bisa rutin menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Kandungan pada masker rambut dapat membuat pH rambut seimbang dan mengurangi risiko rambut patah-patah. Selain menutrisi rambut, warna para rambut akan tetap bertahan dengan masker rambut.

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan jika ingin rambut tetap terjaga dan terawat setelah diwarnai. Jika kamu merasa ada efek samping setelah rambut diwarnai, lebih baik kamu langsung berkonsultasi dengan sang profesional.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading