Sukses

Beauty

Penyebab Timbulnya Jerawat Ketika Pubertas dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah.

Jenis jerawat sangat beragam, ada jerawat batu, jerawat pasir atau bruntusan, ada pula jerawat kistik. Selain itu, ada juga jerawat yang bernanah. Terkadang jerawat yang bernanah disertai dengan rasa gatal.

Jerawat bisa dialami oleh semua usia, namun lebih sering terjadi pada remaja yang sedang mengalami pubertas. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya jerawat ketika sedang pubertas? Simak penjelasan serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Munculnya Jerawat Ketika Pubertas

Ketika pubertas, tidak hanya perubahan fisik saja, namun ada pula perubahan hormon di dalam tubuh. Hormon testosteron pada tubuh ketika pubertas mengalami peningkatan aktivitas. Hormon testosteron memproduksi sebum atau minyak lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit. Sebum yang berlebih ini kemudian berpotensi menjadi jerawat apabila menyumbat pori-pori.

Perubahan hormon inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat ketika pubertas.

Cara Mengatasi Jerawat Ketika Pubertas

1. Rajin Membersihkan Kulit Wajah

Salah satu penyebab infeksi bakteri pada jerawat yang kemudian menyebabkan munculnya nanah pada jerawat adalah karena kurang terjaganya kebersihan wajah. Kamu dianjurkan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Gunakanlah pembersih wajah yang gentle atau lembut untuk kulit.

2. Gunakan Pelembab dan Sunscreen

Setelah wajah dibersihkan, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit agar kulit tetap terhidrasi dan sunscrteen untuk mencegah agar kulit tidak kering. Pemakaian sunscreen juga bertujuan untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Dengan begitu, skincare di bawah sunscreen yang kamu gunakan akan bekerja secara maksimal.

Pastikan kamu memilih produk pelembap dan sunscreen dengan label noncomedogenic. Hindari pemakaian produk yang berbahan minyak karena dapat menimbulkan komedo dan jerawat berulang.

3. Jalani Pola Hidup Sehat

Selain merawat kulit dari luar, merawat kesehatan kulit dari dalam juga harus dilakukan untuk mencegah jerawat muncul kembali. Cobalah untuk menjalani pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi air putih, menghindari asap rokok dan mengelola stres dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading