Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Jerawat Muncul di Seluruh Tubuh

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan karena pori-pori yang tersumbat, akibat produksi minyak yang berlebih dan infeksi bakteri jerawat di kulit. Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di area seluruh tubuh.

Jerawat yang muncul di seluruh tubuh, juga disebabkan karena pori-pori yang tersumbat minyak berlebih, disertai dengan adanya biang keringat, jamur atau kotoran yang muncul di sekitar tubuh.

Jerawat di seluruh tubuh ini, bisa diatasi dengan body care yang tepat dan menjaga pola hidup yang lebih sehat atau bersih. Untuk mengatasi jerawatnya, berikut Fimela berikan cara mengatasi jerawat muncul di seluruh tubuh, dilansir dari berbagai sumber:

Proses Munculnya Jerawat di Seluruh Badan

Jerawat yang muncul di seluruh tubuh, disebabkan karena adanya penyumbatan pori-pori akibat produksi minyak yang berlebihan, biang keringat, penumpukan sel kulit mati, kotoran yang menempel di tubuh dan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan di kulit.

Jerawat bisa muncul di bagian atas tubuh hingga tengah dada, punggung atas, bahu dan tangan, karena di area tersebut terdapat banyak kelenjar sebaseous yang meningkatkan produksi minyak dan keringat berlebih.

Proses terjadinya jerawat di seluruh tubuh adalah karena pori-pori yang tersumbat, terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat yang membuat area tersebut menjadi radang, lalu benjolan berwarna merah mulai muncul. Menggunakan pakaian yang berminyak dan jarang ganti pakaian, juga bisa memperparah kondisi jerawat di seluruh tubuh.

Penyebab Jerawat Muncul di Seluruh Tubuh

Jerawat yang muncul di seluruh tubuh, bisa disebabkan karena berbagai macam faktor pemicu jerawat. Berikut penyebab munculnya jerawat di seluruh tubuh:

1. Faktor Keturunan

Pada umumnya, jerawat disebabkan karena kulit yang berminyak. Kondisi ini bisa dipengaruhi karena faktor keturunan atau genetika, sehingga kalau ada orang tua yang kulitnya cenderung berjerawat, maka anaknya akan memiliki kulit berjerawat juga.

2. Gesekan dengan Pakaian

Penyebab munculnya jerawat di seluruh badan yang selanjutnya, yaitu adanya gesekan kulit dengan kotoran yang kotor atau berkeringat. Karena pakaian ketat dan kotor, maka akan menyebabkan iritasi kulit dan memicu munculnya jerawat.

3. Stres

Penyebab munculnya jerawat yang terakhir, yaitu faktor stres atau terlalu banyak pikiran yang membuat jerawat muncul di seluruh tubuh. Saat banyak pikiran atau stres, hormon androgen akan meningkat dan menyebabkan produksi minyak berlebihan, lalu menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Muncul di Seluruh Badan

1. Menggunakan Body Wash yang Tepat

Cara yang pertama untuk mengatasi jerawat di seluruh tubuh, yaitu menggunakan body wash yang memiliki formula gentle. Kamu juga bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide dan tea tree, untuk membantu mengontrol produksi minyak di tubuh dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Hindari menggunakan produk yang mengandung scrub, karena bisa mengiritasi tubuh.

2. Gunakan Body Lotion

Setelah mandi, jangan lupa untuk menggunakan body lotion yang memiliki kandungan UV Protection minimal SPF 30. Body lotion yang bisa digunakan adalah yang memiliki kandungan ceramide, AHA, Tea Tree dan Hyaluronic Acid. Selain membantu melembapkan kulit yang berjerawat, body lotion bisa membantu menangkal radiasi sinar UV dan menyamarkan noda bekas jerawat.

3. Gunakan Produk Eksfoliasi

Karena jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, jadi jangan lupa untuk menggunakan produk yang memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat di pori-pori. Produk eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA juga bisa membantu mengontrol minyak dan mempercepat pengeringan jerawat.

4. Gunakan Acne Spot Treatment

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan acne spot treatment, yang memiliki kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid. Produk ini bisa dioleskan ke area yang berjerawat saja.

5. Melakukan Pola Hidup Sehat

Agar tubuh terhindar dari jerawat, lakukan pola hidup sehat dan bersih. Rajin mandi 2 kali sehari atau lebih jika perlu, rutin mengganti pakaian yang sudah berkeringat, rutin mengganti handuk seminggu sekali, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, mengurangi makanan berlemak atau terlalu manis, serta rajin melakukan olahraga.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Apa Penyebab Sakit Kepala Ini Yang Harus Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya
Novel Karangan Erisca Febriani dengan “Segudang Karya yang Menarik”