Sukses

Beauty

Tips Mudah Memakai Foundation untuk Pemula dengan Hasil yang Maksimal

Fimela.com, Jakarta Memakai foundation dengan benar adalah langkah penting dalam tahap awal makeup untuk menciptakan tampilan kulit yang halus, merata, dan berkilau. Bagi pemula, memilih dan menggunakan foundation mungkin terlihat membingungkan. Tetapi jangan khawatir! Berikut ini adalah tips dan trik praktis untuk memakai foundation dengan tepat, mulai dari memilih shade yang cocok hingga teknik aplikasi yang benar

Sebelum memulai, langkah pertama yang paling penting adalah memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih foundation yang tepat:

1. Mengetahui jenis kulit

Dilansir dari Allure, mengetahui jenis kulit dapat menemukan foundation dengan formula yang tepat. Mengidentifikasi apakah kulitmu berminyak, kering, atau kombinasi, dapat membantu dalam memilih formula foundation yang sesuai, seperti oil-free untuk kulit berminyak atau hydrating untuk kulit kering.

2. Pilih shade foundation sesuai dengan warna kulit

Ambil beberapa pilihan shade foundation dan oleskan di area rona kulitmu, seperti di wajah bagian rahang. Pilihlah shade yang menyatu sempurna dengan warna kulitmu tanpa terlihat terlalu terang atau gelap.

3. Konsultasi dengan staf penjual

Jika kamu masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya kepada staf atau penjual foundation di toko kosmetik. Sebab, mereka juga dapat membantu menemukan shade dan formula yang cocok untukmu.

Persiapan kulit sebelum menggunakan foundation

Sebelum memakai foundation, ada beberapa langkah persiapan yang penting untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cuci wajah dengan lembut menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.

2. Gunakan rangkaian skincare

Setelah menggunakan toner, lanjutkan dengan rangkaian skincare seperti menggunakan serum dan moisturizer. Oleskan ke seluruh wajah dengan lembut untuk melembabkan kulit. Apabila ingin mengoptimalkan hasil aplikasi foundation, kamu bisa menggunakan primer sebagai base makeup. Dilansir dari Healthline, primer membantu mengisi pori-pori sehingga membuat kulit tampak halus dan meningkatkan daya tahan foundation.

3. Gunakan sunscreen

Jangan lupa memakai sunscreen untuk perlindungan dari sinar matahari. Setelah menggunakan pelembab ata primer kamu bisa menggunakan sunscreen dengan mengandung minimal SPF 30 sebelum mengaplikasikan foundation. Hal ini penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Teknik aplikasi foundation yang tepat

1. Gunakan kuas atau beauty blender

Tuangkan sedikit foundation ke punggung tangan apabila kamu menggnakan kuas atau menuangkan sedikit foundation langsung ke beauty blender. Perlu diketahui bahwa dua perlatan ini memberikan hasil yang berbeda. Dilansir dari Beautyexperttips.com, kuas foundation memberikan kontrol yang lebih baik dan hasil yang lebih akurat, sedangkan beauty blender dapat memberikan tampilan yang lebih alami. Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamananmu dalam ber-makeup.

2. Mulai dari tengah wajah

Mulailah mengaplikasikan foundation di bagian tengah wajah, seperti hidung, pipi, dan dahi. Kemudian, ratakan ke arah luar wajah dengan gerakan memutar atau menepuk ringan. Pastikan untuk meratakan foundation ke area leher agar terlihat lebih alami.

3. Perhatikan area khusus

Berikan perhatian ekstra pada area yang membutuhkan lebih banyak cakupan, seperti bekas jerawat atau lingkaran hitam di sekitar mata. Gunakan teknik menepuk ringan atau memutar dengan ujung jari atau kuas kecil untuk meratakan foundation dengan baik.

Setelah menggunakan foundation ke seluruh wajah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan foundation agar tahan lama seharian.

1. Set dengan bedak

Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan bedak transparan atau bedak padat dengan kuas lembut untuk mengatur foundation. Set dengan bedak bertujuan untuk membantu mengurangi kilap berlebih dan menjaga foundation tetap di tempat.

2. Gunakan setting spray

Setelah menyelesaikan seluruh riasan wajah, semprotkan setting spray untuk mengunci foundation dan membuatnya lebih tahan lama. Penggunaan setting spray dapat memberikan hasil akhir yang lebih segar dan alami.

Demikian tips mudah memakai foundation yang tepat bagi pemula untuk mendapatkan tampilan makeup yang natural. Setelah menggunakan foundation, kamu bisa melanjutkan ke step makeup berikutnya.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading