Sukses

Beauty

Tahapan Penggunaan Krim Malam yang Benar Pada Rutinitas Skincare Harian

Fimela.com, Jakarta Banyak yang kurang paham apa itu krim malam dan apa perbedaannya dengan produk krim lainnya. Cara kerjanya sama seperti moisturizer pada umumnya, namun digunakan khusus di malam hari. Sehingga saat bangun esok hari kulit akan terasa lebih kenyal dan lembut.

Merawat kulit dengan rutin menggunakan skincare sudah menjadi asupan setiap hari layaknya makan pagi dan malam. Menggunakan skincare pagi berfungsi untuk mempersiapkan wajah kamu sepanjang hari dengan lapisan perlindungan ekstra, sementara skincare malam membantu proses peregenerasikan sel-sel kulit saat tidur. Wajah yang terawat dengan baik akan meningkatkan rasa percaya diri secara keseluruhan. Ketika setelah seharian beraktivitas baik di dalam ruangan maupun luar ruangan kamu membutuhkan sesuatu untuk merileksasikan tubuh, termasuk wajah. Disinilah peran krim malam, mereka membantu melawan bakteri akibat jerawat, menghaluskan kulit, hingga memberikan hidrasi sepanjang malam. 

Bagi sahabat Fimela yang masih bingung bagaimana cara penggunaan krim malam dan langkah-langkah menggunakan skincare yang benar itu seperti apa, simak penjelasan di bawah ini.

Waktu yang tepat untuk menggunakan skincare

Mengapa perlu menggunakan skincare? Kulit yang terus-menerus terkena paparan sinar UV di siang hari cenderung akan mengalami kerusakan dan membuat wajah terlihat kusam. Terlebih lagi banyaknya debu dan kotoran dari lingkungan serta polusi udara yang menempel di kulit. Pasalnya ini yang membuat wajah kerap muncul jerawat, warna kulit menjadi tidak merata, dan terlihat bintik-bintik hitam. Melihat keluhan tersebut, ini menunjukkan betapa pentingnya melindungi kulit wajah baik di pagi hari maupun malam hari. 

Menggunakan skincare secara rutin tidak hanya memberikan manfaat kepada kesehatan kulit saja, tetapi juga meningkatkan penampilan semakin terlihat bersih nan segar. Mereka mampu untuk memperbaiki tekstur kulit sekaligus untuk melawan tanda-tanda penuaan. Kini sudah banyak produk skincare yang memiliki kandungan penting untuk kulit, seperti vitamin C, kolagen, niacinamide, ataupun AHA BHA. Deretan kandungan tersebut bisa membantu mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Terkadang menggunakan skincare malam akan sedikit sulit dilakukan karena terlalu lelah setelah beraktivitas sepanjang hari. Namun ini harus tetap dilakukan demi menjaga kesehatan kulit berkepanjangan. Waktu paling tepat untuk menggunakan skincare pagi adalah pada pukul 10.00 sebelum memulai aktivitas. Sementara karena kulit melakukan proses perbaikan pada malam hari sampai dini hari, maka jam yang tepat untuk menggunakan skincare malam adalah pada pukul 19.00 sampai 21.00. Semakin malam kamu menunda-nunda, maka semakin malas juga untuk menggunakan skincare. Alhasil kamu akan melewatkannya. 

Tahapan penggunaan skincare malam yang benar

Facial cleanser

Menggunakan facial cleanser atau face wash adalah langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum menggunakan rangkaian produk lainnya. Fungsi dari mencuci muka adalah untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa debu yang menempel di wajah akibat dari udara luar. Langkah ini dilakukan ketika sampai rumah setelah melakukan sepanjang aktivitas di luar ruangan. Jika tidak bepergian, bisa lakukan langkah ini saat pukul 19.00 malam. Perlu diingat untuk selalu gunakan facial wash yang tidak ada kandungan alkohol di dalamnya, ini akan membuat wajah iritasi. Lebih baik mulailah dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jika memiliki kulit berminyak atau berjerawat, gunakan produk face wash yang bisa membersihkan secara mendalam. Untuk kulit kering, cari pembersih wajah yang melembapkan dan lalu bagi yang memiliki kulit sensitif, gunakan pembersih wajah yang lembut yang tidak mengiritasi kulit.

 

Essence toner 

Setelah melakukan pembersihan muka secara mendalam, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner atau essence toner. Keduanya sama-sama baik untuk kulit, namun essence toner memiliki tekstur lebih kental daripada toner biasanya. Pada malam hari, banyak orang yang suka menggunakan skincare secara berlapis-lapis. Ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kulit secara maksimal. Toner berfungsi sebagai dasar untuk melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum menggunakan tahapan skincare selanjutnya. Karena teksur toner yang cenderung ringan seperti air, lebih baik aplikasikannya dengan sehelai kapas lalu oleskan ke seluruh wajah hingga leher. 

Eye cream

Setelah menggunakan baik toner maupun essence toner, selalu berikan jeda selama minimal satu menit untuk menunggu produk sebelumnya meresap dengan sempurna. Lalu gunakan eye cream di sekitar area mata. Ini berguna untuk memberikan kelembapan di sekitar mata. Melansir pada Healthine, pada dasarnya area mata memang lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Maka dari itu, penting menggunakan eye cream untuk menghidrasi kulit sekitar mata. Hal ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi datangnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan lingkaran hitam.

 

Serum

Setelah eye cream meresap dengan sempurna, boleh gunakan produk selanjutnya, yaitu serum. Teksturnya sangat kental berbeda dengan toner yang cenderung lebih cair. Serum disini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai keluhan. Ini termasuk melawan jerawat, menghilangkan noda-noda hitam, memberikan kelembapan, hingga membuat tampilan lebih awet muda. Bisa dikatakan serum adalah kunci dari sebagian besar perbaikan, pemulihan, dan regenerasi saat sedang tidur di malam hari. Perlu diingat untuk menunggu semua produk sampai kering dan meresap secara keseluruhan sebelum dilapisi dengan produk selanjutnya. 

Krim malam

Langkah ini adalah langkah terakhir dari seluruh rangkaian skincare, namun tidak kalah pentingnya dengan tahapan sebelumnya. Krim malam bekerja sebagai pelembab untuk memberikan hidrasi sepanjang malam ketika kita tidur. Pilih krim malam sesuai dengan tipe kulit kamu, apakah kering, berminyak, atau kombinasi. Tekstur dari krim malam sendiri lebih terasa kental dibandingkan krim pagi atau pelembab lainnya. Hal ini sengaja dirancang untuk diserap dalam beberapa jam. Mereka mampu untuk melindungi lapisan kulit serta mencegahnya dari kekeringan akibat angin AC yang terus-menerus mengenai wajah. Menjaga kadar air yang tinggi pada kulit merupakan kunci dari wajah yang sehat dan bersih. Rasakan efeknya saat bangun di pagi hari, kulit akan terasa lebih lembap, kenyal, dan segar. 

Satu catatan untuk para sahabat Fimela ketika melakukan rutinitas perawatan wajah, selalu berikan jeda waktu setidaknya satu menit sebelum menggunakan produk selanjutnya. Jangan pernah langsung mengoleskannya sebelum produk sebelumnya mengering dan menyerap dengan sempurna.

 

*Penulis: Balqis Dhia 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading