Sukses

Beauty

5 Penyebab Munculnya Jerawat pada Punggung

Fimela.com, Jakarta Selain di kulit wajah, jerawat dapat muncul di area tubuh lainnya, salah satunya adalah area punggung. Rupanya ada banyak orang yang mengalami masalah jerawat pada punggungnya. Masalah ini dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena cukup menganggu penampilan serta kenyamanan.

Walaupun terlihat sepele, namun masalah ini akan menjadi serius jika tidak diatasi segera. Sebelum mengatasinya, tentu perlu mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Mengutip dari lifebouy.co.id, inilah 5 penyebab yang bisa memunculkan jerawat di punggung.

1. Genetik

Jika kamu heran mengapa bisa muncul jerawat pada punggung, mungkin ada agngota keluargamu yang mengalami hal yang serupa. Jerawat di punggung bisa terjadi karena adanya faktor genetik. Biasanya hal ini terjadi karena kamu memiliki tipe kulit yang sama.

2. Hormon

Selain genetik, peningkatan produksi hormon cukup memengaruhi timbulnya jerawat. Biasanya ini terjadi saat waktu pubertas, menstruasi, dan hamil. Tidak hanya itu, hormon yang tidak stabil juga dapat memunculkan jerawat, loh.

3. Tempat Tidur yang Kotor

Jika kamu memiliki gaya hidup yang kotor, tidak heran jika jerawat dapat muncul di kulitmu. Saat kamu membiarkan tempat tidur kotor dan jarang dibersihkan, maka akan mengundang bakteri untuk berkembang biak. Selain kotor, kelembapan dan minyak yang berlebih dapat memicu munculnya jerawat pada punggung.

4. Pakaian

Ternyata pemilihan pakaian yang tidak tepat dapat berujung dengan masalah jerawat di punggung. Sebaiknya hindari pemakaian pakaia ketat untuk sehari-jhari. Jenis pakaian ini dapat menghambat pernapasan kulit dan menyumbat keringat. Jika hal ini terjadi, maka akan mengundang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Obat-obatan

Selain penyebab di atas, ada beberapa jenis obat yang menivgkatkan produksi hormon pada tubuh sehingga memicu munculnya jerawat berlebih. Adapun jenis obat yang dimaksud adalah antidepresan, suplemen protein, suplemen hormon, dan pil KB. Efek samping yang ditimbulkan obat-obatan tersebut adalah munculnya jerawat di berbagai area.

Itu dia berbagai penyebab yang dapat memicu timbulnya jerawat pada punggung. Penyebab ini tidak selalu sama pada semua orang. Jika masalah ini sudah mulai meradang, sabaiknya mulai berkonsultasi dengan dokter kulit.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading