Sukses

Beauty

9 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kulit dari Melembapkan hingga Menghilangkan Sel Kulit Mati

Fimela.com, Jakarta Dalam menjaga kualitasnya agar tetap ternutrisi dan cerah, kulit membutuhkan perawatan untuk mengembalikan zat-zat yang dibutuhkannya, terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan atau di bawah paparan sinar matahari. Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga akan membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi bahkan dapat menimbulkan penyakit.

Perawatan kulit dapat kamu lakukan dengan berbagai cara dan produk, salah satunya Aloe Vera. Dilansir dari kew.org, Aloe Vera merupakan ramuan dengan daun sukulen yang disusun dalam bentuk roset. Biasanya daunnya berwarna abu-abu hingga hijau dan memiliki bintik-bintik putih pada permukaannya. Selain itu, tanaman Aloe Vera juga memiliki duri tajam berwarna merah muda dan berada di sepanjang tepinya. 

Aloe Vera juga merupakan sumber gel yang tidak berwarna dan dapat ditemukan pada banyak produk komersial dan obat-obatan. Dilansir dari plants.ces.ncsu.edu, Aloe Vera ini memiliki sifat yang menenangkan, melembapkan, dan menyejukan serta berfungsi untuk mengobati luka bakar dan sengatan matahari yang dangkal. Selain itu, Aloe Vera juga dapat menghilangkan rasa sakit. 

 

 

Manfaat Aloe Vera Gel

Tidak hanya sifat yang terkandung pada Aloe Vera menjadikannya perawatan kulit, tetapi juga karena manfaat yang diberikan bagi kulit. Berikut beberapa manfaat Aloe Vera bagi kulit yang dilansir dari bebeautiful.in:

Melembabkan dan menyembuhkan kulit kering dan bersisik

Aloe Vera dikenal sebagai pelembab alami karena memiliki sifat menghidrasi dan menyerap ke dalam kulit sehingga dapat mengatasi kulit kering dan bersisik serta melembapkannya. Selain itu, Aloe Vera Gel ini juga dapat digunakan untuk kuli berminyak dan berjerawat karena teksturnya yang ringan.

Menenangkan kulit yang teriritasi

Aloe Vera Gel dapat menenangkan kulit yang teriritasi karena memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi akibat sengatan matahari, ruam, infeksi, kemerahan, dan gatal. Selain itu, Aloe Vera Gel juga memiliki sifat anti jamur untuk mengatasi masalah peradangan kulit.

Mengatasi tanda-tanda penuaan

Aloe Vera Gel dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dan mencegah penuaan dini pada kulit dengan meningkatkan elastisitas kulit serta memperbaiki sel-sel kulit. Selain itu, juga membantu kulit mempertahankan kelembapannya serta mengembalikan cahayanya.

Melawan jerawat dan memudarkan noda

Aloe Vera Gel memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mencegah dan melawan jerawat serta memudarkan moda. Menggunakan Aloe Vera Gel dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan noda yang ditinggalkan dalam waktu singkat.

 

 

Menghilangkan Lingkaran Hitam dan Bengkak

Memiliki lingkaran hitam dan bengkak pada mata akan membuat kamu menjadi terlihat tidak fresh. Oleh karena itu, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan Aloe Vera Gel yang dikemas dengan antioksidan dan vitamin E sehingga membantu meringankan perubahan warna di sekitar mata dan memberikan efek pendinginan untuk mengurangi bengkak. 

Mengobati sengatan matahari 

Aloe Vera Gel memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang dapat membantu meredakan sengatan matahari dalam beberapa hari. Namun, sebaiknya juga kamu selalu menggunakan SPF 30 atau lebih untuk mencegah sinar matahari yang cukup menyakitkan dan merusak kulit.

Mengobati eksim dan psoriasis

Aloe Vera Gel yang memiliki sifat melembapkan dan menghidrasi dapat membantu melembapkan kulit yang kering dan menghilangkan rasa gatal dari gejala eksim. Selain itu, mengoleskan gel lidah buaya setiap hari dapat meredakan peradangan yang menyertai psoriasis dan mengurangi rasa gatal.

Menghilangkan sel kulit mati

Aloe Vera Gel yang dicampurkan ke lulur dapat menjadi cara terbaik untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, gel lidah buaya juga mencegah pengupasan minyak alami kulit dan mengisi kelembapan yang hilang sehingga dapat membuat kulit terlihat sangat lembut, kenyal, dan bercahaya. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading