Sukses

Beauty

Biar Nggak Bingung Lagi, Begini Cara Menentukan Angka SPF yang Tepat Saat Memilih Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau sunscreen jadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari efek radiasi sinar matahari. Biarpun lebih banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan, namun radiasi sinar UV nyatanya mampu menembus ke dalam ruangan yang memberikan efek pada kesehatan kulit. Bahkan, di saat cuaca mendung pun, kamu tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen saat akan keluar rumah. 

Memang banyak rekomendasi sunscreen yang kini banyak bermunculan di pasaran. Namun, nggak jarang para pemula dibuat bingung, misalnya saja saat memilih angka SPF yang tepat. Ada banyak pilihan SPF, mulai dari 25, 30, bahkan ada yang lebih dari 50. Sebenarnya berapa sih angka SPF yang tepat untuk mendukung aktivitas sehari-hari? Begini penjelasannya. 

Pahami Dulu Apa Itu SPF

SPF mungkin jadi istilah yang cukup sering dilihat dalam label sunscreen. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa sih yang dimaksud dengan SPF dan seberapa pentingnya dalam sebuah produk sunscreen? 

SPF sendiri memiliki kepanjangan Sun Protection Factor, yang artinya merupakan ukuran kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet, terutama UVB yang bisa menyebabkan efek kulit kemerahan dan terbakar. Cara kerjanya adalah dengan memantulkan radiasi yang diberikan oleh UVB agar tidak bisa menembus lapisan kulit. Dengan mengetahui tingkat SPF yang dimiliki oleh sebuah produk sunscreen, kamu jadi bisa memahami kemampuan sunscreen tersebut untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV itu sendiri.

Cara Menghitung Tingkat Ketahanan SPF

Biarpun banyak tertera pada label sunscreen yang ada di pasaran, tapi yakin nih sudah bisa memahami cara membaca dan menghitung tingkat ketahanan SPF tersebut? Kalau belum, saatnya update pengetahuan kamu, Sahabat Fimela. 

Berdasarkan berbagai penelitian yang sudah banyak dilakukan, 1 SPF yang ada di dalam sunscreen artinya dapat melindungi sunburn pada kulit selama 1 menit. Jadi, jika ada produk yang menawarkan SPF 15 artinya bisa bertahan selama 150 menit, SPF 30 artinya 300 menit, dan SPF 50 berarti tahan selama 500 menit.

Jadi, Berapa Angka SPF yang Cocok Bagi Perempuan Indonesia?

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia ini pastinya bikin kamu nggak asing lagi dengan intensitas sinar matahari yang panas menyengat. Kalau memantau info indeks sinar UV dari website Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), banyak daerah di Indonesia yang berada di posisi Very High (risiko bahaya sangat tinggi) hingga Ekstrem (risiko bahaya sangat ekstrem) saat siang hari. Buat yang sering beraktivitas di luar rumah pada siang hari, tentu perlu melindungi kulit lebih maksimal lagi.

Melihat kondisi seperti itu, maka disarankan untuk memilih sunscreen dengan tingkat SPF minimal 30 ke atas untuk memberikan perlindungan maksimal. Jangan lupa gunakan ulang setiap 2 jam sekali untuk membuat perlindungan lebih optimal.

Sekarang sudah paham kan mana tingkat SPF yang tepat untuk memberikan perlindungan pada kulit yang maksimal selama beraktivitas di luar ruangan? Pastikan jangan salah pilih ya, Sahabat Fimela! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading