Sukses

Beauty

3 DIY Masker Wajah Lemon Alami yang Berkhasiat untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang cerah dan ternutrisi tentu keinginan semua orang, tetapi untuk mendapatkannya kamu perlu melakukan perawatan. Melakukan perawatan menjadi hal yang perlu dilakukan setiap orang terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan karena wajah dan kulit juga perlu mengembalikan sel-sel yang dibutuhkan untuk mengembalikan fungsinya dengan maksimal.

Perawatan kulit dapat dilakukan setiap orang dengan caranya masing-masing baik perawatan secara alami maupun perawatan menggunakan produk-produk kecantikan atau treatment pada klinik kecantikan. Namun, kini sudah banyak orang yang menggunakan bahan-bahan alami untuk melakukan perawatan. Selain memiliki lebih banyak khasiat bagi kulit, tetapi juga mudah untuk dilakukan di rumah, salah satunya penggunaan lemon.

Dilansir dari webmd.com, lemon merupakan buah yang memiliki rasa yang khas karena kaya akan asam sitrat. Rasanya yang unik membuatnya menjadi bahan yang sering digunakan dalam minuman atau makanan. Selain itu, hampir semua bagian lemon juga dapat digunakan untuk memasak dan membersihkan. Lemon memiliki banyak kandungan yang juga berguna untuk pengobatan.

 

 

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Lemon yang merupakan sumber vitamin C, serat makanan, asam sitrat, dan besi yang sangat baik membuatnya memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan seperti yang dilansir dari webmd.com

  1. Vitamin C. Lemon mengandung sekitar 50 miligram vitamin C yang menjadi antioksidan dalam melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin C juga mengandung serat makanan yang tinggi. Tak hanya itu, vitamin C pada lemon juga dapat membantu tubuh membuat kolagen untuk kulit, menyerap zat besi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 
  2. Manajemen berat. Lemon mengandung serat pektin yang dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, air lemon sering disebut sebagai alat yang efektif dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan.
  3. Pencegahan Anemia. Lemon dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang lebih banyak sehingga dapat mencegah anemia karena dapat mempertahankan kadar zat besi. 
  4. Pencegahan batu ginjal. Lemon memiliki rasa asam yang bersumber dari asam sitratnya yang melimpah dan menurut beberapa penelitian, asam sitrat tersebut dapat mencegah pembentukan bantu ginjal.
  5. Efek antibakteri. Memiliki sifat antibakteri dan antijamur membuat lemon efektif dalam melawan bakteri.
  6. Mencegah dan pengobatan kanker. Lemon merupakan sumber nutrisi berharga yang disebut flavonoid. Antioksidan ini berfungsi melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, dalam beberapa penelitian, lemon juga dapat menghambat reproduksi sel dan mengaktifkan kematian sel kanker.

Resep DIY Masker Wajah Lemon

Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, menjadikan lemon buah yang tepat untuk pengonsumsian sehari-hari. Namun, tak hanya bagi kesehatan, lemon juga ternyata sangat bermanfaat bagi perawatan kulit sehingga kamu dapat menjadikannya bahan ketika ingin menggunakan masker wajah. 

Dilansir dari myglamm.com, masker wajah lemon dapat kamu gunakan bersama dengan tepung gram. Masker wajah lemon DIY ini nantinya akan memiliki sifat pengelupasan yang sangat baik karena manfaat kandungan dari lemon dan tepung gram yang juga menjadikan masker ini menjadi scrub buatan sendiri yang ideal. Kamu dapat menyiapkan 2 sendok makan tepung gram dan ½ lemon. Setelah itu, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan kedua bahan secara bersamaan dalam mangkuk. 
  2. Aduk hingga rata dan oleskan ke wajah.
  3. Biarkan selama 15 menit hingga tidak lengket dan bilas lembut dengan air untuk menghilangkannya. Kamu dapat menggosoknya dengan gerakan melingkar.
  4. Cuci muka dan keringkan dengan handuk.

Selain tepung gram, madu juga dapat kamu padukan dengan lemon dalam pembuatan masker wajah. Perpaduan dua bahan ini dalam masker memiliki manfaat yang baik dalam mengencangkan pori-pori dan menghilangkan sebum yang berlebih serta memberikan antioksidan pada kulit. Kamu dapat menyiapkan ½ lemon dan 1 sendok madu untuk membuatnya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dalam mangkuk dan aduk hingga rata.
  2. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 15-20 menit hingga terasa kering di kulit.
  3. Bilas lembut dengan air untuk menghilangkannya dan keringkan dengan handuk.
  4. Gunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Masker Wajah Lemon dengan Baking Soda

Selain kedua DIY masker wajah lemon tersebut, kamu juga dapat mencoba untuk membuat masker wajah lemon dengan baking soda. Dilansir dari stylecraze.com, lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C sehingga membantu dalam meremajakan kulit. Selain itu, juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dan sekaligus mencerahkan warna kulit sedangkan soda kue memiliki tekstur kasar yang dapat membantu pengelupasan kulit dan membersihkan pori-pori. Kamu dapat menyiapkan 1 sendok makan lemon dan 2 sendok baking soda. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan lemon dan soda kue dalam mangkuk dan aduk hingga menghasilkan campuran berwarna kuning pucat dan encer.
  2. Lalu, oleskan ke seluruh wajah dan leher.
  3. Diamkan maksimal 15 menit untuk menghindari kemerahan.
  4. Bersihkan masker dengan lembut menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat.
  5. Cuci wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading