Sukses

Beauty

12 Rahasia Kulit Cerah dan Glowing Seperti Artis Korea, Ternyata Mudah

Fimela.com, Jakarta Rahasia kulit cerah sering kali jadi hal yang membuat banyak perempuan penasaran. Terlebih melihat sosok artis Korea idola yang tampil dengan kulit sehat, cerah, dan glowing yang sering bikin iri para fans. Kok bisa sih tampil dengan kulit paripurna seperti itu?

Kalau kamu pikir kulit cerah memerlukan perawatan mahal, ternyata nggak harus begitu kok. Tips memiliki kulit cerah dan glowing ternyata bisa diawali dengan serangkaian rutinitas mudah setiap harinya. Namun, tentu saja prosesnya membutuhkan waktu dan nggak terjadi secara instan. Jadi, apa saja sih beauty routine yang perlu dilakukan untuk mencerahkan kulit wajah supaya bisa tampil cantik dan glowing seperti artis Korea?

Kulit Cerah VS Kulit Putih

Sebelum membahas tentang trik membuat wajah lebih glowing, hal pertama yang harus dipahami adalah definisi dari kulit cerah itu sendiri. Sebagian dari kamu mungkin berpikir kalau kulit cerah itu adalah kulit yang terlihat putih. Padahal, keduanya sama sekali nggak sama dan menjadi kondisi yang berbeda.

Kulit putih dipengaruhi oleh kondisi pigmen. Semakin sedikit kadar pigmen pemberi warna kulit, maka semakin putih kulitnya. Sementara itu, kulit cerah adalah kondisi kulit yang sehat, bebas dari wajah kusam, tampilan warnanya merata dan memiliki skin barrier yang kuat. Kulit cerah tidak harus putih, tapi memancarkan aura glowing alami.

Rahasia Kulit Cerah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk melakukan perawatan mencerahkan wajah, ternyata bisa dimulai dengan rutinitas sederhana di rumah. Beberapa tips berikut ini bisa dicoba untuk memaksimalkan skincare regime yang dapat membuat kulit cerah dan glowing alami.

1. Double Cleansing

Hal pertama yang wajib dilakukan kalau ingin membuat wajah terlihat lebih cerah adalah double cleansing. Rutinitas kulit yang satu ini sangat penting untuk mengangkat kotoran, debu, polusi, sisa makeup dan minyak di wajah yang bisa menyumbat pori-pori dengan maksimal. Nah, pori-pori yang tersumbat adalah salah satu penyebab wajah kusam dan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerwat.

Disarankan untuk melakukan double cleansing 2 kali dalam sehari. Pertama di pagi hari sebelum menggunakan produk perawatan kulit atau makeup apapun. Kedua adalah di malam hari setelah melakukan berbagai aktivitas. Double cleansing sendiri adalah membersihkan kulit dengan 2 tahap, yaitu menggunakan micellar water, cleansing balm, atau cleanser lainnya dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam.

2. Selalu Gunakan Essence

Salah satu rahasia kulit cerah ala perempuan Korea adalah penggunaan essence. Produk yang menjadi tren perawatan kulit ala Korea ini memiliki banyak manfaat untuk mencerahkan wajah. Mulai dari menjaga kelembapan kulit, menyeimbangkan pH alami kulit, hingga membantu penyerapan serum dan produk skincare lainnya agar lebih maksimal dalam merawat kulit.

Jika ingin merasakan manfaat mencerahkan wajah, pilih produk essence yang memiliki kandungan skin brightening seperti Centella Asiatica, Hyaluronic Acid, atau Vitamin C. Jangan lupa pilih selalu essence yang memiliki formula ringan agar bisa meresap dengan cepat dan maksimal ke dalam permukaan kulit.

3. Pakai Moisturizer untuk Kulit Berminyak Sekalipun

Tahukah kamu kalau kulit bisa terlihat glowing dan cerah alami jika berada dalam kondisi lembap? Jadi, penting untuk selalu mengaplikasikan moisturizer atau pelembap jika ingin membuat kulit terlihat lebih cerah dan glowing alami.

Bahkan, pemilik kulit berminyak sekalipun tetap perlu memakai pelembap secara rutin, lho. Hal ini disebabkan jika kulit mengalami dehidrasi, maka produksi minyak alami di wajah akan semakin aktif. Hasilnya kulit akan terlihat banjir minyak sehingga tampak kusam.

Jadi, pastikan memilih jenis moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu. Bagi pemilik kulit berminyak, kamu bisa memilih produk water based dan non comedogenic dengan tekstur ringan yang dapat meresap tanpa menyumbat pori-pori. Gunakan secara rutin untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi.

4. Jangan Skip Sunscreen

Rahasia kulit cerah yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah melindunginya dari paparan sinar matahari. Bukan rahasia lagi kalau radiasi ultraviolet (UV) ini menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kulit. Nggak hanya membuat kulit terlihat gelap atau warna kulit tidak merata saja. Tapi juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi hingga tanda penuaan dini.

Jadi, penting untuk selalu memberikan perlindungan yang maksimal untuk kulit dengan menggunakan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah. Pilih sunscreen dengan formula yang sesuai kulit wajah dan memiliki tingkat SPF sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali demi mendapatkan perlindungan yang maksimal.

5. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Untuk mendapatkan wajah yang terlihat glowing alami, rahasia kulit cerah yang bisa dilakukan lainnya adalah lakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat, cerah, dan tampak glowing.

Lakukan eksfoliasi setiap 1 kali dalam seminggu dengan produk yang disarankan. Kamu bisa menggunakan facial scrub dengan butiran lembut atau gunakan chemical exfoliator yang mengandung AHA, BHA, atau PHA. Jangan lupa untuk selalu sesuaikan produk yang digunakan dengan kondisi kulit untuk mencegah iritasi.

6. Lakukan Teknik Memijat Wajah

Salah satu trik mencerahkan wajah ala Korea yang bisa diterapkan di rumah adalah pijat wajah. Ritual kecantikan yang satu ini dapat merangsang sirkulasi darah yang lebih lancar, sehingga dapat membantu memembuat kulit lebih kenyal, mengencangkan kulit, hingga membantu penyerapan skincare yang lebih maksimal.

Lakukan pijat wajah di malam hari sebelum tidur dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini. Setelah membersihkan wajah, gunakan facial oil yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Ratakan sambil memijat wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar dari dalam keluar. Pastikan untuk melakukan gerakan ini dengan perlahan dan merata, mulai dari wajah hingga leher.

Lakukan pijat wajah selama 15 menit. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk. Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan skincare malam lainnya yang biasa digunakan.

7. Aplikasikan Sheet Mask

Selain menerapkan daily skincare, kamu juga perlu melakukan perawatan mingguan, salah satunya adalah mengaplikasikan sheet mask. Trik yang satu ini sudah dikenal sebagai salah satu rahasia kulit cerah dan glowing ala artis Korea yang banyak diadaptasi oleh perempuan di dunia. Bahkan, sheet mask sempat jadi tren tersendiri dalam industri kecantikan beberapa waktu lalu.

Untuk mewujudkan kulit yang lebih cerah dan glowing, pilih sheet mask yang mengandung bahan pencerah seperti vitamin C, allantoin, niacinamide dan retinol yang juga bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Namun, jangan lupa untuk selalu cross check kandungan pencerah yang aman untuk kondisi kulit tertentu, misalnya saja bagi pemilik kulit berjerawat atau sensitif.

Lakukan perawatan dengan sheet mask setidaknya 1 kali dalam seminggu. Jangan lupa bersihkan kulit sebelum menempelkan sheet mask ke wajah dan gunakan produk ini selama maksimal 10 menit. Setelah selesai, angkat sheet mask dan tepuk-tepuk sisa essence-nya agar meresap maksimal ke dalam kulit.

8. Bilas Wajah dengan Teh Hijau

Perawatan untuk mewujudkan kulit yang tampak cerah dan glowing juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Misalnya saja teh hijau atau green tea yang dikenal kaya kandungan vitamin C yang tinggi. Zat tersebut dapat membantu meratakan warna kulit dan membuatnya tampak cerah alami.

Selain itu, teh hijau juga kaya kandungan polifenol yang dapat membantu menurunkan produksi minyak alami pada kulit. Ada juga Vitamin E di dalamnya yang dapat menjaga kelembapan wajah sehingga kulit pun terasa lebih halus.

Untuk melakukan perawatan dengan teh hijau mudah banget. Kamu seduh teh hijau dengan air panas, biarkan hingga dingin. Jika sudah, gunakan air rebusan tersebut untuk membilas wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk melihat hasilnya.

9. Gunakan Masker Mentimun dan Madu

Bahan alami lain yang juga bisa menjadi rahasia kulit cerah adalah masker mentimun dan madu. Mentimun memiliki sifat pendingin yang dapat menenangkan kulit sekaligus kandungan antibakteri di dalamnya dapat mencegah pertumbuhan jerawat. Sementara itu, madu memiliki kandungan yang dapat melembapkan dan mencerahkan wajah.

Untuk membuat kombinasi masker mentimun dan madu gampang banget. Ambil 1 buah mentimun segar, cuci, dan kupas. Campurkan dengan 1 sdm madu hingga merata. Gunakan kombinasi kedua bahan tersebut di wajah secara merat, tunggu hingga 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

10. Rutin Olahraga

Kok bisa sih rutin olahraga jadi salah satu rahasia kulit cerah ala artis Korea? Jadi, olahraga olahraga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh yang berperan baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Nggak terkecuali kesehatan kulit yang bikin wajah tampak glowing. Olahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di area wajah yang membuat kulit tampak sehat.

Selain itu, keringat yang muncul selama olahraga juga dapat membantu proses detoksifikasi kulit alias proses pembersihan kulit dari kotoran dan racun. Keringat yang keluar dari pori-pori ini dapat mendorong kotoran dan minyak yang menyumbat, sehingga kulit pun akan terlihat lebih cerah alami dan sehat.

11. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Memenuhi kebutuhan air putih harian sering jadi salah satu rahasia wajah glowing yang di-spill oleh para selebriti ternama Korea. Bukan tanpa alasan, soalnya kulit yang terlihat glowing berawal dari kulit yang sehat dan kelembapannya terjaga dengan baik. Jika mengalami dehidrasi, otomatis kulit akan tampak kusam dan nggak terlihat cerah.

Oleh karena itu, penting banget untuk memenuhi kebutuhan air putih harian lewat air mineral berkualitas. Idealnya, minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk menjaga hidrasi tubuh sekaligus melancarkan metabolismenya.

12. Perhatikan Asupan Nutrisi

Tahukah kamu kalau makanan yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kondisi kulit? Jadi, kalau ingin wajah yang tampak cerah dan glowing, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan berminyak dan berlemak karena bisa memicu produksi minyak meningkat yang menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti kusam dan berjerawat.

Kenali rahasia kulit cerah lewat makanan yang direkomendasikan. Misalnya saja dengan memperbanyak asupan buah dan sayur yang mengandung vitamin C yang dikenal dengan antioksidan alami sekaligus memiliki kandungan mencerahkan wajah. Pilih juga asupan yang mengandung vitamin E karena berperan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Gimana, sudah siap tampil glowing dengan rahasia kulit cerah ala artis Korea di atas? Saatnya terapkan secara rutin di rumah untuk mewujudkan kulit sehat impian!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading