Sukses

Beauty

Jangan Sembarangan! Ini Efek Samping Jeruk Nipis Bagi Kulit Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jeruk nipis adalah buah yang dikemas dengan berbagai vitamin dan nutrisi penting. Rasanya yang asam hampir mirip dengan buah lemon. Tak hanya digunakan sebagai penambah rasa untuk masakan, jeruk nipis juga dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam perawatan wajah, Lho! Namun bagi pemilik kulit berjerawat mungkin kamu akan pertimbangkan kembali efek samping sebelum menggunakan jeruk nipis ini. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk nipis memiliki segudang khasiat baik untuk tubuh ataupun wajah. Mereka diberkahi dengan antioksidan seperti vitamin C yang mampu untuk memberikan perlindungan dari efek radikal bebas. Ini termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melansir dari laman Healthline, asam sitratnya yang tinggi menjadikannya sebagai buah dengan rasa yang sangat asam. Terlihat saat ini banyak yang memasukkan jeruk nipis sebagai bahan alami dari produk kecantikan. Mereka populer dengan efeknya yang mencerahkan, mengatasi datangnya tanda penuaan, hingga melakukan pembersihan secara mendalam. 

Berbicara tentang kecocokan, sayangnya jeruk nipis tidak bisa digunakan untuk semua orang. Beberapa jenis kulit mungkin akan merasakan reaksi yang tidak nyaman usai menggunakan jeruk nipis. Ini termasuk kulit berjerawat. Meskipun memang tidak semuanya akan merasakan efek samping tersebut, tetap perlu adanya rasa kekhawatiran akan jeruk nipis untuk kulit berjerawat. Sebab, jika dipakai secara terus-menerus akan berdampak lebih parah. Apa saja efeknya? 

Perhatikan efek samping untuk kulit berjerawat

Pada dasarnya, jerawat timbul karena adanya penumpukan sebum berlebih di wajah. Kotoran-kotoran yang tersumbat pada pori-pori akan sulit untuk keluar, alhasil timbulnya jerawat. Hormon juga menjadi salah satu penyebab datangnya jerawat. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, jeruk nipis bukanlah produk yang bagus untuk semua orang. Bagi beberapa orang mungkin akan terlihat perubahan yang signifikan, sedangkan sebagian orang akan merasakan efek samping yang berbeda. Hal ini terjadi karena ketidakcocokan mereka akan jeruk nipis.

Alih-alih capai kulit glowing, justru kian memperparah gejala. Efek samping yang mungkin akan dirasakan, antara lain: 

Kulit terbakar atau iritasi

Pemilik kulit berjerawat cenderung memiliki tipe kulit yang sensitif. Mereka harus melakukan perawatan secara ekstra untuk menyembuhkan jerawat-jerawat bandel dengan benar. Sementara jeruk nipis tinggi akan asam sitrat yang berpotensi membuat kulit terasa terbakar setelah penggunaan langsung ke kulit. Terutama untuk yang kulit sensitif. 

Kulit terkelupas

Penggunaan jeruk nipis pada kulit berjerawat juga berpotensi membuat kulit terlupas. Kulit bisa terkelupas karena penyebab kulit yang terlalu kering. Ini disebabkan karena konsentrasi asam sitratnya yang tinggi. Sehingga akibatnya akan memperburuk kondisi jerawat. 

 

Gatal-gatal

Efek samping lainnya yang juga terkadang dirasakan adalah kulit wajah yang gatal-gatal. Ini terjadi sebagai respons alergi terhadap jeruk nipis. 

Jangan khawatir, jika memang jeruk nipis tidak cocok untukmu, masih banyak buah lainnya yang mampu untuk mengatasi keluhan jerawat dengan lebih baik. Beberapa buah tersebut sudah Fimela rangkum pada bacaan di bawah ini.

Buah beri

Strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry adalah beberapa buah dari bagian keluarga beri. Mereka dibekali dengan vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Vitamin C populer dengan sifatnya yang mencerahkan serta memerangi bakteri jerawat. Berkat antioksidannya, buah beri dapat menjadi pilihan bahan alami yang mampu memberi perlindungan kulit berjerawat. Cobalah untuk menggunakan masker dengan bahan alami buah beri sebagai pengobatan kulit berjerawat. 

Pepaya

Pepaya, buah yang dikenal sebagai obat pelancar sistem pencernaan ini ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyak yang belum mengetahui bahwa buah pepaya juga bekerja dengan baik sebagai produk perawatan wajah. Kandungan enzim papain pada pepaya mampu untuk memudarkan bekas jerawat, mencegah datangnya jerawat, hingga memberikan kelembapan pada kulit kering. Maka tak heran pepaya dikatakan sebagai buah yang fungsional. Vitamin A,B,C, dan K nya juga bisa sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan.

Semangka

Buah yang sangat menyegarkan ini ternyata bisa membantu mengurangi jerawat, Lho! Semangka populer dengan kandungan airnya yang berlimpah, guna memberikan hidrasi yang kuat. Lagi-lagi berkat antioksidan pada semangka yang berperan penting dalam perlindungan kulit akibat radikal bebas. Kandungan B5, vitamin A, magnesium, dan potasiumnya yang juga membantu mencerahkan kulit kusam. Cara penggunaannya bisa dengan membuatkannya sebagai masker wajah yang dicampur dengan madu dan yoghurt. Ketiga bahan tersebut diperkaya dengan antioksidannya yang luar biasa. 

Alpukat

Buah yang satu ini tak perlu diragukan lagi manfaatnya. Mereka beraksi sebagai pengobatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit wajah. Melansir dari laman Medical News Today, alpukat dipercaya mampu untuk menjaga kulit terhidrasi tanpa meninggalkan residu berminyak. Hal ini bisa mencegah datangnya jerawat yang di mana kelebihan sebum merupakan penyebab utama timbulnya jerawat. Sifat anti-inflamasi pada alpukat pun mampu melawan peradangan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Merubah alpukat menjadi masker wajah selama beberapa menit adalah langkah yang tepat. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading