Sukses

Beauty

How to: Gunakan Vitamin Rambut Usai Keramas

Fimela.com, Jakarta Rambut telah dipandang sebagai tanda kecantikan, kerap disebut mahkotanya para perempuan. Aura kecantikan akan terlihat jika rambut ditata dan dirawat dengan baik. Merawat rambut pun sama pentingnya dengan merawat kulit. Rutin menggunakan vitamin rambut sering dikaitkan dengan rahasia rambut sehat berkilau.

Rutinitas perawatan rambut setiap orang pasti berbeda-beda. Sebagian besar memakai berbagai macam produk rambut, sementara beberapa hanya menggunakan sampo. Pasalnya, banyak orang yang melewati langkah pemakaian vitamin rambut usai keramas. Justru, ini adalah suplemen khusus dengan sederet manfaat yang efektif untuk kesehatan rambut. Mereka diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, menebalkan rambut, mengurangi kerontokan, hingga menguatkan batang rambut. 

Kini, tidak sedikit produk vitamin rambut yang beredar di pasaran dari berbagai merek. Banyak di antaranya yang mengandung bahan yang serupa, termasuk biotin, vitamin E dan C, kolagen, asam folat, hingga Omega 3. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Bagi yang masih bingung bagaimana cara mengaplikasikannya, yuk simak tips mudahnya di bawah ini!

Kandungan penting pada vitamin rambut

Sebelum menggunakan vitamin rambut, pastikan kamu sudah memilih produk dengan kandungan yang tepat. Formula yang disertai dengan vitamin dan nutrisi yang seimbang adalah faktor terpenting dalam pertumbuhan rambut. Seseorang dengan kondisi kekurangan nutrisi seperti vitamin C, biotin, zat besi, dan folat bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. 

Melansir dari WebMD, biotin adalah vitamin B yang populer dengan efek positifnya pada rambut. Biotin dipercaya mampu meningkatkan kesehatan rambut, termasuk memberi kilauan, volume, hingga memperkuat rambut. 

Selain biotin, vitamin C juga seringkali terlihat pada produk hair vitamin. Berkat sifat antioksidannya, mereka berkontribusi untuk memproduksi keratin melalui kolagen. Vitamin C juga melindungi rambut dari stres oksidatif yang dikaitkan dengan rambut rontok. Protein Omega 3 dan vitamin E juga dipercaya mampu memberikan kelembapan pada rambut sekaligus berikan tampilan berkilau. Ini yang menjadi alasan mengapa produk  vitamin rambut yang beredar sebagian besar menggunakan kandungan tersebut.

Langkah penggunaan vitamin rambut

Pada dasarnya vitamin rambut dikemas dalam beberapa jenis, dalam bentuk spray botol, minyak, dan krim. Meskipun teksturnya yang berbeda-beda, mereka sama-sama digunakan setelah keramas. Adapun cara memakainya sebagai berikut:

Keramas menggunakan sampo

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengoleskan vitamin rambut adalah keramas menggunakan sampo. Pijat dengan lembut dan bilas dengan air bersih. Pastikan rambut kamu sudah bersih dari kotoran dan sisa-sisa produk rambut yang sebelumnya dipakai. 

Keringkan sampai setengah basah

Selanjutnya, jangan menunggu rambut sampai benar-benar kering untuk mengaplikasikan vitamin rambut. Ini dilakukan untuk memudahkan proses penyerapan nutrisinya dengan maksimal. Perhatikan kondisi rambut dalam kondisi tidak terlalu basah, tetapi tidak sampai kering.

Aplikasikan vitamin rambut

Cara mengoleskan vitamin rambut akan berbeda tergantung bentuk dan tekstur produk. Jika vitamin rambut kamu berbentuk spray botol, maka semprotkan dari arah atas kepala mulai dari akar hingga ujung batang rambut secara perlahan. Hindari penyemprotan terlalu jauh, sebab nantinya produk tidak akan meresap dengan sempurna. 

Sementara vitamin rambut seperti minyak ataupun krim, maka gunakan tangan yang bersih. Ambil produk secukupnya, sesuai dengan ketebalan dan panjang rambut. Lalu oleskan secara merata ke seluruh rambut. Fokuskan pada akar kepala dan ujung batang rambut. 

Pijat dan diamkan

Berikan pijatan lembut selagi mengoleskan produk ke seluruh kepala. Pijatan ini membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam kepala sekaligus membantu peresapan produk lebih cepat. Pastikan vitamin rambut terdistribusi dengan baik pada setiap helaian rambut. 

Sebagian besar penggunaan vitamin rambut hanya didiamkan tanpa dibilas, tetapi ada juga beberapa jenis yang mengharuskan dibilas setelah didiamkan beberapa menit. Baca pada produk kemasan untuk mengetahui apakah vitamin rambut yang digunakan adalah tanpa bilas atau harus dibilas. Gunakan vitamin rambut secara rutin untuk merawat rambut semakin berkilau dan terhindar kerontokan. 

Terlepas dari penggunaan dan popularitasnya yang meluas, perawatan rambut tidak cukup sekedar menggunakan vitamin rambut. Diperlukan adanya dukungan dari pola makan yang sehat dan seimbang dengan olahraga yang teratur.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading