Sukses

Beauty

Simak Manfaat dan Cara Menggunakan Vitamin Rambut agar Terlihat Sehat dan Berkilau

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut sehat dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita, terlebih rambut dianggap sebagai mahkota wanita sehingga harus dirawat semaksimal mungkin. Berbagai perawatan dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan rambut yang indah dan berkilau, salah satunya dengan menggunakan vitamin rambut.

Dilansir dari healthline.com vitamin rambut adalah suplemen yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Saat ini banyak produk perawatan rambut di pasaran yang mengandung bahan seperti biotin, vitamin C dan E, kolagen, asam folat, dan asam lemak omega-3. Serta tambahan lain seperti ginseng, yang dipercaya dapat memperkuat rambut.

Salah satu vitamin yang sering ada dalam vitamin rambut adalah vitamin E. Kehadiran vitamin ini dapat membuat rambut menjadi lebih kuat karena kaya akan antioksidan. Tak hanya itu, vitamin ini dapat memperbaiki berbagai masalah rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih sehat.

Adapun manfaat dari vitamin rambut, antara lain.

1. Jadikan rambut sehat dan tebal

Vitamin rambut biasanya mengandung bahan kimia alfa-tokoferol yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Terlebih vitamin E karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. 

Peningkatan sirkulasi darah mendorong produksi sebum dan memastikan keseimbangan pH pada rambut. Selain itu, vitamin E untuk mampu memelihara folikel rambut dan mengurangi penipisan rambut, sehingga membuat rambut sehat dan tebal.

2. Membantu mencegah rambut bercabang

Folikel rambut yang rusak sering menyebabkan ujung rambut bercabang. Vitamin E untuk rambut mengandung antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan pada folikel rambut sehingga Sahabat Fimela dapat terbebas dari rambut bercabang.

3. Membantu kurangi rambut rontok

Vitamin rambut dinilai mampu mengurangi masalah rambut rontok karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan lebih pada folikel rambut. Radikal bebas seringkali merusak sel-sel folikel sehingga dibutuhkan vitamin untuk menutrisi rambut.

4. Bantu atasi ketombe

Gunakan vitamin rambut terutama vitamin E dapat membantu merawat kulit kepala yang gatal, kering, dan iritasi. Hal ini terjadi karena vitamin E mengandung antioksidan yang dapat mencegah kekeringan kulit kepala dan memudahkan fungsi kelenjar sebaceous, yang sering bekerja lebih keras untuk menghasilkan minyak, mengakibatkan penyumbatan.

5. Meningkatkan kilauan rambut

Produk styling rambut seperti hair dryer dan catokan dapat membuat rambut menjadi kusam dan kering. Oleh karena itu rambut membutuhkan vitamin untuk menutrisi dan melembapkan  agar tetap sehat, berkilau, dan lembut.

Cara menggunakan vitamin rambut

1. Keramas

Sebelum mengaplikasikan vitamin rambut pastikan Sahabat Fimela keramas terlebih dahulu untuk mendapatkan rambut yang bersih. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner karena dapat melembutkan rambut juga. 

Dalam mengaplikasikan kondisioner Sahabat Fimela dapat mulai dari tengah kemudian ke bawah. Usahakan untuk tidak mengoleskan kondisioner dari akar karena dapat merubahnya menjadi kotoran penyebab masalah rambut, yaitu ketombe.

2. Keringkan rambut

Setelah keramas jangan lupa juga untuk mengeringkan rambut menggunakan hair dryer atau biarkan kering secara alami. Setelah rambut setengah kering barulah sahabat Fimela dapat menggunakan vitamin rambut. 

3. Aplikasikan vitamin rambut

Saat ini vitamin rambut terdiri dari berbagai macam jenis ada yang spray sehingga tinggal di semprotkan pada rambut. Ada yang kapsul berisi cairan seperti minyak, hingga ada yang berbentuk tablet obat yang dapat dikonsumsi. Namun, membutuhkan proses yang lama karena jenis tablet menutrisi dari dalam tubuh.

Berikut cara menggunakan vitamin rambut jenis kapsul yang bisa dicoba Sahabat Fimela, seperti:

  • Ambil vitamin rambut berbentuk kapsul
  • Buka ujung kapsul menggunakan gunting
  • Tuangkan vitamin pada telapak tangan
  • Oleskan pada rambut dengan lembut
  • Lakukan pijatan secara pelan dengan gerakan memutar
  • Gunakan sisa vitamin pada helai dan ujung rambut

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading