Sukses

Beauty

Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Rambut Agar Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun mengandung asam palmitat, squalene, dan asam oleat emolien. Emolien memiliki sifat pelumas yang membantu melembabkan dan melembutkan rambut. Faktanya, banyak shampo, kondisioner, dan pomade mengandung emolien versi lab.

Selain itu, lemak, vitamin, dan antioksidan dalam minyak zaitun juga dapat membantu rambut kamu lebih sehat. Minyak zaitun telah digunakan dalam perawatan rambut sejak lama, karena memberikan kilau, pertumbuhan rambut, kelembutan, dan elastisitas pada rambut.

Dilansir dari medicalnewstoday.com dan benefitsuses.com, minyak zaitun bisa menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembapan. Kilauan dikatakan berasal dari minyak zaitun mungkin karena minyak menghaluskan kutikula luar rambut.

Cara memakai minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun tidak lebih dari sekali seminggu sebelum mandi. Minyak zaitun memiliki tindakan pembersihan alami, dan bagus untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan lembut.

  1. Ambil 1-2 sendok makan minyak zaitun
  2. Oleskan minyak pada area rambut atau kulit kepala yang kering dengan gerakan melingkar.
  3. Pijat perlahan hingga ujung rambut
  4. Tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan minyak menempel pada rambut selama sekitar 15 menit hingga 1 jam. Semakin lama membiarkannya, semakin dalam perawatannya.
  5. Bilas minyak dari rambut dengan air hangat yang mengalir
  6. Keramasi rambut, ulangi langkah ini jika minyak zaitun membuat rambut berminyak.

Saat membilas minyak zaitun, pastikan benar-benar bersih. Apabila tidak dibersihkan dengan benar dapat menyebabkan penumpukan pada kulit kepala dan rambut, membuat kulit kepala lebih teriritasi hingga ketombe.

Minyak zaitun juga direkomendasikan untuk mereka yang memiliki rambut sangat kering, karena minyak zaitun membantu memberikan dorongan kelembapan yang serius untuk membuat kulit kepala yang sehat.

Sementara mereka yang memiliki rambut lebih berminyak dapat merasakan manfaat potensial dengan penggunaan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut dan memperkuat helai rambut, minyak zaitun dapat membuat rambut tampak berminyak dan membebaninya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

1. Membantu pertumbuhan rambut

Minyak zaitun untuk rambut mempertahankan kelembapan rambut dan membuatnya lembut dan berkilau, karena minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A dan E. Minyak menghilangkan sebum yang menghambat pertumbuhan rambut.

2. Menghilangkan ketombe

Sifat anti-inflamasi minyak zaitun membuat solusi ketombe yang sangat baik, terutama bila disertai dengan zat pembawa atau minyak. Ini dapat mencegah serpihan tersebut dan menenangkan kulit kepala Anda yang teriritasi.

3. Kurangi rambut bercabang

Minyak zaitun dapat dengan cepat menghaluskan ujung rambut yang mungkin terbelah karena kerusakan atau rambut lemah. Minyak zaitun yang ditambahkan secara teratur ke rambut dapat meningkatkan penampilan dan kehalusan rambut secara keseluruhan.

4. Berikan kekuatan rambut

Jika kamu secara teratur menemukan bahwa rambut rontok saat di sisir, atau jika bangun di pagi hari untuk rambut rontok di bantal. Gunakan minyak zaitun pada rambut, karena kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan banyak nutrisi lainnya, yang bertanggung jawab untuk memperkuat rambut dan bahkan membuatnya lebih tebal.

 

5. Berikan kilauan pada rambut

Memiliki rambut berminyak bukanlah hal yang baik, tetapi menggunakan minyak zaitun pada rambut dapat meningkatkan kandungan vitamin E yang diterima rambut, yang dapat meningkatkan penampilan dan kilau, sekaligus menambah volume dan membuatnya lebih halus dari sebelumnya.

6. Rawat kulit kepala berminyak

Minyak zaitun membantu merawat kulit kepala berminyak dengan bantuan telur dan madu. Telur kaya akan protein, seng, zat besi, dan yodium, dan madu bertindak sebagai pelembab. Semua kombinasi ini merawat kulit kepala yang berminyak.

7. Tingkatkan sirkulasi darah

Minyak zaitun yang dioleskan dan dipijat secara teratur akan memberikan suplai oksigen ke kulit kepala yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut tebal dan juga mengatur tingkat pH.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading