Sukses

Beauty

How to: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Rambut Agar Tetap Kuat dan Berkilau

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat tentu dambaan semua wanita. Rambut sering kali dianggap sebagai mahkota wanita sehingga penting untuk menjaga kesehatan rambut agar terlihat kuat, sehat, berkilau, hingga mudah diatur. Namun, tak jarang banyak wanita yang memiliki kondisi rambut sebaliknya terutama rambut rontok yang masih jadi masalah utama wanita. 

Dalam merawat rambut wanita biasanya menggunakan sampo dan kondisioner. Namun, kedua hal tersebut tentu belum cukup dianggap sebagai rangkaian hair care wanita, sehingga perlu tambahan lain untuk merawat rambut. Salah satunya menggunakan minyak zaitun yang dapat melembutkan dan memperkuat rambut karena di dalamnya terdapat kandungan baik untuk rambut.

Dilansir dari healthline.com terdapat studi ilmiah yang mengungkapkan bahwa minyak zaitun dapat melembabkan serta menutrisi rambut karena memiliki segudang kandungan seperti asam oleat, asam palmitat dan squalene.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

  1. Melembabkan rambutMinyak zaitun dapat memberikan kelembaban pada rambut dan kulit kepala karena memiliki kandungan seperti:

- Asam oleat

Sebagai emolien yang bersifat melembutkan dan melembabkan rambut. Kandungan asam oleat minyak zaitun yang tinggi dianggap membantu melembabkan rambut dengan menembus batang rambut untuk mengembalikan kelembaban, kata Fabio Scalia, ahli kosmetik bersertifikat, dan pemilik salon Fabio Scalia.

- Squalane adalah jenis emolien lain yang populer dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit.

2. Mencegah rambut bercabang

Minyak zaitun bersifat melembabkan serta dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya untuk mencegah kerusakan atau ujung bercabang pada rambut.

Namun, minyak zaitun tidak dapat memperbaiki rambut bercabang, minyak zaitun hanya dapat membantu untuk melembutkan rambut, menjaganya tetap sehat, dan mencegah terjadinya kerusakan rambut. Cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut secara teratur untuk menghilangkan kerusakan.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu menghaluskan rambut dan mengurangi rambut kusut sehingga membuat rambut tampak tumbuh, kata Scalia. 

Efek antioksidan vitamin E juga dapat memberikan kesehatan bagi kulit kepala sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Cara memakai minyak zaitun pada rambut

Dalam penggunaan minyak zaitun pada rambut, sahabat Fimela perlu untuk mengetahui jenis rambut terlebih dahulu. Dilansir dari insider.com minyak zaitun sangat cocok untuk orang yang memiliki jenis rambut keriting, tebal, kering, dan kasar. 

Selain itu, jika sahabat Fimela memiliki masalah rambut seperti ketombe, disarankan untuk tidak menggunakan minyak zaitun karena minyak ini dapat mendorong pertumbuhan ketombe pada kulit kepala.

"Pada individu yang rentan terhadap ketombe, minyak zaitun sebenarnya dapat memperburuk kondisi seperti melemparkan minyak tanah ke api," kata Zito dilansir dari insider.com.

Bagi sahabat Fimela yang ingin menggunakan minyak zaitun sebagai rangkaian hair care dapat mencoba metode berikut:

1. Tuangkan minyak zaitun pada tangan, jangan terlalu banyak.

2. Oleskan minyak pada area rambut batang rambut atau kulit kepala yang kering, sahabat Fimela dapat memilih mau memulai dari batang atau kulit kepala.

3. Jika semua area rambut sudah diolesi minyak, sahabat Fimela dapat menutupi rambut dengan shower cap dan biarkan minyak menempel pada rambut selama 15 menit.

4. Setelah didiamkan rambut dengan menggunakan air hangat.

5. Keramas rambut, ulangi langkah ini jika minyak zaitun membuat rambut berminyak.

Itulah cara memakai minyak zaitun pada rambut yang bisa dicoba oleh sahabat Fimela untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau.

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading