Sukses

Health

5 Masalah Rambut yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Rambut merupakan bagian tubuh terpenting untuk semua orang. Rambut bahkan dibilang sebagai mahkota alami seseorang. Rambut yang sehat dan terawat akan membuat seseorang tampak mengesankan, memesona dan menawan. Sementara rambut yang tidak terawat, rusak bahkan bermasalah akan membuat seseorang tampak kurang menarik.

Bicara mengenai rambut, perlu kita tahu bahwa ada beberapa masalah rambut yang begitu sering terjadi. Sayangnya, masalah rambut ini sering kali tidak disadari atau memang diabaikan oleh kita. Mengutip dari laman liputan6.com, berikut beberapa masalah rambut yang sering terjadi dalam diri kita namun jarang kita sadari.

Rambut Kering

Masalah rambut pertama yang sangat sering terjadi adalah rambut kering. Ada banyak hal yang menjaid penyebab rambut kering termasuk paparan sinar matahari, kurangnya asupan nutrisi penting untuk rambut, penggunakan sampo, polusi, ketidakseimbangan hormon dan kebersihan rambut yang kurang terjaga dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan kamu menemukan penyebabnya agar bisa mendapatkan solusi terbaiknya. Pakai masker rambut atau minyak rambut agar rambut lebih ternutrisi dengan baik. 

Rambut Berketombe

Masalah selanjutnya adalah rambut berketombe. Biasanya ini disebabkan oleh kebersihan rambut yang kurang terjaga, polusi, paparan sinar matahari dan masih banyak lagi. Rambut berketombe adalah masalah rambut di mana sel kulit mati pada kulit kepala tidak terangkat dengan baik. Untuk mengatasi, gunakan sampo yang mengandung zinc dan bermanfaat anti mikroba untuk mencegah ketombe.

Rambut Bercabang

Masalah selanjutnya adalah rambut bercabang. Masalah ini terjadi karena minyak di kulit kepala tidak sampai di ujung rambut. Rambut bercabang akan terlihat kasar, merah dan kaku. Solusi termudah mengatasi masalah ini adalah dengan memotong rambut yang bercabang secara rutin. Nutrisi pula rambut dengan vitamin rambut yang tersedia di pasaran atau gunakan bahan alami.

Rambut Rontok

Hampir semua orang mengalami masalah satu ini. Sayangnya, banyak pula yang mengabaikan dan menganggap remeh masalah ini. Rambut rontok dikatakan normal jika rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai setiap harinya. Beberapa hal seperti stres, ketidakseimbangan hormon, kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik dikatakan sebagai penyebab rambut rontok. Untuk mengatasinya sebaiknya konsumsi makanan kaya protein, gunakan sampo yang mencegah rambut rontok dan hindari mengikat rambut dengan kencang.

Rambut Berminyak

Rambut berminyak bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, perbaiki lagi pola hidupmu. Lakukan juga perawatan rambut yang fokus pada keseimbangan pH kulit kepala. 

Itulah beberapa masalah rambut yang sering terjadi namun begitu jarang disadari atau memang diabaikan. Untuk dapatkan rambut yang lebih sehat dan terawat, pastikan untuk menjaga kebersihannya dengan baik. Pastikan juga untuk memiliki pola hidup lebih sehat dan hindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading