Sukses

Beauty

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe tidak bisa dianggap sebagai masalah yang sepele. Namun, ketombe dapat mengganggu siapa saja yang mengalaminya dan merusak kepercayaan diri. Sebab, penampilan rambut, baik bagi wanita maupun pria, adalah salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan penampilan.

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang kronis, umumnya ditandai dengan pengelupasan kulit pada kulit kepala.

Penyebab Ketombe

Ketombe menjadi permasalahan rambut yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah adanya serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih yang gatal. Kemudian  bertebaran di rambut hingga sampai berjatuhan ke bahu.

Untuk beberapa orang, ketombe menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Namun bukan berarti masalah itu tidak dapat diatasi. Ketombe bisa saja muncul akibat beberapa penyebab berikut ini.

 

Kulit Iritasi dan Berminyak 

Kondisi dermatitis seboroik merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling sering terjadi. Hal ini ditandai dengan kulit merah dan berminyak ditutupi oleh sisik putih atau kuning.

Tidak rajin keramas

Jika Anda tidak rutin membersihkan rambut Anda, minyak dan sel-sel kulit pada kulit kepala Anda akan terangkat, lalu menyebabkan ketombe.

Ragi Seperti Jamur 

Malassezia tinggal pada kulit kepala kebanyakan orang dewasa. Namun, beberapa menyebabkan kulit kepala iritasi dan menimbulkan banyak sel-sel kulit yang tumbuh. Kelebihan sel yang tersisa akan mati dan menjadi ketombe.

Kulit Kepala Kering

Serpihan kulit kering umumnya lebih kecil dan kurang berminyak dibandingkan dengan penyebab ketombe lainnya.

Sensitif Terhadap Produk Tertentu

Terkadang, sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal, dan bersisik.

Cara Mengatasi ketombe

Ada beberapa cara untuk mengatasi persoalan ketombe. Anda bisa memilih sesuai preferensi. 

1. Menggunakan shampoo Anti Ketombe

Membersihkan rambut dengan shampoo yang lembut untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit kering dapat mengurangi masalah ketombe ringan.

Namun, ketika shampoo biasa gagal mengatasinya, mungkin Anda akan butuh shampoo khusus anti ketombe.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua shampoo ketombe itu sama. Sehingga Anda harus benar-benar mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda. Berikut klasifikasi shampoo khusus ketombe menurut kandungannya,

Pyrithione Zinc (mengandung senyawa antibakteri dan antijamur), berbasis tar, mengandung asam salisilat, terdapat selenium sulfida, dan ketoconazole. Kemudian, shampoo anti ketombe dengan kandungan menthol dan lemon juga bisa menjadi pilihan. Sebab, kandungan menthol bermanfaat menyegarkan kulit kepala serta mengurangi rasa gatal akibat ketombe kering maupun ketombe basah. Formula lemon juga dapat membantu membersihkan sisa ketombe agar rambut terasa lebih ringan, bersih, dan harum.

Cobalah menggunakan shampoo ini setiap hari hingga ketombe Anda hilang. Lalu, kurangi waktu pemakaian menjadi 2-3 kali seminggu, atau sesuai kebutuhan.

 

Cara mengatasi ketombe

2. Menggunakan Bahan Alami

Anda juga bisa mengontrol ketombe dengan melakukan perawatan rambut yang sehat. Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumah sederhana dan alami.

Namun, penanganan dengan bahan alami membutuhkan lebih banyak waktu, . Meski demikian, perawatan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit 

sensitif. Sebab, bahan alami tidak memiliki efek samping dan efektif mengatasi masalah secara tuntas.

Anda juga bisa menggunakan 2 butir aspirin yang dihaluskan dan dicampur dengan sampo biasa, lalu diamkan selama 1-2 menit, kemudian bilas. Asam salisilat yang terkandung pada aspirin dapat menjadi penanganan yang efektif untuk masalah ketombe.

Jika Anda ingin mendapatkan solusi praktis, shampoo anti ketombe ZPT dari All Is Well hadir untuk mengatasi persoalan ketombe serta mampu menutrisi dan menyehatkan rambut. Produk ini akan dirilis pada 25 Juni 2022.

ZPT shampoo mengandung Zinc Pyrithione, ekstrak buah naga, ekstrak mugwort serta ekstrak portulaca. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membersihkan rambut dari ketombe serta mampu menutrisi dan menyehatkan rambut.

"Di Indonesia, salah satu masalah perawatan diri yang paling banyak dialami adalah rambut berketombe, gatal dan kering karena faktor iklim dan polusi. Maka dari itu, All Is Well membuat ZPT shampoo untuk menjadi solusi masalah rambut masyarakat Indonesia,” kata dr. Tan Yuanita Agustina, Dokter Kecantikan sekaligus owner dari All Is Well Indonesia

Umumnya, shampoo anti ketombe mengandung bahan yang efektif membersihkan rambut. Namun hampir selalu membuat rambut lebih kering. 

“ZPT shampoo dari All Is Well bisa menjadi solusi rambut berketombe dan gatal sekaligus melembabkan rambut sehingga lebih terawat dan mudah diatur,” kata dr. Tan Yuanita Agustina.

All Is Well merupakan brand lokal dari Indonesia yang berfokus pada perawatan rambut dan kulit. Dengan menyediakan produk untuk memberikan pengalaman perawatan diri secara maksimal. 

“All Is Well mendedikasikan waktu untuk mencari bahan pilihan dalam setiap proses produksi, dimulai dari kombinasi formulasi ingredients hingga pemilihan 

kemasan yang praktis. Selain itu, All Is Well juga berkomitmen untuk tidak melakukan uji coba pada hewan dan memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman untuk digunakan oleh semua orang,” kata dr. Tan Yuanita Agustina.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading