Sukses

Beauty

5 Penyebab Ketombe di Kepala dan Rekomendasi Sampo untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti tidak ingin memiliki rambut yang berketombe. Rambut ketombe sangat mengganggu penampilan, dan membuat kulit kepala menjadi sangat gatal. Ketombe di kepala dapat ditandai dengan adanya serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan, yang biasanya menempel di rambut dan jatuh di area bahu.

Ketombe di kepala juga bisa membuat rambut jadi bau apek. Bahkan rambut berketombe menyebabkan rambut terlihat lebih kusam, kusut dan menyebabkan kerontokan. Sehingga ketombe di kepala harus segera diatasi.

Ada beberapa faktor penyebab ketombe di kepala. Salah satunya adalah karena salah memilih sampo. Untuk mengatasi ketombe di kepala, yuk kenali penyebabnya dan simak rekomendasi sampo untuk ketombe berikut ini:

Penyebab Ketombe di Kepala

1. Infeksi Jamur di Kepala

Penyebab ketombe di kepala yang pertama, yaitu karena adanya infeksi jamur di kepala. Jamur yang biasanya menginfeksi kulit kepala disebut dengan jamur Malassezia globosa. Jamur ini muncul karena adanya penumpukan minyak di kulit kepala. Jamur akan menyerap minyak tersebut, dan menyebabkan kulit kepala gatal, kering, serta muncul ketombe.

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab ketombe di kepala. Penyakit kulit ini diakibatkan karena kulit kepala terlalu sensitif dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut. Untuk itu, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Hindari menggunakan sampo yang mengandung alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya.

3. Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe yang selanjutnya adalah karena penyakit dermatitis seboroik. Penyakit yang menyerang kulit kepala ini ditandai dengan adanya peradangan di kulit kepala, sehingga kulit kepala akan meradang, muncul kemerahan, jadi kering dan muncul ketombe.

4. Kulit Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan sangat membahayakan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Saat kulit kepala kering, maka sel kulit mati akan menempel di kulit kepala dan menjadi ketombe. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhmu, dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari.

5. Diet Ketat

Penyebab ketombe di kepala yang terakhir adalah diet ketat. Saat menjalankan program diet ketat, tubuh akan kekurangan nutrisi yang berupa seng, vitamin B dan lemak baik yang bisa membantu menyehatkan kulit kepala. Hindari diet terlalu ketat dan konsumsilah makanan bergizi, untuk mencegah ketombe di kepala.

Rekomendasi Sampo untuk Ketombe di Kepala

1. Head & Shoulders Menthol Dingin

Rekomendasi sampo yang pertama adalah Head & Shoulders Menthol Dingin. Sampo ini memiliki kandungan asam amino dan mentol. Kandungan di dalam sampo ini, bisa membuat kulit kepala dingin dan aman digunakan untuk kulit berminyak. Bahkan kandungannya bisa menghilangkan ketombe di kepala dengan cepat.

2. Erhair Scalp Care Shampoo

Erhair Scalp Care Shampoo adalah sampo yang memiliki kandungan climbazole dan piroctone olamine, yang bisa membantu membunuh jamur penyebab ketombe. Sedangkan kandungan aloe vera dan pro vitamin B5 bisa membantu melembapkan rambut. Gunakan sampo ini untuk menghilangkan ketombe di kepala.

3. TRESemme Scalp Care Shampoo

Ketombe di kepala disebabkan oleh jamur yang membuat kulit kering. Untuk membunuh jamur penyebab ketombe, Sahabat Fimela bisa menggunakan TRESemme Scalp Care Shampoo, yang diperkaya dengan vitamin E dan antioksidan. Sehingga membuat rambut tetap sehat, berkilau dan lembut. Sampo ini termasuk dalam sampo medicated yang bisa membasmi jamur.

4. Selsun Blue

Sampo Selsun Blue juga bisa membantu mengatasi ketombe. Sampo ini memiliki efek menthol yang sejuk, dengan kandungan 1% selenium sulfida yang bisa menghilangkan ketombe, dan lidah buaya yang bisa menebalkan rambut.

 

Rekomendasi Sampo untuk Ketombe di Kepala

5. Pantene Shampo Anti Dandruff

Pro-vitamin dan asam amino yang terdapat di dalam produk Pantene Shampo Anti Dandruff, sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya ketombe di kulit kepala. Sampo ini sangat banyak dijual di pasaran dengan harga yang ekonomis. Selain menghilangkan ketombe, sampo ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

6. Dove Dandruff Care Shampoo

Dove Dandruff Care Shampoo adalah sampo yang memiliki kandungan zinc pyrithione dan micro moisture serum, yang membuat rambut bebas ketombe dan tetap lembut. Sampo ini juga bisa membantu mengembalikan kilau rambutmu yang kusat karena ketombe. Kandungan di dalam sampo ini juga bisa membuat rambut jadi lebih mudah untuk diatur.

7. Wardah Anti Dandruff Shampoo

Rekomendasi sampo untuk ketombe di kepala yang terakhir, yaitu Wardah Anti Dandruff Shampoo. Sampo ini diperkaya dengan kandungan tea tree oil dan zinc actives yang efektif mengusir ketombe. Jika kamu menggunakan hijab, sampo ini bisa membuat rambut terasa lebih segar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading