Sukses

Food

3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun adalah minyak yang begitu populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan minyak ini mudah didapatkan dan dipercaya memiliki banyak manfaat.

Minyak zaitun atau olive oil sendiri adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Ternyata manfaat minyak zaitun tidak hanya anggapan saja, tapi sudah ada penelitian yang membuktikan manfaat tersebut. Ada banyak manfaat minyak zaitun, seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Simak beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kecantikan berikut:

 

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan?

1. Melembapkan kulit

Ternyata salah satu manfaat minyak zaitun adalah meningkatkan kelembapan kulit wajah. Minyak zaitun mengandung vitamin yang berfungsi merangsang produksi minyak alami kulit atau sebum.

Meski demikian, ada pula penelitian yang menemukan kalau bahan ini justru merusak skin barrier atau lapisan pelindung kulit. Hal ini justru bisa meningkatkan risiko dermatitis.

Kalau kamu ingin melembapkan kulit menggunakan minyak ini, sebaiknya gunakan produk pelembap wajah dengan kandungan minyak zaitun, bukan minyak zaitun biasa yang belum dilarutkan. Kamu juga perlu menghindari mengoleskannya pada kulit kering dan mengelupas.

2. Memperlambat tanda penuaan kulit

Salah satu tanda penuaan kulit adalah adanya kerutan di sekitar wajah, utamanya di sekitar mata dan bibir. Tanda penuaan itu memang tidak bisa dihilangkan, namun bisa diperlambat kedatangannya.

Nah ternyata, salah satu manfaat minyak zaitun adalah memperlambat tanda penuaan pada kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun kaya akan beberapa senyawa beberapa antioksidan, seperti tokoferol, beta-karoten, lutein, dan squalene. Sebagai antioksidan, ketiganya membantu melindungi kulit dari paparan bebas penyebab penuaan, seperti sinar matahari dan polusi.

3. Mengurangi risiko kanker kulit

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah mengurangi risiko kanker kulit. Bahan yang berfungsi untuk mengurangi risikon kanker kulit di dalam minyak zaitun adalah antioksidan.

Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan bernama oleacin. Senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan, penggandaan, dan penyebaran sel kanker kulit. Meski begitu, kamu perlu ingat bahwa potensi manfaat ini baru diuji pada sel kanker di laboratorium, bukan dengan cara mengoleskannya ke kulit pasien kanker.

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan?

1. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

2. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lain, seperti minyak kanola dan minyak kelapa murni, juga memiliki manfaat serupa.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan. Meskipun minyak zaitun memiliki banyak manfaat, namun pastikan kamu mengonsumsi atau menggunakannya tidak berlebihan. Jika digunakan secara berlebihan, yang kamu dapatkan bukan manfaatnya tapi justru hal-hal buruk yang tidak ingin kamu dapatkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading