Sukses

Beauty

5 Bahan Skincare yang Ampuh Mengatasi Blackhead

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah masalah kulit yang mengganggu penampilan. Terutama blackhead yang lebih sulit diatasi dari whitehead. Benjolan kecil berwarna gelap dipermukaan kulit ini merupakan kulit mati yang mengendap dipori-pori. Minyak pada wajah akan menyebabkan komedo menjadi lebih hitam dan menjadi blackhead. Warnanya yang gelap membuat kulit wajah terlihat tidak bersih dan mencuri perhatian.

Blackhead tidak mudah ditangani. Perlu perawatan khusus untuk menghempaskannya dan membuat kulit bersih maksimal. Meski demikian, perawatan ini bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan kandungan pada skincare. Melansir dari Allure, berikut bahan skincare yang ampuh menghilangkan blackhead.

1. Salisylic Acid untuk Membersihkan Komedo

Bahan asam salisilat sangat baik untuk pemilik kulit kering. Memilih pembersih wajah yang mengandung bahan asam salisilat baik untuk membersihkan komedo. Gunakanlah saat malam hari setelah beraktivitas. Paparan polusi dan debu setelah beraktivitas seharian bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Gunakan pembersih wajah yang dapat menyeimbangkan kelembapan kulit saat pagi hari.

2. Pengelupasan Kimia dengan AHA atau BHA

Bahan AHA atau BHA adalah kandungan skincare yang direkomendasikan dokter kulit. BHA akan menghilangkan minyak berlebih dan mengelupas kulit mati penyebab blackhead. Kedua kandungan ini juga bermanfaat untuk anti penuaan dengan mengatasi bintik hitam dan garis halus. Pelupasan kimia akan menghilangkan blackhead dengan cepat.

3. Retinol untuk Komedo Membandel

Retinoid dapat mengobati komedo dan pori-pori tersumbat. Retinoid bekerja dengan meregenerasi kulit dan mempercepat pergantian sel kulit baru. Proses ini berdampak baik pada membersihkan komedo, baik blackhead atau whitehead.

4. Perawatan dengan Clay Mask

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menggunakan clay mask. Clay mask bekerja dengan mengeluarkan minyak dan racun yang mengendap di dalam kulit. Clay mask adalah rangkaian perawatan kulit yang wajib digunakan pemilik kulit berminyak. Bahan yang direkomendasikan adalah sulfur yang dapat mengangkat sel kulit mati.

5. Pelembap untuk Mencegah Komedo

Komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah. Rutinitas perawatan kulit terbaik adalah dengan menggunakan pelembap. Baik jenis kulit berminyak, kering, kombinasi, hingga sensitif menggunakan pelembap adalah hal penting. Pelembap akan menjaga keseimbangan pH kulit sehingga perawatan kulit khusus komedo yang berpotensi mengelupas kulit tidak akan menyebabkan masalah kulit lain.

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dapat dilakukan dengan memperhatikan kandungan pada produk skincare. Imbangi dengan gaya hidup sehat seperti makanan bergizi dan istirahat cukup.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading