Sukses

Food

9 Makanan Penyebab Komedo yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah salah satu masalah kulit yang bisa dialami semua usia, baik perempuan maupun laki-laki. Biasanya komedo lebih banyak muncul pada usia remaja atau pubertas. Karena di usia ini kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak daripada usia dewasa.

Komedo biasanya muncul di sekitar dahi, hidung dan dagu. Namun pada sebagian orang, komedo juga bisa muncul di punggung dan lengan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh memproduksi minyak atau keringat berlebih, sehingga pori-pori tersumbat dan menyebabkan komedo di area tersebut.

Selain itu, komedo juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang berlemak. Jika hal ini tidak segera dihindari, maka komedo bisa berubah menjadi jerawat meradang di wajah. Untuk itu, yuk hindari makanan penyebab komedo berikut ini:

Makanan Penyebab Komedo

1. Makanan Manis

Makanan penyebab komedo yang pertama adalah makanan yang terlalu manis, karena makanan manis mengandung gula tambahan, yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Saat kadar insulin naik, produksi minyak juga akan bertambah. Sehingga minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

2. Produk Olahan Susu Sapi

Sebaiknya kurangi mengonsumsi produk olahan susu sapi, karena bisa meningkatkan lemak di dalam tubuh dan menyebabkan komedo. Produk olahan susu sapi seperti keju, yogurt, es krim dan mentega memang tinggi kalsium, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi lebih baik konsumsi susu nabati, yang terbuat dari kedelai, almon, gandum atau kurma.

3. Makanan Olahan

Makanan olahan juga bisa menyebabkan komedo di wajah. Karena makanan olahan diproses melalui beberapa cara, yang kemudian dikemas, dikeringkan, dibekukan atau diawetkan. Makanan olahan ini kurang baik untuk kesehatan, karena kandungan gizi didalamnya sangat sedikit. Makanan olahan ini bisa meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh, dan membuat produksi minyak di kulit menjadi semakin meningkat.

Makanan Penyebab Komedo

4. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab komedo yang selanjutnya adalah makanan cepat saji. Karena makanan cepat saji diproses menggunakan minyak jenuh yang banyak, sehingga meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Saat kadar lemak jahat meningkat, maka produksi hormon di dalam tubuh terganggu dan ada banyak komedo yang muncul di wajah.

5. Camilan

Camilan adalah makanan yang sering menemani orang yang bekerja atau bersantai. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi camilan, karena camilan bisa menyebabkan komedo dan jerawat meradang. Di dalam satu bungkus plastik camilan atau keripik memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak diwajah, dan meningkatkan insulin ditubuh.

6. Buah Kering

Buah kering atau buah yang dibekukan juga bisa menyebabkan komedo di wajah. Karena buah yang dikeringkan mengandung gula tambahan, yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Lebih baik mengonsumsi buah yang masih segar dan tidak mengandung gula.

Makanan Penyebab Komedo

7. Daging Merah

Daging merah adalah makanan yang tinggi protein, dan baik untuk meningkatkan sistem kesehatan tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi daging merah, bisa memicu munculnya komedo di wajah. Kandungan daging merah diperkaya dengan lemak jahat, yang kurang baik untuk kulit.

8. Bubuk Protein

Sebenarnya bubuk protein diperlukan untuk pembentukan otot. Tetapi sering mengonsumsi bubuk protein, bisa menyebabkan munculnya komedo di wajah. Karena bubuk protein bisa merangsang produksi insulin di dalam tubuh meningkat.

9. Telur

Telur adalah makanan yang tinggi protein dan baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi telur, bisa menimbulkan peradangan jerawat dan komedo. Karena telur memiliki banyak kandungan protein di dalamnya dan meningkatkan produksi minyak di wajah, sehingga kulit mudah berkomedo, berjerawat dan muncul bisulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading