Sukses

Beauty

Tips dan Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Merawat wajah setiap hari perlu dilakukan oleh setiap orang supaya terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Terlebih jika kamu memiliki keseharian yang penuh dengan aktivitas di luar ruangan, wajah perlu dimanjakan kembali dengan berbagai perawatan supaya dapat kembali memberikan kulit yang cerah dan ternutrisi. Namun, sayangnya tak sedikit orang yang terkadang justru sering lupa atau bahkan malas.

Perawatan wajah yang terus terabaikan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan permasalahan kulit seperti komedo, flek hitam, kulit kering atau berminyak, kerutan hingga jerawatan. Mungkin jerawatan menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu bagi orang-orang terutama perempuan karena dapat menurunkan tingkat kepercayaan dirinya.

Oleh karena itu, perawatan wajah penting untuk mengatasi atau bahkan mencegah sebelum munculnya permasalahan jerawat. Perawatan yang dapat dilakukan dapat beragam seperti menggunakan produk tertentu atau mengubah pola hidup yang lebih sehat karena jerawat terkadang juga dapat timbul dari pola hidup yang buruk seperti mengonsumsi makanan tertentu atau malas untuk membersihkan wajah.

 

 

Jenis Perawatan Wajah untuk Permasalahan Jerawat

Memiliki jerawat di wajah tentu akan sangat menganggu penampilan. Oleh karena itu, perlu segera diatasi dengan beberapa jenis perawatan wajah yang dapat dilakukan seperti:

Obat jerawat topikal

Dilansir dari my.clevelandclinic.org, penggunaan obat jerawat tropikal dapat menjadi salah satu cara untuk merawat kulit yang memiliki permasalahan jerawat. Caranya cukup mudah karena hanya perlu digosokkan langsung ke kulit seperti lotion atau pelembab. Obat-obat tersebut diantaranya:

  1. Benzoil peroksida yaitu gel tanpa bilas yang menargetkan bakteri pada permukaan yang sering memperburuk jerawat. 
  2. Asam salisilat dapat digunakan sebagai pembersih untuk jerawat karena dapat membantu menghilangkan lapisan atau kulit yang rusak. Selain itu, juga melarutkan sel kulit mati untuk mencegah penyumbatan folikel rambut.
  3. Asam azelaic merupakan asam alami yang ditemukan dalam berbagai biji-bijian seperti jelai dan gandum dapat membunuh mikroorganisme pada kulit dan mengurangi pembengkakan.
  4. Retinoid yang dapat memecah komedo dan mencegah pori-pori tersebut. 
  5. Antibiotik topikal seperti klindamisin dan eritromisin dapat mengontrol bakteri permukaan yang memperparah dan menyebabkan jerawat. 
  6. Dapsone merupakan gel topikal yang memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengobati jerawat yang meradang.

Terapi 

Tak hanya melalui beberapa obat-obatan tersebut, penyembuhan permasalahan jerawat dapat diatasi dengan beberapa cara lainnya diantaranya seperti yang dilansir dari mayoclinic.org:

  • Terapi cahaya.
  • Chemical peel. Perawatan ini menggunakan aplikasi berulang dari larutan kimia seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam retinoat. Biasanya perawatan tersebut diperuntukkan untuk jerawat ringan.
  • Drainase dan ekstraksi. Pada cara ini, dokter akan menggunakan alat khusus untuk menghilangkan komedo yang belum hilang dengan obat topikal.
  • Injeksi steroid. Terapi ini dilakukan dengan menyuntikkan obat steroid ke dalamnya sehingga menghasilkan perbaikan yang cepat dan penurunan rasa sakit serta dapat membuat kulit berubah warna pada area yang dirawat dan menipis.

Tips Perawatan Wajah untuk Permasalahan Jerawat

Muka yang berjerawat juga perlu mendapatkan perawatan khusus supaya cepat kembali pulih. Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa tips perawatan wajah untuk mengurangi jerawat:

  1. Mencuci wajah dengan benar.
  2. Mengenali jenis kulit sendiri.
  3. Menggunakan pelembab
  4. .Menggunakan perawatan jerawat yang dijual bebas sesuai ketentuan.
  5. Memastikan tubuh dan kulit tetap terhidrasi.
  6. Membatasi penggunaan makeup.
  7. Mencoba untuk tidak menyentuh wajah.
  8. Pastikan wajah tidak di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama.
  9. Mencoba untuk menggunakan minyak pohon teh.
  10. Menggunakan antibiotik.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading